situs islami Media Informasi Seputar Islami Dan Informasi Seputar Tutorial Blogging, Sejarah Singkat Perkembangan Ka’bah - Situs Islami

Biografi Singkat Habib Rizieiq Shihab

Biografi Singkat Habib Rizieiq Shihab- Siapa Sih Yang Tidak Kenal Habib Rizieq Yang Satu Ini, Pastinya Sudah Tidak Asing Lagi Di Telinga ...

Sejarah Singkat Perkembangan Ka’bah


Situsislami.net- Kakbah merupakan tempat bagi umat muslim dari seluruh dunia untuk melaksanakan ibadah haji dan umrah. Ka’bah terletak di kota Mekkah dan kini menjadi pusat kiblat sebagai penentu arah sholat umat Islam. Tentu Kakbah yang anda lihat sekarang ini telah mengalami renovasi yag cukup besar. Sebagai umat Islam anda harus mengetahui bagaimana sejarah singkat perkembangan Ka’bah yang juga pernah dianugerahi 7 Keajaiban Dunia ini. Bagaimana sejarahnya?
Sejarah Singkat Perkembangan Ka’bah
ka'bah
Menurut sejarah, Ka’bah telah ada dan dipugar pada masa Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. ketika berada di kota Mekkah atas perintah Allah SWT. Di dalam Surah ke 14 di dalam Al Quran telah tersirat dijelaskan bahwa Ka’bah sudah ada ketika Nabi Ibrahim menempatkan Hajar dan bayi Ismail disana.

Ka’bah Direnovasi Karena Banjir

Kemudian pada tahun 600 M bangunan Ka’bah direnovasi lagi karena banjir yang melanda kota Mekkah pada saat itu. Ketika akan meletakkan bati Hajar Aswad sempat ada perselisihan antar kepala suku, namun Muhammad SAW yang pada saat itu belum diangkat menjadi seorang Rasul berhasil membuat semuanya baik-baik  saja sehingga tidak sampai terjadi pertumpahan darah.

Ka’bah Sempat Berubah Fungsi

Setelah beberapa lama, Kakbah yang awalnya berfungsi sebagai tempat beribadah diubah menjadi tempat pemujaan bangsa Arab. Dimana pada saat itu ada sekitar 360 berhala yang diletakkan di dalamnya. Patung-patung tersebut disembah sebagai perwujudan Tuhan orang-orang jahiliah. Padahal tindakan tersebut sama halnya dengan menyekutukan Allah SWT yang Maha Esa, Tunggal, tidak ada yang menyerupainya serta tidak beranak maupun diperanakkan.

Setelah sekian lama bangunan suci tersebut digunakan sebagai tempat pemujaan berhala akhirnya ka’bah dibersihkan dari patung-patung saat Nabi Muhammad SAW membebaskan kota Mekkah dan kembali lagi menjadi rumah ibadah. Pembersihan ini sama sekali tidak diwarnai pertumpahan darah.

Setelah Ka’bah telah mengalami pengembalian fungsi seperti sedia kala, lantas bangunan ini kemudian diurus oleh Bani Syaibah selaku pemegang kunci Kakbah serta juga berperan sebagai administrator. Sementara itu pelayanan Haji diatur oleh pemerintah baik itu Khalifah Abu Bakar, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, hingga saat ini diatur oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang berperan sebagai pelayan dua kota suci Mekkah dan juga Madinah.

Itulah sedikit cerita singkat tentang perkembangan Ka’bah yang menjadi tempat umar muslim menjalankan ibadah haji ini. Semoga postingan ini menambah pengetahuan dan wawasan bagi siapapun anda yang membacanya.

0 Response to "Sejarah Singkat Perkembangan Ka’bah"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah

iklan bawah judul

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah postingan