situs islami Media Informasi Seputar Islami Dan Informasi Seputar Tutorial Blogging, Siksaan Bagi Anak Durhaka | Situs Islami - Situs Islami

Peraturan Google Adsense Yang Wajib Di Ta'ati

Hay Sahabat Blogger, Berjumpa Lagi Dengan Saya Agus Yasin, Yang Selalu Mengupdate Berbagai Tutorial Maupun Tips Untuk Para Blogger, Denga...

Siksaan Bagi Anak Durhaka | Situs Islami


SiksaanBagi Anak DurhakaKata durhaka berasal dari kata al-aqqu yang berarti al-qath’u yaitu memutus, membelah atau memotong. Dalam islam, anak dikatakan durhaka kepada orang tua, apabila melakukan perbuatan atau mengucapkan sesuatu yang menyakiti hati orang tuanya.
Siksaan Bagi Anak Durhaka | Situs Islami
Siksaan Bagi Anak Durhaka | Situs Islami
Perbuatan durhaka ini sangat dibenci oleh Allah Swt dan jelas dilarang oleh Agama. Bahkan dalam sebuah riwayat dikatakan termasuk dosa besar yang mana setara dengan mempersekutukan Allah Swt. banyak sekali Al Qur’an maupun Hadits yang menjelaskan dosa berbuat durhaka kepada orang tua salah satunya disebutkan pada hadits riwayat oleh Iman Bukhari :

عن عبد الله ابن عمرو رضي الله عنهما قال جاء أعربى الى النبي صلى الله عليه و سلم فقال يا ر سو ل الله ما الكبائر قال الاشراك با الله قال الاشراك با الله قال ثم ماذا قال ثم عقو ق الولد ين قال ثم ماذا قال اليمين الغموس قلت وما اليمين الغمو س قال الذ ي يقتطع مال امرئ مسلم هو فيها كا ذ ب.
Dari Abdullah bin Amr, ia berkata : seorang Arab Badui dating kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam lalu berkata , “Wahai Rasulallah, apakah dosa-dosa besar itu ?” Beliau menjawab “ Isyak (menyekutukan sesuatu) dengan Allah”, ia bertanya lagi, “kemudian apa?” Beliau menjawab, “kemudian durhaka kepada kedua orang tua”, ia bertanya lagi, “kemudian apa?” beliau shallallahu alaihi wa sallam menjawab “sumpah yang menjerumuskan” aku bertanya, “apa sumpah yang menjerumuskan itu?” beliau  Shallallahu alaihi wa sallam menjawab, “sumpah dusta yang menjadikan dia mengambil harta seorang muslim”. (H.R Al Bukhari, No 6255)

Cirri-ciri anak durhaka menurut islam
·        Sering mengeluh dan berkata “Ah” apabila disuruh
Dalamislam dijelaskan, seiap anak diwajibkan untuk senantiasi berbakti dan berbuat baik kepada orang tuanya. Bahkan berkata “Ah” pun tidak diperbolehkan dan dilarang oleh  Allah Swt. apalagi sampai membentak dan berbuat kasar yang dapat menyakiti hati orang tua, sungguh perbuatan itu benar-benar dilaknat oleh Allah Swt.

Allah Swt berfirman Q.S Al Isra’ Ayat 23  :
وَقَضَى رَبُّكَ الا اياه وَ بِالْوَلِدَيْنِ اِحْسَنَا اما يبلغن عند ك الكبر احد هما فلا تقل لهما أف ولا تنهر هما وقل لهما قولا كريما.
Artinya “Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.jika salah seorang diantara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “Ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia” (Q.S Al Isra’ : 23)


Setiap orang tua pasti ingin berusaha dalam memberikan atau memenuhi apa yang diinginkan oleh anaknya. Mereka rela berkorban jiwa dan raga demi membahagiakan anaknya. Lalu bagaimana bila kita sebagai anak malah berbuat sebaliknya kepada orang tua, bahkan kita sering berbuat hal yang bisa membuat mereka bersedih dan menangis, dan hal itu tergolong dosa besar.   Ibnu Umar berkata “Tangisan kedua orang tua termasuk kedurhakaan yang besar” (H.R Bukhari).


