situs islami Media Informasi Seputar Islami Dan Informasi Seputar Tutorial Blogging, Amalan-Amalan Di Bulan Rajab - Situs Islami

Penting

Doa yang Sebaiknya Anda Panjatkan Setelah Sholat

Amalan-Amalan Di Bulan Rajab


Bulan Rajab adalah bulan (Rajab Al Haram) memilki arti sebagai bulan yang mulia. Dimana pada bulan ini Alla Swt melarang kita untuk berbuat dzolim baik kepada diri kita maupun orang lain,dan diperintahkan agar melakukan perbuatan yang baik dan meninggalkan yang haram. Dan dibulan rajab ini, terdapat beberapa amalan yang disunnahkan.
Amalan-Amalan Di Bulan Rajab
Amalan Bulan Rajab
Allah Ta’alaberfirman :
ان عدة الشهور عند الله اثنا عشر شهرا فى كتاب الله يوم خلق السماوات والارض منها اربعة حرم ذلك الدين القيم فلا تظلموا فيهن انفسهم .
Artinya “sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapannya) agama yang lurus, maka janganlah kamu nmenganiaya diri kamu dalam bulan yang empat ini.”(Q.S Taubah:36)

Diantara keempat bulan haram (suci) adalah :Dzulqo’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab yang terletak antara jumadil (akhir) dan sya’ban.
Salah satunya adalah Rajab, pada bulan ini kita diperintahkan untuk memperbanyak amal, sampai-sampai para salaf terdahulu sangat suka melakukan puasa dibulan ini. Sufyan Ats Tsauri mengatakan“Pada bulan-bulan haram, aku sangat senang berpuasa.” (Latho-if Al Ma’arif,214)

                        Amalan-amalan yang disunnahkan diantaranya :
·         Membacado’aAwalbulan Rajab.

اللهم بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبَ وَ شَعْبَانَ وَ بَلغْنَا رَمَضَانَ
Artinya “Ya Allah berkatilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikanlah kami kebulan Ramadhan.”
·         MenunaikanPuasa Sunnah di bulan Rajab

Dalam sebuah riwayat di sebutkan Al Imam muslim menjelaskan bahwa Rasulallah saw bersabda yang artinya “Seutama-seutamanya puasa setelah Puasa Ramadhan adalah puasa di bulan Haram (Dzulqo’dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab).

Diriwayatkan oleh Abu Fath, dari Al Hasan berkata bahwa Rasulullah saw bersabda yang artinya “Rajab itu bulanNya Allah Swt, Sya’ban bulan ku dan Ramadhan bulan Ummatku.”

·         Memperbanyak dzikir dan ketaatan kepada Allah Swt
Dalam sebuah riwayat ketika Mi’raj Rasulullah melihat sungai yang lebih manis dari madu. Kemudian bertanya kepada jibril : Hai Jibril untuk siapakah sungai ini? Jibril menjawab :Untuk orang yang membaca sholawat untuk engkau di bulan Rajab.”

اَنِيْبُوْا اِلَى رَبكُمْ وَ سَتَغْفِرُ مِنْ ذُنُوْ بِكُمْ وَاجْتَنِيبُوْا المَعَا صِى فِى الشَهْرِ الحَرَام وَهُوَ رَ جَبُ
Artinya “Bertaubatlah kamu sekalian pada Tuhannmu, minta ampunlah dari semua dosa mu dan jauhilah segala macam perbuatan durhaka didalam bulan haram yaitu Rajab.”

Demikian artikel mengenai amalan-amalan yang dianjurkan pada bulan Rajab. Untuk lebih jelas dan detailnya bisa di cek di artikel yang lain. Semoga bermanfaat. Wallahua’lambish-shawabi.

0 Response to "Amalan-Amalan Di Bulan Rajab "

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah

iklan bawah judul

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah postingan