situs islami Media Informasi Seputar Islami Dan Informasi Seputar Tutorial Blogging, cara mengkafani jenazah-situs islami - Situs Islami

Peraturan Google Adsense Yang Wajib Di Ta'ati

Hay Sahabat Blogger, Berjumpa Lagi Dengan Saya Agus Yasin, Yang Selalu Mengupdate Berbagai Tutorial Maupun Tips Untuk Para Blogger, Denga...

cara mengkafani jenazah-situs islami


Cara mengkafani jenazah – berbicara tentang mengkafani jenazah tentunya kita tidaklah lepas dari yang namanya mayat atau orang meninggal, pada hakikatnya semua manusia yang ada di bumi ini akan mengalami yang namanya meninggal dunia. Seiring dengan berjalannya waktu orang yang faham dalam mengkafani seorang mayit, tidak akan selalu mengkafani mereka akan tiba waktunya juga untuk di kafani, dan kitalah yang akan menjadi ppenerusnya.
cara mengkafani jenazah
ilusi mengkafani jenazah
Dalam artikel ini saya mencoba berbagi dan menulis tata cara lengkapnya tentang mengkafani jenazah, dalam mengkafani jenazah tersebut ada beberapa hal penting yang harus kita benar benar perhatikan dan juga kita harus berhati hati saat mengkafani jenazah atau juga memandikan jenazah. Berikut cara lengkapnya :

Ukuran kain kafan yang akan di gunakan untuk mengkafani jenazah
Mengkafani Jenazah Dengan Benar - Ukuran ini sangatlah penting saat kita akan mengkafani jenazah, jadi sebelum mengkafani simayit tersebut, silahkan ukur lebar tubuh jenazahnya, jika tubuh jenazah tersbut 30cm, maka lebar kain kafan yang harus di sediakan alahah 90cm. 1:3

Untuk Ukuran tinggi tubuh jenazah adalah
1. Jika tubuh jenazahnya tinggi 180 cm, maka kain kafannya di tambah 60cm.
2. Jika tubuh jenazahnya tinggi 150 cm, maka kain kafannya ditambah 50 cm.
3. Jika tubuh jenazah tingginya 120 cm, maka kain kafannya ditambah 40 cm.
4. Jika tubuh jenazah tingginya 90 cm, maka kain kafannya ditambah 30 cm.
5. note : Tambahan panjang kain kafan bermaksud agar mudah mengikat bagian atas kepalanya dan bagian bawahnya.

Tata Cara Mengkafani Jenazah laki-laki
Untuk Jenazah laki-laki dibalut dengan tiga lapis kain kafan. refrensi Berdasar dengan hadits.
“Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi Wasallam dikafani dengan 3 helai kain sahuliyah yang putih bersih dari kapas, tanpa ada baju dan serban padanya, beliau dibalut dengan 3 kain tersebut.

Cara menyiapkan tali pengikat kain kafan Untuk Jenazah
1. untuk Panjang tali pengikat silahkan sesuaikan dengan lebar tubuh dan ukuran kain kafan yang ada. Misalkan lebarnya 60 cm maka panjangnya harus 180 cm.
2.kemudian Siapkan Sebanyak 7 tali pengikat untuk jenazahnya. (untuk jumlah tali usahakan ganjil ya). Dan Kemudian dipintal dan letakkan dengan jarak yang sama diatas usungan jenazah.

Cara mempersiapkan kain kafan.
3 helai kain kafan diletakkan sama rata diatas tali pengikat yang sudah lebih dahulu di lakukan , dan di letakkan diatas usungan jenazah, dengan cara menyisakan lebih panjang di bagian kepalanya sang jenazah.

Cara mempersiapkan kain untuk penutup aurat jenazah
1. silahkan Sediakan kain dengan panjang kurang lebih 100 cm dan juga  lebar 25 cm ( catatan : untuk mayyit yang mempunyai ukuran lebar 60 cm dan tinggi 180 cm), silahkan potong dari atas dan dari bawah sehingga bentuknya persis seperti popok bayi.
2. selanjutnya letakkan diatas ketiga helai kain kafan tadi, tepat dibawah tempat duduk sang  mayyit,jangan lupa letakkan pula potongan kapas diatasnya.
3. trakhir berilah minyak wangi/ wewangian dan kapur barus diatas kain penutup aurat tersebut dan kain kafan yang  melekat pada tubuh mayyit tersebut.

Cara Memakaikan Kain Penutup Auratnya untuk jenazah
1. Silahkan Angkat dan Pindahkan jenazah, kemudian bubuhi tubuh mayyit dengan wewangian atau sejenisnya. Dan Bubuhi anggota-anggota sujudnya.
2. Kemudian Sediakan kapas yang sudah diberi wewangian dan letakkan pada lipatan-lipatan tubuh seperti ketiak dan yang lain sebagianya.
3. Dan Letakkan kedua tangannya  sejajar dengan sisi tubuhnya, Kemudian ikatlah kain kafan penutup tersebut sebagaimana memopok bayi dimulai dari sebelah kanan dan ikatlah dengan baik dan benar secara berkala.

