situs islami,kajian islam,murah internet, pengertian doa menurut istilah,agama, Amalan-Amalan Di Bulan Ramadhan | Situs Islami - Situs Islami

Amalan-Amalan Di Bulan Ramadhan | Situs Islami


Amalan-Amalan Di Bulan Ramadhan , Bulan Ramadhan menjadi bulan yang berkah apabila kita mengerjakan Sunnah-sunnah yang dianjurkanoleh Allah Swt serta menjalankan Sunnah Nabi Muhammad Saw.

Berpuasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus, melainkan menjaga dari perbuatan yang dapat menjadikan puasa kita tidak mendapat pahala puasa, hanya sekedar mendapatkan lapar dan haus. 
Amalan Amalan Bulan Puasa
Diantara amalan-amalan yang diperintahkan oleh Allah Swtdan Sunnah-sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad Saw sebagai berikut :

·         SholatTarawih
Sholat tarawih adalah sholat Sunnah yang dikerjakan pada bulan suci Ramadhan. Dan sholat tarawih memiliki banyak keutamaan, disebutkan dalam sebuah riwayat Dari Ali bin Abi Thalib ia berkata, Nabi Saw pernah ditanya tentang keutamaan tarawih di bulan Ramadhan, kemudian beliau bersabda :Pada hari pertama, pelaksanaan sholat tarawih sama seperti orang yang keluar dari dosanya, layaknya bayi yang baru keluar. Dst

·         Tadarus/ menbaca Al Qur’an sertamenghatamkannya

Bulan Ramadhan adalah bulan yang memiliki hubungan yang erat dengan Al Qur’an, karna Al Qur’an diturunkan pada bulan ini. Disebutkan dalam riwayat Ibnu Abbas R.A menceritakan :وَ كَانَ جِبْرِيْلُ يَلْقَاهُ فىِ كُل لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارَسُهُ القُرْاَنَ
“Jibril menemui pada tiap malam-malam bulan Ramadhan, dandia (Jibril) bertadarus Al Qur’an bersamanya”

·         Bersedekah
Nabi Muhammad Saw menganjurkan kita agar senantiasa membantu dan membagi rizki kita kepada orang yang membutuhkan. Dan bersedekah ini menjadi amal yang luar biasa ketika memasuki bulan Ramadhan. Ibnu Abbas R.A menceritakan :
كاَنَ النبِي صَلى الله عَلَيْهِ  وَسلم اَجْوَ دَ الناس وَ أَجْوَدُ مَا يَكُوْنُ فِى رَمَضَانَ حِيْنَ يَلْقَاهُ جِبْرِيْلُ.
Nabi SAW adalah manusia yang paling dermawan, dan kedermawanannya semakin menjadi-jadi ketika masuk Bulan Ramadhan apabila Jibril menemuinya.”


·         Memberikanmakanankepada orang yang berbukaberpuasa
Dari zaid bin Khalid Al Juhani R.A Rasulallah Saw bersabda :
مَنْ فَطر صَا ىْمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرِ أَنهُ لَا يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصا ىْمِ شَيْىْاً
“Barang siapa yang memberikan makanan untuk berbuka bagi orang yang berpuasa maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana orang tersebut, tampa mengurangi sedikitpun pahala orang itu” (H.R AtTirmidzi)


·         Menyegerakanberbukapuasadanmengakhirisahur
Dari Amru bin Maimun R.A berkata:
كان أصحاب محمد صلى الله عليه و سلم أعجل الناس ا فطار و ابطأ هم سحورا
Para sahabat Nabi Muhammad SAW. Adalah manusia yang paling bersegera dalam berbuka puasa dan paling akhir dalam dalam sahurnya” (H.R Al Baihaqi)
·         I’tikaf di dalam Masjid
ان النبي صلى الله عليه و سلم كان يغتكف العشر الاو اخر من رمضان حتى توفاه الله ثم اعتكف ازواجه من بعده
Bahwasanya Nabi SAW. Beri’tikaf pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan sampai beliau di wafatkan Allah, kemudian istri-istrinya pun I’tikaf setelahitu.’ (H.R Bukhari)


·         MenghidupkanLailatulQadar
انا أنزلناه فى ليلة القدر وما ادراك ما ليلة القدر ليلة القدر خير من الف شهر.
“Sesungguhnya kami telah menurunkan (Al Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan” (Q.S Al Qadar: 1-3)

Demikian artikel mengenai Amalan-Amalan Di Bulan Ramadhan,  yang dianjurkan padab ulan Ramadhan. Untuk lebih jelas dan detailnya bisa di cek di artikel yang lain. Semoga bermanfaat

0 Response to "Amalan-Amalan Di Bulan Ramadhan | Situs Islami"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah

iklan di atas artikel 1

iklan tengah artikel 1

iklan di tengah artikel 2

iklan bawah artikel