situs islami Media Informasi Seputar Islami Dan Informasi Seputar Tutorial Blogging, Kisah 25 Nabi Dan Rasul yang Harus Kamu Ketahui (Part 1) - Situs Islami

Penting

Bacaan Doa Sholat Hajat dan Artinya-situs islami

Kisah 25 Nabi Dan Rasul yang Harus Kamu Ketahui (Part 1)


Kisah 25 Nabi Dan Rasul yang Harus Kamu Ketahui , Meskipun telah banyak diceritakan, namun nyatanya banyak dari umat muslim yang belum mengetahui atau mungkin lupa dengan kisah-kisah Rasul yang merupakan manusia terbaik pilihan Allah SWT. Rasul diberi tugas oleh Allah SWT untuk memperbaiki akhlaq dan menyampaikan wahyu kepada seluruh umat manusia. Setiap Rasul memiliki kisah yang tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Bahkan menurut kisah ada 5 Rasul yang mendapatkan gelar "Ulul Azmi" yaitu Rasul yang memiliki ketabahan yang luar biasa. Nabi Nuh a.s, Nabi Ibrahim a.s, Nabi Musa a.s, Nabi Isa a.s, dan Nabi Muhammad SAW. Pada bagian pertama ini admin akan membagikan kisah 5 Rasul terlebih dahulu.
nama dan kisah 25 nabi dan rosul
nama dan kisah 25 nabi dan rosul
1. Nabi Adam
Nabi Adam merupakan manusia pertama yang diciptakan Allah SWT. Sebelum itu Allah berkata kepada Malaikat bahwa akan ada khalifah yang akan diciptakan di muka bumi ini. “Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” (Surah Al Baqarah Ayat 30). Malaikat merasa tidak setuju karena dikhawatirkan manusia akan membuat kerusakan di bumi sama seperti apa yang sudah dilakukan oleh jin/setan. Sederet pertanyaan yang diajukan oleh malaikat, Allah pun membalas "Sesungguhnya, Aku lebih mengetahui apa yang tidak kamu ketahui"

Nabi Adam diciptakan dari segumpal tanah, setelah tumbuh menjadi manusia Allah memerintahkan kepada para Malaikat dan iblis untuk bersujud kepada Nabi Adam, namun dengan sombongnya iblis enggan bersujud karena menganggap dirinya lebih hebat dari Adam yang hanya diciptakan dari tanah, sedangkan iblis dari api. Atas tindakannya tersebut terkutuklah iblis dan Allah menjadikannya sebagai penghuni neraka. Iblis menyetujui namun memberikan sumpah yang berbunyi :
“Demi kekuasaan Engkau, aku akan menyesatkan mereka semuanya, kecuali hamba-hamba-Mu yang ikhlas di antara mereka.” (Surah  Shaad ayat 82-83)

Adam yang hidup seorang diri akhirnya memiliki pendamping setelah Allah SWT menciptakan manusia kedua yakni Hawa yang diciptakan dari tulang rusuknya. Hidup bersama Hawa, Allah telah melarang keduanya untuk tidak memakan buah khuldi. Adam dan Hawa pun menyanggupinya dan berjanji tidak akan bersentuhan dengan bunga tersebut. Namun bukan iblis namanya jika tidak menggoda dan menyesatkan manusia. Dia merayu Nabi Adam dengan mengatakan buah khuldi merupakan buah yang bisa membuat mereka berdua kekal dan abadi di surga. Akhirnya mereka tergoda dan Allah SWT murka dan mengusir mereka dari surga.

2. Nabi Idris
Nabi Idris merupakan nabi utusan Allah SWT yang ditugaskan untuk memberikan risalah kepada umat manusia. Dikisahkan pada masa Nabi Isa hidup, banyak pengikutnya yang jauh dari Allah dan berbuat maksiat. Allah pun memberikan azab berupa kemarau berkepanjangan sehingga membuat mereka merasa kelaparan dan kehausan. Nabi Idris pun memohon kepada Allah untuk menghentikan semua cobaan ini dan akhirnya hujan pun turun sebagai tanda dikabulkannya permohonan tersebut.

Dikisah yang lain Nabi Idris selalu beribadah bersama Malaikat Jibril hingga suatu saat Idris mengajukan permohonan untuk bisa menikmati surga dan melihat neraka. Malaikat pun menyetujui dan mengajak Idris ke neraka terlebih dahulu. Sesampainya disana Nabi Idris merasa kaget dan tubuhnya begitu lemas. Ia begitu takut dan cepat meninggalkan tempat menyeramkan tersebut. Berbeda saat ia melihat surga, hatinya begitu tentram. Bahkan ia diizinkan untuk meminum air yang begitu lezat. Merasa betapa istimewanya tempat tersebut, Nabi Idris enggan untuk kembali hingga akhirnya Allah pun memberikan tempat terbaik untuk Nabi Idris ke langit keempat

3. Kisah Nabi Nuh
Nabi Nuh terkenal akan kisahnya yang membuat perahu atas perintah Allah SWT. Semula ia ditertawakan oleh banyak orang karena dianggap melakukan pekerjaan yang konyol. Tapi Nabi Nuh tetap berjuang hingga perahu besar tersebut selesai dibuat dalam jangka waktu 40 tahun. Hingga waktunya tiba Nabi Nuh memerintahkan kaumnya untuk menaiki perahu besar tersebut. Jibril pun turun ke bumi dan membawa berbagai hewan secara berpasangan. Menurut riwayat, hewan yang pertama kali naik yaitu burung kakak tua dan yang terakhir yaitu keledai.

