situs islami,kajian islam,murah internet, pengertian doa menurut istilah,agama, Perjuangan Bilal Bin Rabah | Situs Islami - Situs Islami

Perjuangan Bilal Bin Rabah | Situs Islami


PerjuanganBilal Bin Rabah , Dalam sebuah kitab klasik, diceritakan sebuah kisah yang sangat mengangumkan yang menjadi catatan dalam sejarah Islam. Yaitu tentang perjuangan seorang demi mempertahankan aqidah.

Di sebuah desa di daerah as-Sarah sekitar 43 tahun sebelum hijrah. Hiduplah seorang bernama Bilal, ayahnya bernama Rabah dan ibunya bernama Hamamah. Bilal dibesarkan di kota Makkah sebagai seorang budak milik keluarga bani Abduddar. Saat ayahnya meninggal Bilal diwariskan kepada Umayyah bin Khalaf, seorang tokoh penting kaum kafir.
Perjuangan Bilal Bin Rabah
cerita bilal bin rabbah
Ketika Mekkah dimasuki agama Islam yang diserukan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, Bilal menjadi orang pertama yang memeluk agama Islam. Yang pada saat itu masih sedikit orang yang mendahuluinya memeluk agama Islam seperti Abu Bakar, Khadijah dan Ali bin Abu Thalib.
PerjuanganBilal Bin Rabah , Bilal merasakan penganiayaan yang berat dari orang-orang musyrik dibanding siapapun. Berbagai macam siksaan, kekerasan dan kekejaman mendera tubuhnya.

Namun, ia tetap tegar dan tabah sebagaimana kaum muslim lainnya. Dia senantiasa sabar dan tetap tawakkal di jalan Allah Swt meskipun mendapat penganiyaan yang kejam dari kaum musyrik.
Orang seperti bilal adalah budak, dimana dia tidakmemiliki siapapun, sehingga orang-orang Quraisy menyiksa tampa belas kasian. Quraisy ingin menjadikan penyiksaan atas mereka sebagai contoh dan pelajaran bagi setiap orang yang ingin memeluk ajaran Muhammad.
Mereka memaksa Bilal agar memuji Latta dan ‘Uzza, tapi Bilal justru memuji nama Allah dan Rasul-Nya. Mereka terus memaksanya “Ikutilah yang kami katakana!”

Bilal menjawab, “Lidahku tidak bisa mengatakannya.” Jawaban ini membuat siksaan mereka semakin hebat dank eras. Sementara Bilal menjalani siksaan yang diterima,ia terus mengumandangkan kata “Ahad..Ahad..Ahad…” ia terus mengulang-ulangnya tampa merasa bosan dan lelah.

PerjuanganBilal Bin Rabah  ,Suatu ketika, Abu Bakar R.A mengajukan penawaran kepada Umayyah bin Khalaf untuk membeli Bilal darinya. Dan dibelilah Bilal seharga Sembilan uqiyah emas.
Dan Abu Bakar member tahu Rasulullah Saw bahwa ia telah membeli dan menyelamatkan bilal dari cengkraman para penyiksa. Kemudian sejak itu Bilal terus menyertai Rasulullah, dan taat akan segala perintahnya.

Ketika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam selesai membangun Masjid Nabawi di Madinah dan menetapkan adzan, seketika itu juga Bilal ditunjuk untuk menjadi orang pertama yang mengumandangkan adzan (MUADZIN) dalam sejarah Islam.
Dan sejak saat itu, selama Nabi hidup, Bilal selalu mengikuti dan menyertai Nabi kemanapun beliau pergi.

Demikian Artikel tentang “Perjuangan Bilal bin Rabah” untuk lebih lengkapnya cek di artikel lain. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Perjuangan Bilal Bin Rabah | Situs Islami"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah

iklan di atas artikel 1

iklan tengah artikel 1

iklan di tengah artikel 2

iklan bawah artikel