situs islami Media Informasi Seputar Islami Dan Informasi Seputar Tutorial Blogging, 5 Tips Mengatasi Komentar Spam di Blog - Situs Islami

Peraturan Google Adsense Yang Wajib Di Ta'ati

Hay Sahabat Blogger, Berjumpa Lagi Dengan Saya Agus Yasin, Yang Selalu Mengupdate Berbagai Tutorial Maupun Tips Untuk Para Blogger, Denga...

5 Tips Mengatasi Komentar Spam di Blog


5 Tips Mengatasi Komentar Spam di Blog, merupakan salah satu fitur yang dimiliki oleh platform dimana fungsinya yaitu untuk memberikan komentar atau pendapat mengenai artkel yang sudah dibuat oleh seorang blogger. Semakin banyak komentar yang masuk menandakan blog tersebut memiliki visitor melimpah dan reputasi yang bagus. Namun terkadang, tidak semua pengunjung datang meninggalkan jejak yang bagus. Komentar spam, negatif, dan tidak pantas sering blogger temukan di kolom komentar.
5 Tips Mengatasi Komentar Spam di Blog
tips mengatasi komentar spam di blog
Komentar spam merupakan komentar berulang yang tentunya sangat mengganggu anda sebagai pemilik. Selain itu, pengunjung terkadang memberikan komentar singkat dan tidak relevan dengan isi postingan misalnya "sip gan",  "mantap gan", "boleh dicoba nih" dan lain sebagainya. Supaya komentar-komentar tersebut tidak lagi datang dan membuat anda merasa terganggu serta tidak nyaman lakukanlah beberapa tips  berikut Ini :

Atasi Komentar Spam

1. Mengaktifkan Moderasi Komentar
Tips pertama ini bisa dikatakan sebagai langkah antisipatif dengan menyaring setiap komentar yang masuk. Artinya, ketika seseorang memberi komentar pada blog kita, komentar tersebut tidak langsung ditampilkan tetapi menunggu persetujuan pemilik blog tersebut. Sebagai author, anda berhak menghapus , atau menandai komentar tersebut sebagai spam. Jika anda pengguna blogger, bisa diatur di pengaturan komentar pada dashboard.

2. Mematikan Link Aktif
Terkadang, para spammer memberikan komentar berupa link aktif yang tentunya kita tidak tau apakah link tersebut benar-benar tidak ada masalah apa-apa. Dengan mengizinkan seseorang melakukan komentar dengan meninggalkan jejak link aktif sebetulnya kita memberikan jalan kepada mereka untuk meningkatkan trafik blog melalui link yang ditanam pada komentar. Namun tidak semua blogger seperti itu, komentar link aktif dianggap sangat mengganggu dab tidak relevan dengan isi artikel. Untuk mengatasinya, gunakan script berikut ini :
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
$(function() {
$('#comments p').find('a').contents().unwrap();
});
//]]>
</script>

3. Beri pesan peringatan diatas komentar
Meskipun cara ini terbilang belum tentu efektif namun tidak ada salahnya untuk anda coba. Beri peringatan kepada pengunjung anda bahwa komentar spam dan negatif tidak akan pernah dipublikasikan di blog ini. Dengan melakukan cara ini, mereka akan berpikir dua kali untuk meninggalkan spam di kolom komentar anda. Jika masih membandel, anda bisa menghapus komentar tersebut.

4. Menggunakan Komentar Disqus
Dengan menggunakan kolom komentar disqus, sejatinya ini menguntungkan bagi anda. Hal ini disebabkan komentar yang masuk pasti langsung disaring dan hanya komentar terbaik dan relevanlah yang akan ditampilkan. Namun pengunjung tentu saja harus memiliki akun Disqus terlebih dahulu atau setidaknya akun facebook supaya bisa berkomentar. Hal ini tentu saja membuat pengunjung merasa kesal dan mudah sekali meninggalkan blog anda.

5. Tidak menggunakan kolom komentar
Cara ini paling efektif karena tidak ada satupun komentar yang masuk. Tetapi sebaiknya jangan dilakukan. Blog anda terkesan sombong karena tidak mau menerima komentar dari orang lain. Padahal belum tentu juga mereka akan meninggalkan kesan yang buruk setelah mengunjungi blog anda.

Berhati-hatilah terhadap spammer blog anda, selalu beri tameng supaya mereka tidak mudah melakukannya. Demikian pembahasan mengenai tips mengatasi komentar spam di blog, semoga bermanfaat.
Baca Juga : Tips Memilih Template Blog Terbaik 2018

0 Response to "5 Tips Mengatasi Komentar Spam di Blog"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah

iklan bawah judul

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah postingan