situs islami,kajian islam,murah internet, pengertian doa menurut istilah,agama, Pengertian paradigma pendidikan berbasis syariah - Situs Islami

Pengertian paradigma pendidikan berbasis syariah


Assalamualaikum.wr.wb
Salam hangat untuk kita semua,  semoga kita selalu dalam lindungan allah swt. Dan selalu di berikan kesehatan dan barokah umur kita amin amin amin yaa allah.
Pelanggan situs islami yang terhormat,  pada kali ini izinkanlah saya sedikit untuk berbagi ilmu pengetahuan kepada antum semua,  dan semoga apa yang saya jelasakan pada materi ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Kali ini saya akan membahas tentang :Pengertian paradigma pendidikan berbasis syariah. Supaya tidak penasaran,  mari kita simak di bawah ini.
pengertian paradigma
Pengertian paradigma

1.Pengertian Paradigma Pendidikan.

a.Pengertian Paradigma Pendidikan menurut syariah.

Paradigma dalam kamus besar bahasa indonesia (KBBI ) di sini ada tiga pengertian yang akan saya jelaskan sesikit demi sedikit. (1) paradigma yang berbentuk dari kata  konjugasi dan deklinasi. (2) paradiga yang memakai medel dalam teori ilmu pengetahuan.  (3)  dan yang terakhir menggunakan kerangka berfikir.

Perlu di ketahui,  bahwa paradigma di sini banyak sekali yang mengartikan,  namun tujuan nya tetal saja sama.  Hanya saja lain bahasa.menurut Barker bahwasannya ia menyatakan kata paradigma tersebut berasal dari bahasa Yunani “Paradigma” yang berarti model, pola dan contoh. Sedangkan pendapat William Harmon yang menulis buku, bahwa paradigma adalah cara yang mendasar dalam memahami, berfikir, menilai, dan cara melakukan sesuatu yang digabungkan dengan visi tentang kehidupan tertentu.nah Dari beberapa definisi tersebut yang nantinya akan dikemukakan diatas, tampaklah bahwa paradigma adalah cara dan juga pola pikir yang mendasari sebuah pemahaman, penilaian, peraturan, dan pedoman dalam mengerjakan sesuatu.


2. Paradigma yang berbasis maqashid al syari'ah.
a. Mengutip dari mansour Fakih yang pernah mempertanyakan sebuah landasan ilmu sosial, sebenarnya apa hakikat ilmu sosial dan penelitian sosial tersebut...?. Sebenarnya atas kepentingan siapa dan dalam rangka apa sesungguhnya ilmu sosial itu.  Dan untuk apa penelitian sosial di lakukan...?.
Dari berbagai pertanyaan di atas,  banyak sekali jawaban jawaban yang sangat beragam tergantung paradigma yang di anut oleh masing masing penjawab. Kalau kita bisa berfikir sebenarnya paradigma secara sederhana dapat kita artikan sebagai kaca mata atau cara pandang kita terhadap realitas yang ada.  Nah di sini ada ilmuan yang mencoba menjawab dan memaparkan pendapatnya tentang paradigma tersebut.  Menurut thomas Kuhn. Paradigma adalah referensi pokok yang menjadikan pijakan sebuah teori.  Dan oleh karena itu,  contoh jika ada 2 orang sedang membaca al qur'an atau melihat realitas yang sama kemudian bisa menghasilkan sebuah pandangan yang berbeda,  dan semua itu tidak pernah lepas dari pengaruh paradigma yang berbeda beda.

0 Response to "Pengertian paradigma pendidikan berbasis syariah"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah

iklan di atas artikel 1

iklan tengah artikel 1

iklan di tengah artikel 2

iklan bawah artikel