situs islami Media Informasi Seputar Islami Dan Informasi Seputar Tutorial Blogging, Perintah Mencintai Kedua Orang Tua | Situs Islami - Situs Islami

Peraturan Google Adsense Yang Wajib Di Ta'ati

Hay Sahabat Blogger, Berjumpa Lagi Dengan Saya Agus Yasin, Yang Selalu Mengupdate Berbagai Tutorial Maupun Tips Untuk Para Blogger, Denga...

Perintah Mencintai Kedua Orang Tua | Situs Islami


Perintah Mencintai Kedua Orang Tua, Orang tua adalah sosok yang sangat istimewa di dunia ini. Karna pengorbanan dan kasih sayangnya lah kita bisa seperti sekarang ini. Dalam islam diajarkan agar setiap anak diwajibkan untuk menghormati serta berlaku sopan terhadap kedua orang tua.
cinta allah, cinta kepada orang tua
Cinta kepada Orang tua
Allah Swt berfirman Q.S Al Isra’ Ayat 23  :
وَقَضَى رَبُّكَ الا اياه وَ بِالْوَلِدَيْنِ اِحْسَنَا اما يبلغن عند ك الكبر احد هما فلا تقل لهما أف ولا تنهر هما وقل لهما قولا كريما.
Artinya “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “Ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia” (Q.S Al Isra’ : 23)

Dari ayat diatas dapat kita ambil pemahaman bahwa  Allah Swt memerintahkan untuk menyembah tuhan yang maha Esa Serta memerintahkan untuk berbuat baik kepada orang tua. Menurut sebagian ulama ahli tafsir mereka menyebutkan  “perintah menyembah kepada Allah Swt itu sejajar dengan perintah berbakti kepada orang tua”ini berarti Allah akan murka serta tidakakan menerima amal ibadah seseorang yang durhaka terhadap orang tuanya.


Allah Swt juga berfirman dalam Q.S Luqman Ayat 14-15
وو صينا الانسن بولدينه حملته امه, وهنا على وهن و فصله , فى عا مين أن اشكر لى ولو لديك الى المصير. وان جهداك على أن تشرك بى ما ليس لك به علم فلا تطعهما.وصا حبهما فى الدنيا معروفا. واتبع سبل من أنا ب الى. ثم الى مرجعكم فأنبعكم بما كنتم تعملون .
Artinya “ Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya yang telah mengandung dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah,dan menyapihnya dalam dua tahun, bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.(15) dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya didunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kemabali kepada-Ku,kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka kuberikan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan. (Q.S Luqman:14-15)

Perintah Mencintai Kedua Orang Tua, Jelas disebutkan dalam ayat diatas betapa payahmu ibu memperjuangkan kehidupan anaknya. Mulai sejak dalam kandungan hingga sampai keluar kedunia. Ibu mengandung selama 9 bulan, kemudian menyusui selama 2 tahun dan kemudian merawat dan mendidik anaknya. Maka sangatlah dilarang Oleh Allah Swt seorang anak durhaka kepada orang tuanya.

Orang tua adalah seorang manusia yang mulia, serta sosok yang sangat diistimewakan dihadapan Allah Swt. keajaiban sering terjadi apabila kita memuliakan orang tua kita, seperti sebuah kisah yang ada di sebuah kitab klasik ”UWAIS AL QORNI “ dimana menceritakan seorang pemuda yang meiliki penyakit sopak yang mempunyai niat yang mulia yaitu untuk memberangkatkan ibunya untuk pergi ke tanah suci. Dan Uwais menggendong Ibunya berjalan kaki dari Yaman menuju Makkah! Subhanalloh, alangkah besar cinta Uwais pada ibunya. Uwais berjalan dengan tegap menggendong ibunya tawaf di ka’bah. Kisah Uwais adalah sebagian kisah dari keajaiban-keajaiban yang diberikan Allah Swt untuk orang yang memuliakan orang tuanya.

Dalam sebuah riwayat hadits disebutkan :
عن أبى هريرة رضي الله عنه قال جاء رجل الى رسو الله صلى الله عليه وسلم فقال : يا رسو ل الله, من احق الناس بحسن صحا بتي؟ قال أمك, قال ثم من؟ قال أمك, قال ثم من؟ قال أمك, قال ثم من, قال أبوك.
Artinya “Dari Abu Hurairah R.A beliau berkta, “Seorang dating kepada Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam dan berkata,”wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali? Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam menjawab,”Ibumu!” orang tersebuat bertanya kembali, kemudian siapa lagi? Beliau menjawab “Ibumu” kemudian siapa lagi? Beliau menjawab “Ibumu” kemudian siapa lagi? Nabi shallahu ‘alaihi wasallam menjawab.”Kemudian ayahmu” (H.R Bukhari Muslim)

 Dari hadits di atas “Ibu” adalah seorang yang menempati posisi pertama dalam urutan untuk berbakti kepada orang tua, dimana peran ibu sangatlah berat dan butuh pengorbanan.
Dan diantara cara berbakti kepada orang tua ,ialah dengan perkataan, perbuatan ataupun dengan mengeluarkan sebagian harta untuk memenuhi kebutuhannya.  

·         Berbuat baik dengan perkataan, yaitu dengan bertutur dengan lemah lembuh, menggunakan kata-kata yang baik dan menunjukkan rasa hormat terhadapnya.

·         Berbuat baik dengan perbuatan, yaitu dengan melayani kedua orang kita dengan semaksimal mungkin, membantu dan mempermudah segala urusannya serta dilakukan dengan hati yang ikhlas.
·         Berbuat baik dengan harta, yaitu dengan memberikan setiap harta yang kita miliki untuk memenuhi segala kebutuhan yang diperlukan, tidak mengungkit harta yang telah diberikan serta berlapang dada terhadapnya.

Berbakti kepada kedua orang tua tidak hanya ketika masih hidupsaja,melainkan berbakti juga bisa kita lakukan ketika keduanya sudah meninggal dunia. Dikisahkan dari Bani salamah yang mendatangi Rasulullah Saw kemudian ia bertanya :

يا رسو ل الله هل بقي من بر أبوي شيء ابوهما به بعد موتهما قال نعم الصلاة عليهما والاستغفار لهما و انفد عهدهما من بعد هما وصلة الرحم التى لا توصل الا بهما واكرام صديقهما .
Artinya “Wahai Rasulallah, apakah masih ada cara berbakti kepada kedua orang tuaku setelah keduanya meninggal? Beliau menjawab “Ya, dengan mendoakannya, meminta ampun untuknya, melaksanakan janjinya (wasiat), menyambung silaturahmi yang tidak bisa disambung kecuali melalui jalan mereka berdua, dan memuliakan teman-temannya.” (H.R Abu Dawud)


Dari dalil-dalil diatas, mengambil kesimpulan yaitu betapa luas cangkupan agar kita berbakti kepada kedua orang tua. Bahkan menjadi suatu kewajiban bagi setiap anak untuk memuliakannya, bahkan Allah Swt akan murka  terhadap orang yang durhaka kepada kedua orang tuanya.  serta  kita diperintahkan untuk menyambung tali silaturahmi dengan kerabat terdekat.

Demikian artikel tentang “Perintah Mencintai Kedua Orang Tua
Mungkin masih banyak hal yang tidak kami jelasakan secara detail, baik dalil Al Qur’an dan Haditsnya. Untuk lebh jelasnya bisa cek di artikel yang lain. Semoga bermanfaat .

0 Response to "Perintah Mencintai Kedua Orang Tua | Situs Islami"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah

iklan bawah judul

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah postingan