situs islami Media Informasi Seputar Islami Dan Informasi Seputar Tutorial Blogging, Ramadhan Penuh Berkah - Situs Islami

Penting

Bacaan Doa Sholat Hajat dan Artinya-situs islami

Ramadhan Penuh Berkah


Ramadhan Penuh Berkah, Arti ramadhan sendiri dalam wikipedia menjelaskan Ramadan (Arab: رمضان‎ Ramaḍān,  juga diromanisasikan sebagai Ramazan, Ramadhan, atau Ramathan) adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam, dan dirayakan oleh umat Muslim di seluruh dunia dengan puasa (saum) dan memperingati wahyu pertama yang turun kepada Nabi Muhammad menurut keyakinan umat Muslim. Perayaan tahunan ini dihormati sebagai salah satu dari rukun Islam. Bulan Ramadan akan berlangsung selama 29–30 hari berdasarkan pengamatan hilal, menurut beberapa aturan yang tertulis dalam hadits.
Ramadhan Penuh Berkah
Bulan ramadhan tahun 2018 akan segera dilaksanakan, tidak kurang dari satu bulan umat muslim menyambut dengan gembira akan datangnya bulan itu, dimana seluruh umat Muslim berpuasa wajib satu bulan penuh.

Dalam Bulan istimewa ini pahala pahala akan dilipatgandakan bagi orang orang yang melaksanakan ibadah wajib maupun sunah. Banyak hadist yang menerangkan keistimewaan bulan tersebut.
Yang artinya:
            “Diriwayatkan dari Abu Said al-Khudri r.a katanya: Rasulullah s.a.w bersabda: Setiap hamba yang berpuasa di jalan Allah, Allah akan menjauhkannya dari api Neraka sejauh perjalanan tujuh puluh tahun”.  (Bukhari-Muslim).

Ramadhan Penuh Berkah, Terlepas dari pahala atau kewajiban yang deberikan terhadap umat muslim, bulan ramadhan juga mengajarkan kita untuk tahan lapar agar dapat mersakan derita orang kelaparan, orang miskin dan orang yang tidak sanggup membeli sebungkus nasi. Di bulan ini umat muslim tidak hanya menahan lapar saja akan tetapi menahan  hawa nafsu duniawi, semua yang diperbolehkan haram hukumnya dilakukan ketika masuk bulan Ramadhan. Sepertihalnya jima’, makan, minum dan masih banyak yang lainnya.

Waktu dalam menunaikan puasa sendiri yaitu dari terbitnya fajar shadiq sampai terbenamnya matahari. Ini dijelaskan dalam hadis yang berbunyi.
Yang artinya:
Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda. “Fajar itu ada dua : Yang pertama tidak mengharamkan makan (bagi yang puasa), tidak halal shalat ketika itu, yang kedua mengharamkan makan dan telah dibolehkan shalat ketika terbit fajar tersebut”
Yang artinya:
Dari Umar Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata Rasullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda. ”Jika malam datang dari sini, siang menghilang dari sini dan terbenam matahari, telah berbukalah orang yang puasa”.

0 Response to "Ramadhan Penuh Berkah"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah

iklan bawah judul

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah postingan