situs islami,kajian islam,murah internet, pengertian doa menurut istilah,agama, Panduan Cara Menegur atau Mengingatkan Imam Lupa dalam Sholat Bagi Makmum Laki Laki dan Perempuan - Situs Islami

Panduan Cara Menegur atau Mengingatkan Imam Lupa dalam Sholat Bagi Makmum Laki Laki dan Perempuan

Panduan Cara Menegur atau Mengingatkan Imam Lupa dalam Sholat Bagi Makmum Laki Laki dan Perempuan-Sebelumnya kami telah selesai tentang artikel sujud sahwi yang lupa sesuatu dalam melaksanakan ibadah sholat.

Mungkin dalam artikel ini kami akan memberikan sebuah pemaparan, bagai mana cara makmum mengingatkan atau menegur imam yang lupa atau pun salah dalam abadussolah, contoh seperti lupa bacaan qunut atau lain sebagainya, berikut kami jelaskan perbedaan makmum laki laki dan perempuan dalam mengingat atau menegur imam yang lupa.


Untuk ma’mum laki-laki, dia harus menegur imam sholatnya dengan membaca kalimah tasbih (Subhanallah). Dengan catatan, disyaratkan ketika mengucapkan “Subhanallah” itu dengan niat membaca dzikir atau membaca dzikir sekaligus menegur imam.

Berbeda dengan ma’mum perempuan, bila dia mau menegur, mengingatkan imam dalam sholat sebagai mana dalam hadits yitu dengan cara menepukan tangan Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim.

مَنْ نَابَهُ شَيْءٌ فِى صَلاَتِهِ فَلْيُسَبِّحْ وَإِنَّمَا التَّصْفِيْقُ لِلنِّسَاءِ

“Barang siapa yang terjadi sesuatu dalam shalatnya (kesalahan imam misalnya), ucapkanlah tasbih (Subhanallah, untuk menegurnya), adapun bertepuk tangan itu hanya dilakukan oleh perempuan (ketika ingin menegur imamnya).”

Disunnahkan ketika menegur imam bagi seorang Perempuan adalah sebagai berikut:

I.Menepuk perut telapak tangan yang kanan (bagian dalamnya) di atas punggung telapak tangan yang kiri (bagian luarnya), atau sebaliknya, yaitu perut telapak tangan yang kiri di atas punggung telapak tangan yang kanan.

II.Menepuk punggung telapak tangan yang kanan di atas perut telapak tangan yang kiri, atau sebaliknya.

III.Menepuk punggung telapak tangan yang kanan di atas punggung telapak tangan yang kiri atau sebaliknya.

Demikianlah kami paparkan artikel tentang bagai mana Cara Makmum Menegur Imam bagi laki laki dan perempuan yang lupa dalam melaksanakan sholat. Baca juga Doa Qunut.

iklan di atas artikel 1

iklan tengah artikel 1

iklan di tengah artikel 2

iklan bawah artikel