situs islami Media Informasi Seputar Islami Dan Informasi Seputar Tutorial Blogging, Macam-macam Beasiswa Perguruan Tinggi yang Harus Kamu Ketahui - Situs Islami

Bisnis Online dalam Pandangan Syariat Islam | Situs Islami

Selamat pagi, sinag, sore, malam buat semuanya, bagaimana kabar sobat situs islami kali ini, semoga selalu dalam lindungan allah swt yaa, ...

Macam-macam Beasiswa Perguruan Tinggi yang Harus Kamu Ketahui

Kali ini admin akan memberikan informasi mengenai macam-macam beasiswa di Perguruan Tinggi. Bagi anda seorang mahasiswa ataupun mahasiswi, sesungguhnya mendapatkan bantuan biaya untuk membayar kuliah tidaklah sulit. Jika anda mau mencari, ada banyak jenis bantuan yang bisa anda terima. Bantuan tersebut salah satunya berupa beasiswa. Beasiswa atau yang juga disebut darmasiswa ini diberikan kepada mahasiswa dengan 2 alasan umum. Yang pertama karena prestasi dan yang kedua karena keadaan ekonomi.
macam macam beasiswa
macam macam beasiswa
Jika seorang mahasiswa merupakan anak dari orang tua (maaf) yang kekurangan namun memiliki catatan prestasi yang begitu gemilang dia lebih mudah mendapatkan bantuan beasiswa. Daripada mahasiswa yang tidak memiliki prestasi apa-apa. Beragam macam beasiswa yang bisa anda cari, namun secara umum terbagi menjadi beberapa  macam diantaranya :


A. Berdasarkan Pendanaan
·         Beasiswa Penuh

Beasiswa penuh atau yang juga disebut beasiswa Full Scholarsip membiayai keseluruhan komponen pendidikan bagi yang menerima. Contohnya biaya kuliah, biaya hidup, biaya penelitian, transportasi, akomodasi, dan lain-lain. Contohnya yakni Chevening, Forr Foundation, Australian Development Scholarship (ADS), dan tentu saja beasiswa dari perguruan tinggi itu sendiri.
·         Beasiswa Sebagian
Mahasiswa tidak menerima keseluruhan dana untuk beasiswa sebagian. Pihak pemberi beasiswa menanggung biaya dengan ketentuan tertentu. Contohnya Mahasiswa yang menerima beasiswa tersebut hanya mendapatkan dana untuk biaya kuliah saja, sedangkan biaya hidup ditanggung sendiri.

·         Beasiswa Pemerintah

Saya rasa anda sudah tau tentang beasiswa pemerintah. Benar, darmasiswa ini sudah barang tentu pemerintah yang menawarkannya. Misalnya dari kementerian ataupun lembaga lainnya. Contoh beasiswa ini yaitu beasiswa dari LIPI, Kominfo, dan Kemendikbud.

·         Beasiswa Swasta
Beasiswa Swasta diberikan oleh perusahaan-perusahaan besar yang memiliki ketertarikan dengan dunia pendidikan dan telah menjalin kerja sam dengan universitas tertentu. Beberapa contoh dari beasiswa ini yakni beasiswa Djarum Plua, CIMB Niaga, serta Tanoto Foundation.
·         Beasiswa Komunitas, Yayasan atau Organisasi.

Dilhat dari namanya saja pasti anda sudah bisa mengetahui jika beasiswa ini diberikan oleh kelompok komunitas, yayasan atau organisasi yang berlatar belakang akademik, sosial, atau keagamaan yang peduli terhadap pendidikan, contohnya yaitu The Habibie Center milik mantan Presiden RI ketiga yaitu B.j. Habibie.

·         Beasiswa Negara Maju
Negara lain yang tergolong sebagai negara maju menjalin kerjasama dengan Perguruan Tinggi yang ada di tanah air. Negara-negara tersebut yang memberikan bantuan beasiswa terhadap mahasiswa. Contoh beasiswa ini yaitu Chevening dari Inggris dan Fullbright dari Amerika Serikat, serta Nuffic Neso dari Belanda.

C. Berdasarkan Jenis
·          Beasiswa Penghargaan

Jika anda tergolong mahasiswa berprestasi dan memiliki nilai IPK yang cukup tinggi, maka tidak ada salahnya mencoba untuk mengajukan permohonan beasiswa penghargaan. Standardisasinya berupa IPK minimal 3,5 (bisa kurang tau lebih tergantung pemberi beasiswa). Selain itu bagi seorang lulusan SMA yang ingin mendaftar ke suatu perguruan tinggi, ia bisa mendaftar melalui jalur prestasi dengan rekomendasi dari sekolah.  Calon mahasiswa bisa mengajukan permohonan beasiswa seperti bidik misi.

·         Beasiswa Bantuan
Seseorang yang memiliki latar belakang ekonomi yang kurang mampu akan mendapatkan beasiswa jenis ini. Bukan hanya sekedar tidak mampu saja, tetapi calon penerima juga memiliki prestasi akademik di kampusnya. Salah satu contohnya yaitu Bantuan Belajar Mahasiswa.

·         Beasiswa Non Akademik
Jenis yang terakhir adalah beasiswa non akademik. Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi di bidang non akademik, seperti senu dan  olahraga. Beasiswa ini bisa diperoleh ketika akan masuk ke perguruan tinggi dan/ sudah menjadi mahasiswa di perguruan tinggi tersebut.

Itulah beberapa jenis beasiswa perguruan tinggi yang sebaiknya kamu ketahui, terutama teruntuk bagi mahasiswa dan mahasiswi, semoga bermanfaat.

0 Response to "Macam-macam Beasiswa Perguruan Tinggi yang Harus Kamu Ketahui"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah

iklan bawah judul

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah postingan