situs islami Media Informasi Seputar Islami Dan Informasi Seputar Tutorial Blogging, Latar Belakang Terjadinya Peristiwa Perang Badar - Situs Islami

Peraturan Google Adsense Yang Wajib Di Ta'ati

Hay Sahabat Blogger, Berjumpa Lagi Dengan Saya Agus Yasin, Yang Selalu Mengupdate Berbagai Tutorial Maupun Tips Untuk Para Blogger, Denga...

Latar Belakang Terjadinya Peristiwa Perang Badar


Situsislami.net-Perang Badar atau yang juga disebut sebagai "ghazwat badr" di dalam bahasa arab merupakan pertempuran besar pasukan muslim melawan musuh untuk pertama kalinya. Pertempuran ini terjadi pada tanggal 13 Maret 624 Masehi dan melibatkan sekitar 1313 orang yang mengikuti perang. Dengan rincian pasukan muslimin berjumlah 313 orang dab pasukan quraisy berjumlah 1000 orang. Dalam pertempuran ini pasukan muslimin berhasil meraih kemenangan dan memaksa pasukan Quraisy  mundur dalam kekacauan.
Latar Belakang Terjadinya Peristiwa Perang Badar
ilusi gambar  perang badar
Latar Belakang Perang Badar

1.  Peristiwa Dzul Usyairah
Perang Badar dilatarbelakangi oleh peristiwa Dzul Usyairah yang terjadi pada Jumadil Ula dan Jumadil Akhir tahub 2H (623M). Pada saat itu kafilah dagang Quraisy dilarang memasuki Syam dikarenakan Rasulullah mendengar kabar jika kafilah Quraisy membawa harta rampasan dari kaum Muhajirin ketika masih nerada di Mekkah. Saat rombongan Rasulullah telah tiba di Dzul Usyairah, kaum Quraisy sudah terlebih dahulu melewati tempat tersebut sebelumnya. Rasulullah kemidiy mencari kafilah ini setelah kepulangan dari Syam. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab terjadinya perang Badar.

2. Pengusiran Kaum Muslimin
Sudah sejak lama permusuhan antara kaum muslimin dan kaum Quraisy ini terjadi. Bahakan sejak Rasulullah menyampaikan risalah dakwah, kaum Quraisy telah menabuhkan genderang perang. Mereka sering melakukan penyiksaan terhadap kaum muslimin, merampas harta benda sahabat nabi. Mereka seakan sama sekali tidak memiliki perikemanusiaan. Atas penyiksaan ini kaum muslimin terpaksa melarikan diri dan memohon perlindungan dan keridhaan  kepada Allah SWT. Bahkan kaum Quraisy berani merampas dan menguasai harta benda milik Shuhaib yang merupakan pendamping setia Rasulullah dengan syarat Shuhaib diizinkan hijrah ke Madinah.

3. Penindasan Terhadap Umat Islam di Kota Madinah
Tak hanya di kota Mekkah saja tetapi juga berlanjut ketika kaum muslimin berada di kota Madinah. Di bawah pimpinan Kurz bin Habbab Al Fihri mereka melakukan provokasi dengan menyerang, meneror, dan menguasai harta beda kaum muslimin. Bahkan penindasan ini semakin menjadi-jadi aehingga membuat umat muslim sudah tidak bisa menerimanya. Buntut panjang dan penindasan ini yakni adanya perlawanan dari kaum musliman.  Berawal dari perang kecil hingga terjadi perang Badar yang melibatkan banyak pasukan. Dalam pertempuran ini 14 orang dari umat Islam tewas, sementara itu sekitar 60 orang tewas dan 50 tertawan dari kaum Quraisy. Itulah sedikit cerita yang melatarbelakangi terjadinya Perang Badar dimana saat itu terjadi tepat pada Bulan Ramadhan.
Baca Juga : Latar Belakang Terjadinya Perang Dingin

0 Response to "Latar Belakang Terjadinya Peristiwa Perang Badar"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah

iklan bawah judul

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah postingan