situs islami Media Informasi Seputar Islami Dan Informasi Seputar Tutorial Blogging, 5 Fakta Mengenai Kehidupan Khalifah Abu Bakar | Situs Islami - Situs Islami

Bisnis Online dalam Pandangan Syariat Islam | Situs Islami

Selamat pagi, sinag, sore, malam buat semuanya, bagaimana kabar sobat situs islami kali ini, semoga selalu dalam lindungan allah swt yaa, ...

5 Fakta Mengenai Kehidupan Khalifah Abu Bakar | Situs Islami


Sebagai umat muslim tentu saja kita harus mengetahui apa saja fakta mengenai Abu Bakar Ash-Shiddiq. Beliau lahir di Madinah Arab tanggal 27 Oktober 573 M. Abu Bakar menjadi pemimpin Islam yang pertama pada periode 632 hingga 634 M. Selain itu ia merupakan salah satu dari orang-orang yang pertama kali memeluk agama Islam sehingga dijuluki sebagai Assabiqunal Awwalun. Mengenang Abu Bakar Ash Shidiq, berikut penulis sampaikan beberapa fakta mengenai Khalifah yang satu ini :
5 Fakta Mengenai Kehidupan Khalifah Abu Bakar
kehidupan abu bakar
Fakta Tentang Abu Bakar

1. Abu Bakar Pernah di Suruh Ayahnya Menyembah Berhala
Dikisahkan, pada saat Abu Bakar masih kecil, ia diajak oleh ayahnya ke Ka'bah dan menyuruhnya menyembah berhala. Ayah Abu Bakar pun meninggalkan dirinya sendiri di Kakbah tersebut. Abu Bakar yang saat itu masih kecil dan belum mengenal Tuhan, langsung memohon pertolongan kepada berhala.

Namanya juga benda mati, sudah pasti permohonan tersebut sampai kapanpun tak akan dikabulkan. Abu Bakar pun marah dan menghancurkan berhala tersebut. Mulai saat itu ia mengetahui bahwa berhala bukan Tuhan yang seharusnya di sembah.

2. Dia Adalah Penerus Nabi Muhammad SAW
Sepeninggal Nabi Muhammad SAW, umat muslim kehilangan seorang pemimpin. Karena hal itulah Abu Bakar Ash Shidiq mengambil alih tapuk kepimpinan dan menjadi Khalifah pertama pasca meninggalnya Nabi Muhammad SAW.  Beliau memimpin selama sekitar 2 tahun dan dikenal sebagai pemimpin yang tegas dan juga berani. Masa pemerintahan Abu Bakar adalah pemerintahan pertama yang mengobarkan peperangan dan mempersenjatai bala tentara untuk membela hak-hak kaum kafir yang lemah.  Kepemimpinannya berakhir pada tahun 634 M  hingga kemudian wafat dan digantikan oleh Umar bin Khattab.

3. Pernah Membebaskan Budak yang Disiksa
Pada masa hidupnya, dikisahkan Abu Bakar pernah membebaskan seorang budak berkulit hitam yang disiksa oleh penduduk Mekkah. Budak tersebut bernama Bilal bin Rabah. Memang pada saat itu banyak pemeluk agama Islam yang disiksa mengingat mayoritas penduduk Mekkah masih memeluk agama nenek moyang mereka. Namun para budaklah yang paling sering mengalami penyiksaan, sedangkan para non budak jarang mendapatkan siksaan karena mendapatkan perlindungan dari keluarga dan para sahabatnya.

4. Abu Bakar Memiliki 4 Istri, Namun Salah Satunya Diceraikan
Abu Bakar Ash Shidiq memiliki 4 orang istri. Salah satu istrinya yaitu Qutailah binti Abd al-Uzza bin Abd bin As’ad yang beliau nikahkan pada masa Jahiliyyah namun kemudian diceraikan. Beliau juga pernah Ummu Ruman binti Amir bin Uwaimir bin Zuhal bin Dahman dari Kinanah dan juga Asma’ binti Umais bin Ma’add bin Taim al-Khats’amiyyah. Dan ia juga pernah menjadi suami dari Habibah binti Kharijah bin Zaid bin Abi Zuhair. Dari keempat istri tersebut, Abu Bakar memiliki 6 orang anak dengan rincian 3 pria dan 3 wanita.

5. Makam Abu Bakar Terletak di Samping Makam Nabi Muhammad SAW
Abu Bakar Ash Shidiq wafat pada tanggal 23 Agustus 634 di kota Madinah karena sakit yang dideritanya. Ia mendapatkan penghormatan dengan dimakamkan di samping makam Baginda Rasulullah SAW berlokasi di rumah putrinya, di dekat Masjid Nabawi.

Sebenarnya masih banyak sekali fakta-fakta yang berkaitan dengan Khalifah yang satu ini, namun kelima Fakta Mengenai Kehidupan Khalifah Abu Bakar tersebut setidaknya sudah memberikan gambaran bagi pembaca mengenai siapa itu Abu Bakar dan bagaimana perjalanan hidup beliau semasa hidupnya.
Baca Juga : Sejarah Singkat Perkembangan Ka’bah

0 Response to "5 Fakta Mengenai Kehidupan Khalifah Abu Bakar | Situs Islami"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah

iklan bawah judul

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah postingan