situs islami,kajian islam,murah internet, pengertian doa menurut istilah,agama, Sejarah Dan Cerita Menarik Perang Uhud - Situs Islami

Sejarah Dan Cerita Menarik Perang Uhud

Dalam perang Uhud ceritanya lebih menarik dari pada perang Badar, dimana dalam perang Badar menceritakan hasil rampasan, berapa jumlah tawanan perang dan berapa orang yang terbunuh dalam peperangan tersebut.Perang Uhud adalah perang kedua setelah Perang Badar yang di ikuti oleh sahabat Umar, dalam peperangan ini kekuatan dan tekad Umar bin Khothab sangat terlihat dan menonjol.
ilustrasi perang uhud
Setelah perang selesai Abu Sufyan selaku panglima kaum Quraiys menaiki dataran tinggi seraya berteriak, apakah Muhammad ada di tengah tengah kalian? “Rasulullah memberikan isyarat terhadap sahabat yang lain agar tidak menjawab pertanyaan itu.

Abu Sufyan mengulangi terikannya hingga tiga kali tetapi tetap gak ada jawaban yang dilontarkan untuk panglima kaum Quraiys itu, setelah pertanyaan yang dilontarkannya tidak  ada jawaban Abu Sufyan menanyakan kembali, apakah anak Quhafah (Abu Bakar) ada di antara kalian? Sama dengan yang pertama, pertanyaan yang di lontarkan hingga tiga kali, tapi Abu Bakar masih tidak menjawab.
Tapi untuk pertanyaan berikutnya, adakah Umar bin Khathab masih hidup? “ tanya Abu Sufyan” ketika mendenganr teriakan itu, Umar bin Khothab tidak bisa lagi menahan amarahnya, dengan suara yang tinggi dan keras Umar mejawab, wahai Abu Sufyan musuh Allah dan Rasulnya, semua nama yang engkau sebut itu masih hidup.

Tuhanku al latta, al uzza, dan Habbal lebih tinggi dan mulia kedudukannya, teriak Abu Sufyan. Tidak terima akan pendapat Abu Sufya, rasululloh menyuruh Umar untuk menjawab, wahai Abu Sufyan, apa yang dikatakan kamu tidak ada hal positifnya, melainkan banyak terdapat hal negatif yang bisa membuat dirimu terjerumus ke neraka, sesungguhnya allah maha besar dan lebih dari pada dewa dewa yang engkau sembah.

Dalam riwayat Bukhari, Umar lalu berteriak dengan lantang, sesungguhnya pasukan kami yang mati dalam perang ialah mati dengan keadaan syahid, ia akan masuk surga, berbeda dengan pasukanmu yang mati semua akan masuk neraka.

Mendengar perkataan Umar barusan, Abu Sufyan lantas bertanya, “apakah Muhammad masih hidup? Beliau masih hidup, dan mendengar seluruh celotehanmu, jawab  umar. Bukan hanya beliau tetapi Abu Bakar juga masih hidup.

Dengan perhatian Abu Sufyan terhadap ketiga tokoh tersebut menjadi bukti sangat penting dan besar pengaruhnya terhadap pasukan muslim. Mereka adalah penopang islam di zaman itu, jika mereka hidup, islam akan lebih besar dan sebaliknya, jika mereka wafat, islam akan mulai layu.

Dalam perang uhud ini kurang lebih terdapat 3.000 pasukan kaum Quraiys yang terlibat dalam perang, dan diantara pemimpinnya terdapat nama Ikrima bin Abi Jahal yang tewas dalm perang, berduel melawan Sahabat Ali bin Abi Thalib, Syafwan bin Abi Umayyah yang tewas di tangan Hamzah bin Abdul Muthallib, dan Abdullah bin Abi Rabi’ah.

0 Response to "Sejarah Dan Cerita Menarik Perang Uhud"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah

iklan di atas artikel 1

iklan tengah artikel 1

iklan di tengah artikel 2

iklan bawah artikel