situs islami Media Informasi Seputar Islami Dan Informasi Seputar Tutorial Blogging, Bacaan Doa Niat Tayammum dan Tata Cara Bertayamum Bahasa Arab Lengkap Terjemahnya - Situs Islami

Kumpulan Doa Tobat,Lengkap Dengan Caranya

Kumpulan Doa Tobat,Lengkap Dengan Caranya Situsislami.Net - Assalamualaikum.Wr.Wb Jumpa Lagi Sobat Semua Dengan Saya Admin Situs Islami...

Bacaan Doa Niat Tayammum dan Tata Cara Bertayamum Bahasa Arab Lengkap Terjemahnya

Bacaan Doa Niat Tayammum dan Tata Cara Bertayamum Bahasa Arab Lengkap Terjemahnya- Bertayamum adalah salahsatu syarat syah ibadah kepada Allah SWT, dan biasanya pelaksanaan tayamum tersebut ketika kita sedang kesusahan air, atau berada di tempat yang langka air.

Mengapa demikian tayamum di sebut syarat syahnya sholat, beberapa syarat kita bisa melaksanakan tayamum, yaitu jika sedang kemarau panjang, sehingga tidak ada air buat berwudhu, atau kita sedang befrada di tempat tempat yang langka dengan adanya air dan lain-lain.


Baiklah dalam kesempatan kali ini tidak hanya membahas tentang tayamumnya, melainkan insyaallah kami akan mengpaparkan Niat Doa Tata Cara Bertayamum yang benar menurut sunnah dan quran. Dan berikut hadits yang menjelaskan tentang tayamum.

وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَى أَوْ عَلَى سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ

Artinya :
Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air atau berhubungan badan dengan perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan permukaan bumi yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. (QS. Al Maa-idah : 6).


Sabda Rasulullah SAW :

وَجُعِلَتْ تُرْبَتُهَا لَنَا طَهُورًا إِذَا لَمْ نَجِدِ الْمَاءَ

Artinya :
Dijadikan bagi kami (ummat Nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi was sallam ) permukaan bumi sebagai thohur/sesuatu yang digunakan untuk besuci (tayammum) jika kami tidak menjumpai air. (HR. Muslim no. 522)

Bertayamum hanya bisa di gunakan atau di pakai satu waktu saja, kalau dzhur hanya untuk dzhur saja, dan melaskanakan tayamum yaitu ketika masuk waktu sholat, tidak bisa bertayamum masih lama waktu sholat, alat yang bisa di pakai tayamu adalah tanah atau debu yang bersih, biasa orang mengambil tanahnya yang tidak terinjak oleh mahluk, dan sebaiknya biar di jamin kesuciannya, ambilah tanah dari dalam tanah bukan dari luarnya, lalul di haluskan atau di bubukan, se lembut lembutnya, dan keringkan.

Tata Cara Rasulullah SAW bertayammum adalah sebagai berikut :

I.Memukulkan kedua telapak tangan ke permukaan bumi dengan sekali pukulan kemudian meniupnya.
II.Kemudian menyapu punggung telapak tangan kanan dengan tangan kiri dan sebaliknya.
II.Kemudian menyapu wajah dengan dua telapak tangan.
IV.Semua usapan baik ketika mengusap telapak tangan dan wajah dilakukan sekali usapan saja.
V.Bagian tangan yang diusap adalah bagian telapak tangan sampai pergelangan tangan saja atau dengan kata lain tidak sampai siku seperti pada saat wudhu.
VI.Tayammum dapat menghilangkan hadats besar semisal janabah, demikian juga untuk hadats kecil.
VII.Tidak wajibnya urut/tertib dalam tayammum.

Doa Niat Tayammum

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لاِسْتِبَاحَةِ الصَّلاَةِ فَرْضً ِللهِ تَعَالَى


NAWAITUT TAYAMMUMA LISTIBAAHATIS SHALAATI FADHAL LILLAAHI TA'AALAA

Artinya :
Sengaja aku bertayammum untuk melakukan shalat fardhu karena Allah Ta'ala

Demikian paparan Artikel tentang Doa Niat Tata Cara Tayamum menurut sunnah yang benar yang lengkap dengan artinya, atau terjemahnya, dan alangkah baiknya jika kalian berangkat melalui pesawat kalau tidak ada air, bawahlah tanah untuk tayamum, sebungkus korek api, karena lebih dari cukup untuk bertayamum. Baca juga Niat Sholat Dhuha

iklan bawah judul

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah postingan