situs islami,kajian islam,murah internet, pengertian doa menurut istilah,agama, Doa berbuka puasa - Situs Islami

Doa berbuka puasa


Doa berbuka puasa ~ Islam agama yang indah jika kita renungkan dengan penuh penghayatan,tetapi mengapa agama yang begitu indah justru dianggap kerap menimbulkan teroris, oleh sebagian orang yang tidak paham akan islam sesungguhnya.
Gambar Doa Berbuka Puasa
islam datang untuk mengatur perilaku manusia, dari hal yang besar Hablum minallah, Hablum minannas dan Hablumminal alam. Begitu pula dengan hal hal yang sangat kecil, seperti perkara adap untuk buka puasa, dimana setiap orang mukmin yang ingin buka puasa harus membaca doa terlebih dahulu sebagai mana yang di ajarkan para Nabi kita Muhammad SAW.

Saya mengutip ayat Al-Qur’an yang terdapat pada surah Al-Baqoroh surat 183-184
Yang artinya:
“diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (Q.S. Al-Baqoroh;183-184)
            ayat diatas menjelaskan wajibnya kita berpuasa. Tujuannya agar kita semua bertaqwa kepada Allah. Selain itu puasa juga salah satu diantara Rukun Islam yang harus kita lakukan sebagai umat yang percaya bahwa Allah adalah tuhannya dan Muhammad adalah utusan Allah.
Rukun islam:
1.      Mengucapkan dua kalimat Syahadat.
2.      Menunaikan shalat.
3.      Membayar zakat.
4.      Puasa di bulan Ramadhan.
5.      Melaksanakan Haji bagi orang yang mampu.
Doa berbuka puasa~ Untuk  Do’a yang benar yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW kepada umatnya ketika  ingin berbuka puasa.

Dari Ibnu Umar r.a, beliau mengatakan:
Yang artinya :
            Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, apabila beliau berbuka, beliau membaca: “Dzahaba-dz Dzama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu wa Tsabata-l Ajru, Insyaa Allah”         
Jadi, dari hadits yang dikemukakan oleh Ibnu Umar ra diatas dapat kita pelajari bahwa sesungguhnya doa berbuka puasa yang benar sebagaimana berikut.
Yang artinya :
“Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah”.

Doa berbuka puasa~ Maka untuk penutup dari tulisan ini saya ingin menyampaikan bahwa semua do’a sebelom berbuka puasa itu baik, tetapi lebih baik lagi do’a yang sudah diajarkan oleh Nabi kita Muahammad SAW, karna semua perilaku yang dilakukan Nabi Muhammad mempunyai nilai lebih untuk kita pelajari dan lebih cepat diterima oleh Allah karna nabi Muhammad adalah sebaik baiknya ciptaan Allah.

0 Response to "Doa berbuka puasa"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah

iklan di atas artikel 1

iklan tengah artikel 1

iklan di tengah artikel 2

iklan bawah artikel