situs islami Media Informasi Seputar Islami Dan Informasi Seputar Tutorial Blogging, Situs Islami | Hikmah Berpuasa Ramadhan Dan Manfaatnya - Situs Islami

Penting

Bacaan Doa Sholat Hajat dan Artinya-situs islami

Situs Islami | Hikmah Berpuasa Ramadhan Dan Manfaatnya


Situs Islami, Hikmah Berpuasa  Ramadhan Dan Manfaatnya , Padabulan Ramadhan menjadi kewajiban berpuasa bagi yang muslim. Akan tetapi dibalik kewajiban itu ada hikmah dan manfaat menjalankan ibadah puasa.

Bulan Ramadhan menjadi bulan ketaatan, pendekatan diri dan pengampunan dosa.
Dalam sebuah kitab Ihya’ Ulum Ad din karangan Al Imam Al Ghazali menjelaskan beberapa hikmah berpuasa antara lain:
Hikmah Bulan Puasa
• Menundukkan mata dan mencegah dari memperluas pandangan kesemua yang dimakruhkan dan dari apapun yang melalaikan hati untuk berdzikir kepada Allah Swt.
• Menjaga lisan dari dusta, mengumpat dan fitnah
• Menahan telinga  dari mendengar hal-hal yang dimakruhkan.
• Mencegah bagian tubuh yang lain seperti kaki dan tangan dari tindakan-tindakan dosa, Mencegah perut dari memakan makanan haram.
• Membuka hati setelah berbuka bergoncangan tarak houf (takut) dan roja’ (mengharap). Karena ia tidak tahu apa kah puasanya diterima dan ia menjadi orang yang dekat dengan Allah Swt.

Hikmah Berpuasa  Ramadhan Dan Manfaatnya , Dari beberapa hikma diatas yang bisa dapat pahami bahwa berpuasa bukanlah hanya sekedar menahan lapar dan haus saja, melainkan menjaga seluruh tubuh agar tidak melakukan hal-hal yang tidak baik serta menjahui segala larangan-Nya.
Dan di riwayatdalamkitab lain disebutkan :

و منها : أن الصاىْم فى الغالب, تكثر طا عته, و الطاعاة من خصال التقوى
Artinya “Diantaranya pula bahwa orang yang berpuasa pada umumnya banyak melakukan ketaatan, sedangkan ketaatan adalah bagian dari ketakwaan”.

Manfaat berpuasa bagi kesehatan Tubuh.

Dalam sebuah riset dalam ilmu kedokteran, puasa memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita sesuai dengan sabda NabiSAW  صو موا تصحوا Artinya“Berpuasalah, maka kamu akan sehat.”Dan diantara manfaatnya ditinjau dari segi sudut pandang keilmuan antara lain :

• Bermanfaat terhadap jantung dan pembuluh darah. Karna ketika berpuasa , tubuh kita ternyata melakukan peningkatan HDL dan penurunan LDL yang mana haltersebutmenyehatkanbagijantungdanpembuluhdarah

• Mencegah penyakit kronis.Berpuasa dapat mencegah pembentukan kolesterol dan kontraksi empedu yang dapat mengurangi resiko penyakit pembuluh darah, jantung, stroke dan lainya.
• Mengurangi kegemukan. Karna dengan berpuasalah maka berat badan kita secara otomatis akan menurun. Sehingga kita terhindar dari kelebihan lemak pada perut.
• Kekebalan tubuh meningkat. Ketika berpuasa tubuhnya kita bukan akan menjadi lemas, justru malah akan meningkatkan kekebalan tubuh.  Karna ketika berpuasa terjadi peningkatan Limfosit yang berpengaruh terhadap imunitas tubuh.

Demikian artikel mengenai hikmah berpuasa serta manfaatnya yang dikerjakan pada bulan Ramadhan. Untuk lebih jelas dandetailnya bisa di cek di artikel yang lain. Semoga bermanfaat.Wallahua’lambish-shawabi.

0 Response to "Situs Islami | Hikmah Berpuasa Ramadhan Dan Manfaatnya "

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah

iklan bawah judul

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah postingan