situs islami Media Informasi Seputar Islami Dan Informasi Seputar Tutorial Blogging, Bacaan Doa dan Tata Cara Sujud Sahwi Yang Benar Menurut Sunnah Lengkap Bahasa Arab dan Latin Terjemahnya - Situs Islami

Penting

Doa yang Sebaiknya Anda Panjatkan Setelah Sholat

Bacaan Doa dan Tata Cara Sujud Sahwi Yang Benar Menurut Sunnah Lengkap Bahasa Arab dan Latin Terjemahnya

Bacaan Doa dan Tata Cara Sujud Sahwi Yang Benar Menurut Sunnah Lengkap Bahasa Arab dan Latin Terjemahnya- Baiklah kawan mungkin sekarang kami akan menjelaskan tentang apa penyebab kita di haruskan sujud sahwi dan bagai mana tata caranya doa sujud sahwi tersebut.

Sujud sahwi dalam sholat mempunyai arti atau pengertian yang mana di sebut sujud yang kerjakan ketika kita lupa mengerjakam salah satu rukun ab'adush-sholat, contohnya yang sudah biasa seperti lupa membaca doa qunut subuh.


Tata cara atau praktek dari sujud sahwi tersebut sama dengan sujud sujud sunnah lainnya, adapun yang membedakannya adalah doa dari sujud sahwi dan pelaksaannya. Peraktek sujud sahwi 2 kali sujud seperti sujud biasa dan membaca doa nya, mungkin doanya ada di bawah ini, dan pelaksanaanya di tahiyat akhir sebelum membaca dua kalimah salam.


Hal-hal yang Menyebabkan Sujud Sahwi
Meninggalkan pekerjaan shalat yang termasuk kategori sunat ab'adl baik sebagian atau seluruh.
Melakukan pekerjaan yang bisa membatalkan shalat (batal jika dilakukan secara sengaja) namun dalam keadaan lupa. Contoh kasus, memanjangkan atau berlama-lama pada waktu i'tidal merupakan contoh hal yang membatalkan shalat jika dilakukan secara sengaja, namun ternyata kita melakukannya tanpa sengaja/lupa. Nah, hal tersebut tidak membuat batal shalat karena lupanya, namun tetap disunatkan melakukan sujud sahwi sebelum salam.
Memindahkan rukun qouli/ucapan pada bukan tempatnya, contohnya membaca surat al fatihah pada waktu duduk.
Menambah rukun/pekerjaan shalat, contoh : jika seseorang sedang membaca tahiyat akhir pada shalat maghrib, kemudian timbul keraguan dalam hati bahwa dia merasa belum atau sudah melakukan ruku pada rakaat ke 3. Tanpa pikir panjang dia memantapkan hati bahwa dia belum melakukan ruku, kemudian dari posisi sedang membaca tasyahud langsung beralih ke posisi berdiri menuju takbir ruku sampai akhirnya melakukan tasyahud pada rakaat terakhir. Ketika membaca tasyahud, ternyata timbul lagi ingatan beliau dan merasa yakin bahwa sebetulnya ruku yang tadi diragukan belum dilaksanakan ternyata tidak ditinggalkan. Nah, jika ada kasus seperti ini, maka sebelum salam, lakukan sujud sahwi terlebih dahulu.

Doa sujud sahwi

سُبْحَانَ مَنْ لاَ يَنَامُ وَلاَيَسْهُوْ

SUBHAANA MAL-LAA YANAAMU WALAA YASHUU

Demikian tentang info artikel Tata Cara Doa Sujud Sahwi yang lengka dengan hal hal yang menganjurkan melaksanakan sujud sahwi tersebut, dan jangan lupa baca juga Niat Sholat Dhuha.

iklan bawah judul

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah postingan