situs islami Media Informasi Seputar Islami Dan Informasi Seputar Tutorial Blogging, Beberapa Syarat Berkurban yang Harus Anda Ketahui - Situs Islami

Penting

Bacaan Doa Sholat Hajat dan Artinya-situs islami

Beberapa Syarat Berkurban yang Harus Anda Ketahui


Syarat Berkurban yang  Harus Anda Ketahui , Sebagai umat muslim pada perayaan Hari Raya Idul Adha disunnahkan untuk menyembelih hewan ternak seperti sapi, kambing atau unta yang kita kenal sebagai kurban/Qurban. Namun tidak keseluruhan orang dianjurkan untuk melaksanakannya, ada syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi supaya bisa menyembelih dan membagikan daging kurban tersebut kepada orang lain. Selain itu hewan yang akan dikurbankan harus memenuhi kriteria tertentu. Berikut persyaratan harus dipenuhi :
Beberapa Syarat Berkurban yang  Harus Anda Ketahui
syarat berkurban
Syarat Orang yang Dianjurkan Berkurban
1.Islam,
Allah SWT hanya mensyariatkan kurban kepada umat muslim saja. Sementara bagi agama lain, Allah tidak pernah memerintahkannya

2. Baligh dan berakal,
Seseorang yang sudah baligh sangat dianjurkan untuk memenuhi perintah qurban, berbeda dengan anak-anak yang sama sekali tidak diwajibkan untuk melakukannya. Tak hanya itu, orang yang berkurban harus memiliki akal yang sehat, waras , dan tidak dalam keadaan gila.

3. Mampu
Syarat ketiga yaitu mampu. Maksudnya, hanya orang yang memiliki kemampuan secara finansial yang sangat dianjurkan untuk berkurban. Bagi orang yang tidak mampu tidak ada keharusan sama sekali. Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA dari Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Barang siapa mendapatkan kelapangan tetapi tidak melakukan perintah qurban, maka janganlah ia mendekati tempat shalat kami"

Syarat Hewan yang Dikurbankan
1. Hewan yang Dikurbankan Haruslah Binatang Ternak
Tidak semua jenis hewan bisa anda kurbankan. Pilihlah hewan ternak jangan hewan liar yang hidup bebas di alam. Hal ini sesuai dengan Firman Allah SWT dalam penggalan surat Al Hajj ayat 34 yang artinya :
"Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban) agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak.

2. Cara Mendapatkan
Meski anda sudah mendapatkan hewan kurban tak lantas binatang tersebut bisa dijadikan digunakan untuk berkurban. Anda harus tau, darimanakah asal usul hewan tersebut. Jika hewan tersebut adalah hasil curian, janganlah menggunakannya.  

3. Hewan Harus Dalam Keadaan Sehat
Kesehatan hewan menjadi persyaratan yang sangat penting. Kriteria sehat ini memiliki artian hewan yang akan dikurbankan tidak boleh mengalami 4 hal berikut ini yaitu cacat pada bagian matanya (buta), sakit, pincang, serta kurus/tidak memiliki sumsum tulang.

4. Usia Hewan
Ada syarat-syarat tertentu berkaitan dengan usia hewan yang bisa anda kurbankan. Untuk unta diharuskan memiliki usia setidaknya 5 tahun, sapi 2 tahun, dan kambing 1 tahun, serta domba berusia minimal 6 bulan.

5. Hak Hewan Tersebut
Bagi anda yang akan melaksanakan ibadah kurban, janganlah memilih hewan yang diadakan dan juga diwariskan sebelum warisan tersebut dibagikan kepada orang lain.

Jadi, sebagai umat Muslim anda harus mengetahui persyaratan apa saja yang harus dipenuhi supaya qurban yang anda lakukan menjadi sah dan juga sempurna. Demikian artikel mengenai syarat-syarat berkurban, semoga bermanfaat.
Baca Juga : Pengertian Haji dan Syarat-syaratnya yang Harus Dipenuhi

0 Response to "Beberapa Syarat Berkurban yang Harus Anda Ketahui"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah

iklan bawah judul

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah postingan