situs islami,kajian islam,murah internet, pengertian doa menurut istilah,agama, Bacaan Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah Tanggal 8,9 Dzul hijjah Sebelum Hari Raya Idul Adha Bahasa Arab Lengkap Atinya - Situs Islami

Bacaan Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah Tanggal 8,9 Dzul hijjah Sebelum Hari Raya Idul Adha Bahasa Arab Lengkap Atinya

Bacaan Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah Tanggal 8,9 Dzul hijjah Sebelum Hari Raya Idul Adha Bahasa Arab Lengkap Atinya-Puasa idul adha adalah puasa sunnah yang di laksanakannya pada bulan dzulhidjjah, atau bisa juga di sebut puasa sebelum hari raya, (sbelum tanggal 10 dzulhidjjah). Adapun beberapa hari yang di sunatkan untuk kita berpuasa sunnah tersebut, waktu pengerjaanya biasa dari tanggal 1 sampai tanggal 9 dzulhidjjah, dan adapu waktu atau hari yang di utamakan di pake utnuk berpuasa adalah hari ke 8-9 dzulhidjjah.

Hukum melaksanakan puasa tersebut adalah sunat muakkad, puasa ini juga tidak sembarangan mengerjakannya, karena dalam satu tahun hanya satu kali bisa melaksanakan puasa tersebut. Nama dari puasa sebelum hri raya ini adalah puasa arafah dan tariyah. Nama dari arafah dan tarwiyah jika di satukan dengan tanggal Dzulhidjjah yang di sunnatkan kepada kita perpuasa dan yang mana bulan tersebut adalah bulannya orang islam yaitu, kita bahas sedikit satu persatu.


Niat puasa Dzulhidjjah-Yang di maksud dengan tanggal 8 dzulhidjjah adalah puasa tarwiyah, yang mana semua peserta haji atau jama'ah haji sedang bersiap-siap untuk wukup di padang arafah, dan yang di sebut dengan tanggal 9 Dzulhidjjah adalah puasa arafah, beda dengan tarwiyah kalau arafah, semua jamaah haji sedang berlangsung melaksanakan wukuf di padang arafah, kita doakan semoga semua jamaah haji di beri keselamatan dan menjadi haji yang mabrurah.

Pelaksaan puasa arafah dan tarwiyah ini, sama dengan puasa sunnah yang lain, misalnya puasa sya'ban, puasa senin kamis, puasa nabi daud, dan puasa yang lainnya lagi. Dan kami ingatkan kepada kalian jika kalian masih punya qodha puasa ramadhan, maka jangan dulu melaksanakan puasa sunnah yang lain, melainkan puasa qodha itu adalah puasa yang wajib di laksanakan, sebagai puasa badal atau puasa pengganti di bulan ramadhan.

Baiklah pasti kalian semua bukan hanya untuk melihat info tentang puasanya saja tetapi pasti kalian pengen tau mana lafadz niat puasa arafah dan tarwiyah itu, yang mana segala sesuatu itu harus di awali dengan niat, dan niat bukan di lisan tetapi tinggalnya niat itu adalah di dalam hati sanubari insan manusia, yang di namakan di lisan itu adalah lafadz niatnya saja, yang mana membanya hukumnya sunnah, kita lihat lafadz niat puasa arafah dan tarwiyah tersebut.


Niat Puasa Sunnah Tarwiyah Tanggal 8 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMAT TARWIYATA SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya :Saya niat puasa sunnah tarwiyah karena Allah Ta'ala

Niat Puasa Sunnah Arafah Tanggal 9 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHAUMA 'AROFATA SUNNATAN LILLAAHI TA'AALA

Artinya :Saya niat puasa sunnah arafah karena Allah Ta'ala

Itulah Niat Puasa Sunnah Idul Adha Puasa Tarwiyah dan Arafah, selain puasa sunnah ini ada juga yang di sebut dengan puasa puasa senin kamis niat puasa syawal dan ada juga yang wajib seperti niat puasa qadha ramadhan niat puasa ramadhan niat puasa idul fitri, bila kalian masih mencari doa atau niat lain bisa lihat di pencarian artikel kami. Niat Puasa Asyuro Muharram

iklan di atas artikel 1

iklan tengah artikel 1

iklan di tengah artikel 2

iklan bawah artikel