situs islami Media Informasi Seputar Islami Dan Informasi Seputar Tutorial Blogging, Kisah Nabi Dan Rasul Allah Part 2 - Situs Islami

Peraturan Google Adsense Yang Wajib Di Ta'ati

Hay Sahabat Blogger, Berjumpa Lagi Dengan Saya Agus Yasin, Yang Selalu Mengupdate Berbagai Tutorial Maupun Tips Untuk Para Blogger, Denga...

Kisah Nabi Dan Rasul Allah Part 2


Pada pembahasan kali ini, admin akan melanjutkan tentang kisah Rasul yang sebelumnya telah dibahas sebanyak 5 Rasul. Pada artikel ini cerita 5 Rasul akan disampaikan. Berikut adalah kisahnya :
ilusi gambar para nabi dan rosul
ilusi gambar para nabi dan rosul
Nabi Ibrahim a.s.
Kisah Nabi Ibrahim yang terkenal dengan kisahnya yang tahan ketika dibakar dengan api yang sangat panas. Beliau memiliki seorang ayah yang berprofesi sebagai penyembah berhala. Ayah Ibrahim begitu jauh dengan Allah sekalipun anaknya berulang kali mengingatkan, tetapi berhala Masih saja dan selalu disembah. Pernah suatu ketika, ketika seorang Raja bernama Namrud  pergi bersama yang lainnya berburu, Nabi Ibrahim masuk ke dalam tempat berhala untuk disimpan lalu ia menghancurkannya hingga sehancur-hancurnya.

Ketika pulang, Raja Namrud dan pengiringnya pun terkaget-kaget melihat berhala yang selama ini mereka sembah kini hancur tak bersisa. Semua tau jika Nabi Ibrahim yang paling menentang penyembahan berhala, lantas mereka pun membawa Ibrahim di hadapan Sang Raja. Sang Nabi pun diinterogasi oleh Namrud mengenai penghancuran berhala yang sudah terjadi, namun tetap saja Ibrahim mengelak dan mengatakan bahwa berhala yang paling besar menjadi penyebabnya.

Merasa tidak terima, Raja Namrud pun memerintahkan siapa saja untuk membunuh Nabi Ibrahim dengan cara dibakar. Namun dengan kekuasaan Allah melalui Firman-Nya yang artinya :
"Hai api! Hendaklah dingin dan selamatkan Ibrahim." (Q.S. Al-Anbiya ayat 69). Setelah api tersebut padam, Nabi Ibrahim tidak terluka sedikitpun. Tentu hal ini merupakan mukjizat dari Allah yang luar biasa kepada Nabi Ibrahim a.s.

7. Nabi Luth a.s.
Nabi Luth a.s. merupakan Rasul Allah yang ditugaskan untuk menyampaikan dakwah di negeri Sadum. Pada masa itu, penduduk kaum Sadum memiliki akhlaq yang sangat buruk, perbuatan maksiat merajalela, pengkhianatan, hingga penyamunan selalu terjadi di negeri tersebut. Melihat perbuatan kaumnya, Nabi Luth tidak menyerah dan terus memberikan dakwah untuk menjauh hal-hal yang membuat manusia jauh dari Allah SWT. Beliau berkata kepada mereka
"dan kamu tinggalkan (perempuan) yang diciptakan Tuhan untuk menjadi istri-istri kamu? Kamu (memang) orang-orang yang melampaui batas." (QS. Asy-Syu'ara' Ayat 166)

Bukannya bertobat, mereka masyarakat negeri Samud justru melawan dan semakin membenci Nabi Luth.
"Mereka menjawab, Wahai Lut! Jika engkau tidak berhenti, engkau termasuk orang-orang yang terusir." (QS. Asy-Syu'ara'  Ayat 167)
Kesesatan yang dilakukan oleh kaumnya tidak membuat Luth menyerah untuk menyampaikan dakwah. Merasa terganggu dengan kehadirannya, kaum Nabi Luth yang ingkar kepada Allah mengusirnya dari Samud. Bahkan istrinya pun lebih memilih ingkar dan tidak mengikuti ajakan dari suaminya. Hingga pada masanya Allah pun murka dan memberikan azab bagi penduduk negara Samud, namun sebelum azab itu terjadi Nabi Luth keluar terlebih dahulu bersama. Akhirnya, negeri yang selama ini dijadikan ladang berbuat maksiat menjadi hancur tak bersisa.