Nabi Nuh memiliki seorang anak yang selama ini berpura-pura menjadi seseorang yang beriman di depannya. Saat badai dan banjit besar terjadi semuanya terbongkar, ia enggan ikut ayahnya untuk menaiki bahtera (sebutan perahu besar yang dibuat oleh Nabi Nuh a.s.).
"Dan kapal itu berlayar membawa mereka ke dalam gelombang laksana gunung-gunung. Dan Nuh memanggil anaknya, ketika dia (anak itu) berada di tempat yang jauh terpencil, Wahai anakku! (Kan'an) Naiklah (ke kapal) bersama kami dan janganlah engkau bersama orang-orang yang kafir."(QS. Hud Ayat 42).

Kan'an pun ikut tenggelam bersama orang kafir lainnya termasuk juga Ibunya. Nabi Nuh benar-benar tidak mengerti  mengapa ini bisa terjadi. Akhirnya Allah memberikan petunjuk bahwa selama ini ia tidak mengetahui bahwa Kan'an bukanlah Seseorang yang beriman.. Mengetahui hal tersebut, Nabi Nuh memohon ampun kepada Allah dan Allah pun mengabulkan doanya dengan menyurutkan banjir yang sudah terjadi. Nabi Nuh dan pengikutnya yang beriman pun memulai kehidupan baru lagi yang lebih baik.

4. Kisah Nabi Hud
Nabi Hud a.s. diangkat menjadi seorang Rasul pada usia 40 tahun. Memiliki kaum yang bernama 'Aad yang hidup aman, makmur, dan penuh kebahagiaan. Mereka (kaum Nabi Nuh a.s.) diberikan kelebihan fisik yang tinggi besar dan juga umur yang panjang. Namun hal itu bukan membuat mereka bersyukur, tetapi semakin jauh dari Allah. Kaum 'Aad akhirnya diberi azab berupa kemarau yang berkepanjangan, air semakin berkurang dan kering kerontang.

Bukannya bertobat, kaum 'Aad malah semakin ingkar dan menganggap bahwa bencana yang selama ini terjadi disebabkan oleh Nabi Hud yang dianggap sebagai pembawa sial. Allah pun semakin murka dan memberi azab tambahan berupa angin topan yang menghancurkan mereka semua
"Allah menimpakan angin itu kepada mereka selama tujuh malam delapan hari secara terus-menerus; maka kamu melihat kaum `Ad pada waktu itu mati bergelimpangan layaknya  batang-batang pohon kurma yang telah kosong (lapuk)." (QS. Al-Haqqah Ayat 7)

Namun bagi mereka yang beriman, Allah menyelamatkannya dengan membawa mereka bersama Nabi Hud tinggal di suatu tempat. Semua hidup bahagia disana dengan beribadah kepada Allah hingga akhir hayat.

5. Kisah Nabi Sholeh
Kisah Nabi Sholeh sejatinya tidak begitu jauh berbeda dengan apa yang terjadi dengan Nabi Hud. Beliau memiliki pengikut yang disebut kaum tsamud. Awalnya kehidupan mereka begitu tentram bahagia. Dianugerahi kecerdasan, kebahagiaan, dan juga harta yang berlimpah. Semula mereka selalu beribadah kepada Allah SWT sampai akhirnya iblis berhasil menggoda mereka untuk semakin jauh terhadap perintah-Nya.

Mereka pun menyembah berhala dan tidak memedulikan apapun dakwah yang telah diberikan oleh Nabi Sholeh. Bahkan suatu saat Nabi Shaleh ditantang untuk membuktikan kerasulannya dengan mengubah bongkahan batu menjadi seekor unta besar. Atas izin Allah, cukup dengan memukul batu tersebut, unta pun muncul dihadapan mereka. Semua terperanga dengan semua yang terjadi. Bahkan unta ini bisa mengeluarkan susu yang tiada habisnya meski sering diperah oleh banyak orang.

Karena unta ini merupakan mukjizat dari Allah maka Nabi Sholeh melarang siapa pun untuk membunuhnya. Namun ada 9 orang yang memang dikenal sebagai penjahat kelas kakap pada masa itu. Mereka telah berencana membunuh unta tersebut sekalipun dalam keadaan yang mabuk.
"Maka mereka memanggil kawannya, lalu ia menangkap (unta itu) dan memotongnya."(QS. Al-Qamar Ayat 29)

Mengetahui pembunuhan tersebut, Nabi Shaleh murka dan mengatakan bahwa kaumnya akan diberi azab dalam jangka waktu tiga hari kedepan. Nabi Shaleh mengajak kaumnya yang beriman untuk pergi dari sana. Mereka kaum yang ingkar merasa berhasil telah mengusir Nabi Shaleh. Allah pun memberikan azab kepada mereka sesuai apa yang sudah dijelaskan pada Surah Al-A'raaf ayat 78
“Karena itu mereka ditimpa gempa. Karena itu, jadilah mereka mayat-mayat yang bergelimpangan di tempat tinggal mereka."

Kisah ini tentu saja mengingatkan akan kisah Nabi Hud dimana pengikut yang ingkar diberi azab sementara yang taat diselamatkan oleh Allah SWT. Demikian pembahasan kelima kisah Rasul, dan pada part 2 admin akan menyampaikan kisah sebanyak 10 Rasul untuk anda.
Baca juga : Perbedaan Kurban dan Aqiqah yang Wajib Anda Ketahui

0 Response to "Kisah 25 Nabi Dan Rasul yang Harus Kamu Ketahui (Part 1)"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah

iklan bawah judul

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah postingan