·        Tidak mau melayani dan menelantarkan orang tua
Orang tua tidak pernah lelah untuk merawat dan menyanyangi kita dari kita dilahirkan hingga kita dewasa. Mereka melakukan dengan ikhlas tampa ada rasa ingin dibalas kelak apabila telah sampai pada waktu mereka tidak lagi bisa berbuat apa-apa. Disaat kedua orang tua kita berusia lanjut maka sudah menjadi kewajiban kita untuk merawat dan melayani segala kebutuhannya.  Dan kita tidak boleh membiarkan dan tidak memperdulikan segala kebutuhannya. Jika kamu berbuat demikian, sama saja kamu telah berbuat durhaka kepada orang tua. Allah Swt berfirman dalam surat Al Ahkaf Ayat 15 :

وو صينا الانسن بولدينه حملته امه, وهنا على وهن و فصله , فى عا مين أن اشكر لى ولو لديك الى المصير

Artinya “ Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya yang telah mengandung dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah,dan menyapihnya dalam dua tahun, bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

Diantara azab bagi anak durhaka yaitu :

·         Dibenci oleh Allah Swt
Dalam sebuah riwayat hadits disebutkan  “Ridho Allah tergantung pada ridha orang tua, dan murkanya Allah tergantung pada murkanya orang tua.” (H.R Al Hakim)

Dari hadits diatas sudah jelas bahwa jika orang tua kita murka maka Allah pun murka begitupun sebaliknya jika orang tua ridha maka Allah pun ridha.

·         Mendapat azab di dunia dan akhirat
Anak yang durhaka kepada orang tua  tidak hanya mendapatkan dosa ,  melainkan mendapat laknat dari Allah Swt

Dalam sebuah riwayat disebutkan Rasulullah Saw bersabda yang artinya “ setiap dosa akan diakhirkan oleh Allah sekehendak-Nya sampai hari kiamat, kecuali dosa mendurhakakan kedua orang tua. Sesungguhnya Allah akan menyegerakan (balasan) kepada pelakunya didalam hidupnya sebelum mati.”

·         Tidak diterima sholatnya oleh Allah Swt
·         Tidak diampuni dosa-dosanya
·        Dipersulit urusan dunia maupun akhirat

Diperkuat dengan hadits yang diriwayatkan oleh Hakim dari Anas bin Malik mengatakan :

بابان معجلان عقو بتهما فى الدنيا البعى و العقوق

Artinya ‘Dua perbuatan dosa yang Allah cepatkan adzabnya (siksaannya) didunia yaitu berbuat zhalim dan Al uquq (durhaka kepada orang tua.

Dan ditegaskan lagi oleh Allah Swt dalam sebuah hadits Rasulullah Saw bersabda :
ثلاثة لا يد خلون الجنة و لا ينظر الله اليهم يوم القيمة : العا ق لولدين, و المراة المتر جلة المتشبهة بالر جال و الديو ث .
Artinya “Ada tiga golongan yang tidak akan masuk surga dan Allah tidak akan melihatnya mereka pada hari kiamat yakni Anak yang durhaka kepada kedua orang tuanya, perempuan yang menyerupai laki-lakidan kepala rumah tangga yang membiarkan adanya kejelekan (zina) dalam rumah tangganya.”
(H.R Hakim, Baihaqi dan Ahmad).

Jadi salah satu penyebab orang tidak masuk surga adalah durhaka kepada kedua orang tuanya. Dan bisa kita lihat seorang yang durhaka, hidupnya tidak akan berkah dan selalu mengalami berbagai macam kesulitan.

Demikian artikel tentang “Pengertian serta siksaan bagi anak durhaka
Mungkin masih banyak hal yang tidak kami jelasakan secara detail, baik dalil Al Qur’an dan Haditsnya. Untuk lebh jelasnya bisa cek di artikel yang lain. Semoga bermanfaat .

0 Response to "Siksaan Bagi Anak Durhaka | Situs Islami"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah

iklan bawah judul

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah postingan