8. Kisah Nabi Ismail a.s.
Kisah Nabi Ismail tentu saja mengingatkan kita akan sejarah bagaimana kurban bisa terjadi. Jadi, pada saat itu Nabi Ibrahim a.s. yang merupakan ayah dari Nabi Ismail mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk menyembelih putranya. Perintah tersebut disampaikan oleh Allah SWT melalui mimpinya. Dalam Alquran, Allah SWT berfirman :
“Maka ketika anak itu sampai (pada umur) sanggup berusaha bersamanya. (Ibrahim) berkata, Wahai anakku! Sesungguhnya aku bermimpi bahwa aku harus menyembelihmu. “Maka pikirkanlah pendapatmu! Dia (Ismail) menjawab, “Wahai ayahku! Lakukanlah apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu; Insyaallah engkau akan mendapatiku termasuk orang yang sabar.” (Q.S. As-Saffat ayat 102).

Selanjutnya Nabi Ibrahim pun melaksanakan perintah Allah dengan menyembelih Nabi Ismail. Namun belum sampai parang membelah leher Ismail, Malaikat datang dengan membawa seekor kambing besar  untuk mengantikan Ismail. Peristiwa itulah yang menjadi awal perintah ibadah Qurban pada saat ini.

9. Kisah Nabi Ishaq a.s.
Kisah Nabi Ishaq tidak terlalu terlihat karena memang di Alquran nama Ishaq jarang disebut. Kecuali pada beberapa surah di dalam Alquran. Secara silsilah sendiri, Nabi Ishaq merupakan putra Nabi Ibrahim dari istrinya yang bernama Siti Sarah. Siti Sarah sendiri baru dikaruniai seorang anak ketika usianya sudah sangat begitu tua.  Allah SWT berfirman pada Surah Shood ayat 45-47
Perhatikanlah riwayat hamba-hamba Kami, Ibrahim, Ishaq, dan Ya'kub. Semuanya mempunyai kekuatan-kekuatan yang hebat dan pemandangan luas. Kami mensucikan mereka dengan kesucian yaitu mengingat Kami dan kampung akherat. Sesungguhnya mereka itu, pada sisi Kami termasuk golongan orang-orang baik.

Menurut keterangan lain pula bahwa Nabi Ishaq memiliki keturunan yang akan menjadi Nabi dan pemimpin bangsa Israil.

10. Kisah Nabi Yusuf
Nabi Yusuf a.s. dikenal sebagai Nabi yang memiliki wajah yang sangat tampan. Ketika ia masih kanak-kanak saudaranya membuangnya ke dalam sumur karena merasa iri dengan Yusuf yang mendapatkan kasih sayang lebih dari ayah mereka. Saat ia tumbuh menjadi dewasa, Allah SWT menganugerahkan Yusuf dengan kemampuan melihat dan  mengendalikan mimpi. Nabi Yusuf menjadi sosok yang begitu dikagumi.

Hingga suatu saat hadirlah sosok wanita yang bernama Zulaikha yang begitu tertarik dengan Nabi Yusuf. Wanita tersebut terus saja menggoda. Namun keimanan yang kuat dari Nabi Yusuf membuat dirinya sama sekali tidak tergoda. Bahkan wanita tersebut pernah menyampaikan sesuatu kepada suaminya bahwa Yusuf telah memperkosa dirinya. Tentu saja kebenaran yang akan selalu benar, ucapan wanita itu tidak terbukti karena Allah membuka semua sandiwara tersebut.

Itulah beberapa kisah singkat dari Para Rasul Allah, semoga bermanfaat bagi pembaca.

0 Response to "Kisah Nabi Dan Rasul Allah Part 2 "

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah

iklan bawah judul

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah postingan