situs islami Media Informasi Seputar Islami Dan Informasi Seputar Tutorial Blogging, 5 Fakta Seputar Perang Badar (Nomor 4 Luar Biasa) | Situs Islami - Situs Islami

Bisnis Online dalam Pandangan Syariat Islam | Situs Islami

Selamat pagi, sinag, sore, malam buat semuanya, bagaimana kabar sobat situs islami kali ini, semoga selalu dalam lindungan allah swt yaa, ...

5 Fakta Seputar Perang Badar (Nomor 4 Luar Biasa) | Situs Islami


Fakta seputar Perang Badar akan saya jelaskan pada artikel kali ini. Sebagaimana yang kita ketahui, Perang Badar merupakan salah satu perang terbesar yang pernah terjadi sepanjang sejarah berdirinya Islam. Perang ini terjadi pada 13 Maret 624 Masehi antara Umat Muslim dan juga Kaum Quraisy. Menghabiskan waktu 2 jam di medan pertempuran akhirnya peperangan ini dimenangkan oleh umat muslim walaupun memiliki pasukan yang jauh lebih sedikit. Perang ini juga menyajikan beberapa fakta unik diantaranya sebagai berikut :
5 Fakta Seputar Perang Badar
fakta perang badar
Fakta Seputar Perang Badar

1. Terjadi di Bulan Ramadhan
Perang Badar terjadi pada bulan Ramadhan, tepatnya tanggal 17 Ramadhan atau 13 Maret 624 M. Kala itu Nabi Muhammad SAW telah berhijrah ke Madinah dua tahun yang lalu

2. Lokasi Perang Badar
Lokasi tempat terjadinya peperangan Badar ini sekitar 70 mil dari Madinah dan sekitar 100 mil jika ditempuh melalui jalan darat. Untuk sampai tiba di lokasi membutuhkan waktu sekitar 1 jam 45 menit menggunakan mobil. Dahulu tidak ada mobil, tentu bisa anda bayangkan berapa jam perjalanan untuk bisa sampai ke sana. Pasukan Rasulullah menjadi pasukan terakhir yang tiba di lokasi.

3. Pasukan Umat Muslim Lebih Sedikit
Dari segi jumlah pasukan, umat muslim kalah jauh dengan pasukan Quraisy. Kaum muslimin hanya berjumlah 313 orang dengan persenjataan seadanya melawan pasukan Quraisy yang memiliki jumlah pasukan mencapai hampir seribu orang. Sahabat-sahabat Rasulullah seperti AbuBakar, Ali, Hamzah, Umar, Mus'ab IBN 'Umair, Ammar ibn Yasir, dan Abu Dzar al-Ghifari Radhiyallahu ‘anhum juga ikut serta dalam peperangan itu kecuali Utsman Radhiyallahu 'ainhu yang diperintahkan oleh Rasulullah supaya menjaga istrinya yang tengah jatuh sakit.

4. Malaikat Membantu Pasukan Muslim Saat Pertempuran
Allah SWT memberikan pertolongan kepada umat muslim melalui para malaikatnya yang berjumlah 5.000 dalam melakukan pertempuran melawan orang Quraisy yang memiliki persenjataan yang lebih lengkap. Hal ini dijelaskan dalam Firman Allah dalam surah Ali Imran ayat 125 yang artinya :

Ya (cukup), jika kita bersabar dan bertakwa dan mereka datang menyerang Ki saat itu juga, niscaya Allah menolong kamu dengan lima ribu malaikat yang menggunakan tanda.

5. Diceritakan di Dalam Al Qur'an
Pertempuran besar ini diceritakan pada Al-Qur'an dan telah disebutkan tiga kali di dalamnya yaitu pada Surah Ali Imran Ayat 123, Surah Ali Imran Ayat 124, dan juga Surah Ali Imran ayat 125 dan 126.

Penutup
Itulah beberapa fakta seputar Perang Badar yang harus kamu ketahui sebagai umat muslim, semoga kita dapat memetik pelajaran dari apa yang sudah terjadi dan dilakukan oleh pemimpin-pemimpin Islam yang terlebih dahulu mendahului kita.
Baca Juga : 5 Fakta Mengenai Kehidupan Khalifah Abu Bakar

0 Response to "5 Fakta Seputar Perang Badar (Nomor 4 Luar Biasa) | Situs Islami"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah

iklan bawah judul

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah postingan