situs islami,kajian islam,murah internet, pengertian doa menurut istilah,agama, Kewajiban Istri Kepada Suami | Situs Islami - Situs Islami

Kewajiban Istri Kepada Suami | Situs Islami


KewajibanIstri Kepada Suami, Dalam islam dijelaskan ketika seseorang sudah menikah dan membangun rumah tangga, ketahuilah bahwa seorang suami adalah pemimpin di dalam rumah tangga itu. Sedang istri juga menjadi pemimpin bagi anak-anaknya. Allah telah menjadikan seorang laki-laki sebagai pemimpin, Allah berikan keutamaan baginya lebih besar daripada wanita. Serta dialah yang berkewajiban memberinafkah baik lahir maupun batin.
larangan istri terhadap suami
ilusi, antara suami istri
Allah Swt berfirman :
الرجال قوامون على النساء بما فضل الله بعضهم على بعض وبما أنفقوا من أمولهم
Artinya “Laki-laki (suami) itu pelindung  bagi perempuan (istri) karna Allah telah melebihkan sebgaian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan) dan karna mereka (laki-laki) telah memberikan nafkah dan hartanya.” (Q.S An Nisa’ :34)
Oleh karna itu suami adalah tulang punggung bagi keluarganya dan wanita wajib menunaikan segala kewajiban dan tanggung jawab sebagai seorang istri.
Diantara kewajiban istri kepada suami yaitu :
·       Mentaati perintah suami
KewajibanIstri Kepada Suami Sebaik-baiknya wanita adalah ia yang taat pada suami dan tidak membangkang. Ketaatan itu itu adalah tindakan mutlak. Dan istri bolwh tidak taat kepada suami, bila suami memerintah istri untuk mengerjakan suatu hal yang dilarang agama semisal meninggalkan sholat lima waktu, dilarang berhijab dan melanggar perintah Allah Swt yang lainnya. Dan disebutkan dalam sebuah riwayat bahwa apabila istri keluar rumah tampa  seizing suami berarti dia telah bermaksiat pada Allah dan akan mendapat siksa.

·       Melaksanakan kewajiban lahir dan batin
KewajibanIstri Kepada Suami ,Seorang istri wajib melaksanakan segala kewajiban. Baik lahir maupun batin, jika suami mengajak ke ranjang untuk melakukan hubungan intim namun istri menolaknya. Malaikat akan melaknatnya sampai waktu subuh. Rasulallah Saw pernah bersabda yang artinya
 “ sungguh-sungguh meminta ampun untuk seorang istri yang berbakti kepada suaminya yaitu burung diudara,ikan-ikan diair dan malaikat di langit selama ia selalu dalam kerelaan suaminya dan siapa saja dikalangan istri yang tidak berbakti kepada suaminya, maka ia mendapat laknat dari Allah dan malaikat serta semua manusia.”

·         Tidak membiarkan orang lain
masuk kerumah tampa seizing suami
diantara kewajiban istri adalah tidak membiarkan seorang masuk ke dalam rumah tampa ada izin dari suami. Karna menjaga dari fitnah yang tidak diinginkan. Rasulullah Saw bersabda yang artinya “Hak kalian (para suami) atas mereka (para istri) adalah mereka tidak memasukkan seorangpun yang memasukkan seorangpun yang tidak kalian sukai ke rumah kalian. Jika mereka melakukannya, pukullah mereka dengan pukulan yang tidak menimbulkan bekas.” (HR. Muslim No 1218)

·         Melayani segala kebutuhan suami
Demi rasa cinta terhadapsuami, istri harus melayani suami hingga hal terkecil sekaliapun. Semisal memotongkan kukunya dan miminyakkan rambutnya.  Disebutkan dalam sebuah riwayat bahwa wanita yang meminyakkan rambut dan janggut suaminya,mengunting kuku serta kumisnya. Maka Allah akan memberikan air surge, kuburnya menjadi taman yang indah,dan sakratul mautnya kan diringankan.

·         Tidak berpuasa sunnah tampa izin suami
Berpuasa adalah sebuah ibadah, namun jika seorang istri berpuasa sunnah tampa ijin dari suami,maka ia telah melakukan keharaman. Disebutkan dalam riwayat “Tidak halal bagi istri berpuasa (sunnah) dalam keadaan suami ada di rumah, kecuali dengan izin sang suami.” (HR Bukhari)

·         Sabar kepada suami
Ketika suami melakukan hal yang membuat istri tersinggung atau bahkan sakit hati. Seorang istri dituntut untuk senantiasa bersabar, karena pahalanya orang bersabar itu lebih besar. Disebutkan dalam sebuah riwayat “dituliskan bahwa barang siapa bersabar terhadap perangai suami akan diberikan pahala seperti yang diberikan kepada Maryam binti Imran dan Asiyah.


Diantara hal-hal yang tidak boleh dikerjakan oleh seorang istri yaitu:
·         Menuntut keluarga yang ideal dan sempurna
·         Tidak taat kepada suami
·         Menolak ajakan suami (berhubungan intim)
·         Lalai dalam melanyani suami
·         Menghambur-hamburkan uang yang diberikan suami
·         Menyakiti hati suami, dengan perkataan maupun perbuatan
·         Keluar rumah tampa seizing suami
·         Menyebarkan dan mencela rahasia-rahasia suami

Dan semua hal diatas sangat dibenci oleh Allah Swt, yang mana apabila seorang istri melakukannya maka akan di laknat oleh Allah serat mendapatkan siksaan kelak diakhir zaman.
Disebutkan dalam sebuah riwayat suatu hari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda “Bahwa beliau melihat wanita adalah penghuni neraka terbanyak. Seorang wanita pun bertanya kepada beliau mengapa demikian ? Rasulullah pun menjawab bahwa diantaranya karena wanita banyak yang durhaka kepada suaminya.” (HR. Bukhari Muslim)

Dan masing-masing dari suami maupun istri memiliki hak dan kewajiban, namun suami mempunyai kelebihan atas istrinya.
Allah Swt berfirman :

ولهن مثل الذي عليهن با المعروف, وللر جال عليهن درجة, والله عزيز حكيم.
Artinya “ Dan mereka (para wanita) memiliki hak seimbang dengan kewajiban menurut cara yang pantas. Tetapi para suami mempunyai kelebihan diatas mereka. Allah Maha perkasa, Maha bijaksan.” (Q.S Al Baqarah : 228).

Demikian artikel tentang “Kewajiban Istri kepada suami
Mungkin masih banyak hal yang tidak kami jelasakan secara detail, baik dalil Al Qur’an dan Haditsnya. Untuk lebh jelasnya bisa cek di artikel yang lain. Semoga bermanfaat

0 Response to "Kewajiban Istri Kepada Suami | Situs Islami"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah

iklan di atas artikel 1

iklan tengah artikel 1

iklan di tengah artikel 2

iklan bawah artikel