situs islami Media Informasi Seputar Islami Dan Informasi Seputar Tutorial Blogging, Penyebab Terjadinya Pertempuran Khandaq - Situs Islami

Penting

Bacaan Doa Sholat Hajat dan Artinya-situs islami

Penyebab Terjadinya Pertempuran Khandaq

Situsislami.net-Perang Khandaq atau yang juga disebut sebagai pertempuran Al-Ahzab merupakan suatu pertempuran yang terjadi pada bulan syawal tahun 5 hijriah. Pada peristiwa tersebut terjadi pengepungan kota Madinah yang terjadi selama 27 hari. Pertempuran ini sendiri melibatkan sekitar 13000 pasukan dengan rincian 3000 pasukan dari kaum Muslim, dan 10000 pasukan Quraisy. Dalam perang ini pasukan muslimin berhasil memenangkan pertempuran dan memaksa musuh untuk menyerah tanpa syarat.  Sebenarnya apa saja yang membuat perang ini bisa terjadi? Berikut admin berikan penjelasannya.
gambar perang khandaq
perang khandaq
 Penyebab Terjadinya Pertempuran Khandaq


1. Pengusiran Kaum Bani Nadhir
Penyebab pertama terjadinya pertempuran besar ini yaitu adanya pengusiran Kaum Bani Nadhir. Mereka diusir kemudian di tempatkan di wilayah bernama Khaibar yang berada di luar kota Madinah. Mereka diusir tentu saja bukan tanpa alasan. Menurut cerita, kaum Bani Nadhir melakukan pengkhianatan hingga membuat kaum tersebut diusir oleh Nabi Muhammad SAW keluar wilayah tersebut.

Setelah diusir kelompok Bani Nadhir melalui provokasi ke kaum Yahudi dan mengajak untuk berperang melawan Nabi Muhammad SAW dan kaum muslimin. Bisa dikatakan provokasi ini cukup berhasil, kaum Yahudi mau diajak bekerja sama untuk berperang melawan kaum Muslimin yang dipimpin oleh Rasullullah. Terlebih lagi orang Yahudi yang memiliki sejarah permusuhan dengan kaum Muslimin. Selain itu kaum Yahudi berniat untuk menguasai wilayah Madinah.

2. Kerjasama Kaum Bani Nadhir,  Kaum Yahudi dan Juga Kaum Quraisy
Faktor kedua yang menyebabkan terjadinya perang Khandaq yaitu  kerja sama yang dilakukan oleh Kaum Bani Nadhir, Yahudi, dan juga kaum Quraisy. Kaum Yahudi yang berasal dari bani Nadzir dan Bani Wail berkunjung ke kota Mekkah untuk mengajak Abu Sufyan dan kaum Quraisy guna berperang melawan Rasullullah SAW. Abu Sufyan menyetujuinya dan bersekutu dengan kaum Yahudi dan Quraisy untuk melawan pasukan Nabi Muhammad SAW.

Setelah mengajak Abu Sufyan, orang-orang Yahudi berangkat menuju Kabilah Gathafan dan memberikan janji satu tahun kurma supaya mereka mau ikut bekerjasama untuk memerangi Nabi Muhammad SAW dan pasukkannya. Selanjutnya mereka juga mengajal orang-orang Bani Sulaim bin Manshur untuk diajak untuk mengikuti peperangan ini. Akhirnya mereka tergabung ke dalam pasukan Musyrikin dengan total 10.000 pasukan.

Namun meskipun secara jumlah kaum muslimin kalah jauh, dengan kekuasaan Allah SWT kaum Muslimin berhasil meraih kemenangan berkat strategi membuat parit di sela-sela daerah yang tidak terlindungi pegunungan sebagai tempat berlindung pasukan muslimin.
Itulah beberapa penyebab yang membuat pertempuran Khandaq terjadi semoga dapat menambah pengetahuan anda.
Baca Juga : Latar Belakang Terjadinya Perang Badar

0 Response to "Penyebab Terjadinya Pertempuran Khandaq"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah

iklan bawah judul

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah postingan