situs islami Media Informasi Seputar Islami Dan Informasi Seputar Tutorial Blogging, Manfaat Berkurban bagi Umat Muslim - Situs Islami - Situs Islami

Penting

Bacaan Doa Sholat Hajat dan Artinya-situs islami

Manfaat Berkurban bagi Umat Muslim - Situs Islami


Manfaat Berkurban bagi Umat Muslim- Berkurban merupakan salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat muslim tepatnya setelah pelaksanaan sholat Idul Adha. Pada saat itu umat muslim menyembelih hewan ternak seperti domba, kambing, sapi, atau unta. Menurut kisah, perintah berkurban berawal dari kisah Nabi Ibrahim a.s. yang diperintah Allah SWT untuk menyembelih anaknya, Ismail. Tentu anda pasti mengerti tentang sejarah tersebut. Tak hanya sekedar sembelih hewab saja, tetapi kegiatan tersebut memiliki banyak sekali manfaat yang harus anda ketahui.
Manfaat Berkurban bagi Umat Muslim - Situs Islami
manfaat berkurban
Manfaat Berkurban

1. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT
Berkurban dapat membuat kita lebih mendekatkan diri kepada Allah. Hal ini sesuai  dengan Kurban yang berasal dari kata qaruba yang artinya dekat. Melakukannya berarti sama halnya anda melakukan ibadah yang merupakan salah satu bentuk pendekatan diri kepada Allah SWT dan pengingat manusia untuk segera insaf.

2. Meningkatkan Rasa Kasih Sayang
Rasa kasih sayang seorang manusia salah satunya bisa diwujudkan dengan memberikan sesuatu kepada sesama. Membagikan daging hewan kurban kepada si miskin dapat merekatkan hubungan, sebagai wujud kebersamaan, kerukunan, dan saling silaturahmi.

3. Mensucikan Rezeki
Anda boleh saya memiliki harta yang begitu melimpah, banyak uang, rumah, mobil dan juga harta-harta yang lainnya. Tetapi tidak sepantasnya anda tinggi hati, semua harta yang dimiliki tidak sepenuhnya milik anda, tetapi ada orang lain yang juga membutuhkannya. Karena hal itu Allah SWT mengingat umat manusia terutama yang memiliki banyak rezeki untuk membagikan sebagian hartanya salah satunya dalam bentuk berkurban. Dengan begitu orang lain benar-benar merasa terbantu dan teringankan bebannya.

4. Meneladani Kisah Nabi Ibrahim a.s.
Kurban tentu saja tidak bisa lepas dari kisah Nabi Ibrahim a.s. yang diperintah untuk menyembelih putranya. Hal ini memberikan pelajaran bagi anda bahwa perintah Allah harus benar-benar dikerjakan sekalipun harus mengorbankan sesuatu yang berharga di dalam hidup kita. Cerita ini telah dijelaskan dalam Alquran Surah Ash Shaffat ayat 102 yang artinya :
"Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya, (Ibrahim) berkata, Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu! Dia (Ismail) menjawab, Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu; insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar." (QS. As-Saffat ayat 102)

5. Sebagai Bentuk Rasa Syukur
Memiliki banyak harta tentu saja harus disyukuri bagi siapapun yang memilikinya. Bersyukur tidak hanya sekedar di mulut saja dengan mengucapkan Alhamdulillah, tetapi bisa dilakukan dengan mengeluarkan harta kita untuk hal-hal yang menjadi perintah Allah SWT. Dengan berkurban, insyaallah Tuhan akan melimpah gandakan rezeki kita.

Itulah kelima manfaat berkurban bagi umat muslim yang harus anda ketahui, melihat banyaknya keuntungan tersebut masihkah anda enggan untuk melaksanakannya?
Baca Juga : Pengertian Kurban dan Keutamaannya bagi Umat Muslim

0 Response to "Manfaat Berkurban bagi Umat Muslim - Situs Islami"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah

iklan bawah judul

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah postingan