Cara Membalut Kain Kafan Untuk Jenazah
1. silahkan Mulailah dengan melipat lembaran pertama kain kafan sebelah kanan terlebih dahulu, kemudian balutlah dari kepala hinggai kaki .
2. Demikian lakukan denngan lembaran kain kafan ynag sudah di sediakan yang kedua dan yang ketiga.

Cara mengikat tali-tali pengikat pada jenazah.
1. silahkan mulai dari dengan mengikat tali pada bagian atas kepala jenazah dan sisakan kain pada bagian atas dan yang lebih itu dilipat kewajahnya kemudian diikat dengan sisa tali itu sendiri yang sudah siapkan.
2. Pada bagian ini ikatlah tali di bawah kaki dan sisa kain kafan bagian bawah yang lebih itu dilipat kekakinya Guna diikatkan dengan sisa tali itu sendiri.
3. Setelah itu ikatlah kelima tali yang lain dengan jarak yang sama rata. Perlu diperhatikan dan ini bersifat sangat penting, Untuk mengikat tali tersebut jangan sampai terlalu kencang dan usahakan ikatannya terletak disisi sebelah kiri tubuh, agar mudah dibuka ketika jenazah dibaringkan kesisi sebelah kanan pada saat jenazah di kuburkan.


Cara Mengkafani Jenazah Wanita
Untuk Jenazah wanita itu dibalut dengan lima helai/lima lapis kain kafan.yang Terdiri atas : Dua helai/2 kain kafan, dan baju kurung dan selembar sarung serta kerudungnya. Jika ukuran lebar tubuh jenazahnya 50 cm dan tingginya badannya berkisar 150 cm, maka kita harus sesuaikan lebar kain kafannya sekitar 150 cm dan panjangnya 150 ditambah 50 cm.

Untuk  panjang tali kafan/ tali pengikatnya adalah berkisar 150 cm, dan sediakanlah sebanyak tujuh ikat tali kain kafan jenazah,dan kemudian dipintal dan lalu letakkan sama rata di atas usungan jenazah tersebut. Kemudian dua kain kafannya lagi, diletakkan sama rata diatas tali kain kafan jenazah tersebut dengan menyisakan lebih agak lebih panjang dibagian kepala jenazah.

Cara Lengkap mempersiapkan baju kurung untuk jenazah wanita
1. silahkan Ukur terlebih dahulu jenazahnya mulai dari pundak sampai kebetisnya, kemudian ukuran tersebut dikalikan dua, dan siapkanlah kain baju kurungnya yang sesuai dengan ukuran sang jenazah tersebut.
2. Lalu buatlah beberapa potongan kerah tepat ditengah-tengah kain kafan tersebut,  agar nantinya mudah dimasuki kepala sang jenazah tersebut.
3. terakhir Setelah dilipat dua, biarkanlah lembaran baju kurung bagian bawah terbentang seperti biasa, dan lipatkanlah lebih dulu lembaran pada atasnya.

Cara mempersiapkan kain sarung Untuk Jenazah
Untuk Ukuran kain sarung  adalah : lebar 90 cm dan panjang sekitar 150 cm. Kemudian kain sarung tersebut dibentangkan diatas bagian atas baju kurung yang tadi sudah di pasangkan ke jenazah.

Cara mempersiapkan kerudung Jenazah.
Ini sangat penting sekali untuk kita ketahui, Ukuran kerudung jenazah wanita adalah 90 cm x90 cm. Kemudian kerudung tersebut dibentangkan diatas bagian atas baju kurung.
Cara mempersiapkan kain penutup aurat.
1. Sediakanlah kain dengan panjang 90 cm dan lebar 25 cm/sesuaikan dengan keperluan jenazahnya.
2. kemudian Potonglah dari atas dan juga dari bawah seperti popok bayi.
3. Dan letakkanlah diatas kain sarungnya tepat dibawah tempat duduknya si jenazah,jangan lupa letakkan juga potongan kapas diatasnya.
4. trakhir silahkan  bubuhilah wewangian dan kapur barus diatas kain penutup aurat dan kain sarung serta baju kurungnya.
Oke demikian yang bisa saya jelaskan, mungkin sangat banyak sekali kekurangan atau kesalahan tentang : cara mengkafani jenazah, mohon untuk saran dan kritikannya melalui komentar di bawah, semoga bermanfaat
Baca Juga : Kelahiran Nabi Isa a.s. Tanpa Seorang Ayah

0 Response to "cara mengkafani jenazah-situs islami"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah

iklan bawah judul

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah postingan