situs islami Media Informasi Seputar Islami Dan Informasi Seputar Tutorial Blogging, 5 Fakta Tentang Umar Bin Khattab | Situs Islami - Situs Islami

Biografi Singkat Habib Rizieiq Shihab

Biografi Singkat Habib Rizieiq Shihab- Siapa Sih Yang Tidak Kenal Habib Rizieq Yang Satu Ini, Pastinya Sudah Tidak Asing Lagi Di Telinga ...

5 Fakta Tentang Umar Bin Khattab | Situs Islami


Fakta tentang Umar Bin Khattab menjadi pembahasan pada artikel kali ini. Sepeninggalan Rasulullah SAW, umat muslim dipimpin oleh seorang Khalifah bernama Umar bin Khattab. Khalifah ini dilahirkan di Mekkah, Arab Saudi tahun 579 M. Selain itu, Khalifah terkenal tegas dengan kepemimpinannya dalam memimpin umat Islam dari 23 Agustus 634 M sampai 7 November 644 M. Pada artikel ini, penulis akan sedikit membagikan informasi mengenai realitas Khalifah Umar Bin Khattab yang tentu saja sebagai umat muslim kita harus mengetahuinya.
Fakta tentang Umar Bin Khattab
fakta tentang umar bin khattab
Fakta Tentang Umar Bin Khattab

1. Sebelum Jadi Khalifah, Umar Pernah Jadi Pemabuk
Sebelum memeluk agama Islam, Umar begitu ditakuti oleh penduduk Mekkah. Pasalnya, beliau adalah seorang pemabuk berat dan gemar bermain dengan wanita. Baru setelah masuk Agama Islam, Uamr sama sekali tidak menyentuh minuman haram itu sekalipun pada saat itu belum ada larangan tegas mengenai minuman yang memabukkan.

2. Syaiton Sangat Takut Kepada Umar
Tuhan benar-benar melindungi Umar bin Khattab dari godaan syaiton yang terkutuk. Diriwayatkan dari 'Aisyah r a Rasulullah pernah bersabda, "Sesungguhnya syaiton lari ketakutan bila bertemu dengan Umar'. Selain itu syaitan akan memilih jalan jika harus berpapasan dengan Umar bin Khattab. Hal ini didasarkan pada sabda beliau :

"Wahai Ibnul Khattab, demi dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidaklah syaiton bertemu denganmu di suatu jalan, tetapi ia akan beralih ke jalan lain menghindar dari jalanmu," (HR. Bukhari 3480) 

3. Beliau Adalah Penduduk Surga yang Berjalan di Muka Bumi
Semasa Rasulullah SAW masih hidup, Beliau amat dekat dengan Umar Bin Khattab. Di dalam kehidupan sehari-hari tiada waktu yang beliau habiskan kecuali hanya untuk mendampingi Rasulullah menyampaikan dakwah kepada seluruh umat manusia. Dalam satu riwayat disebutkan jika Umar bin Khattab merupakan penduduk surga yang berjalan di atas muka bumi.

Said bin al-Musayyib telah meriwayatkan bahwa Abu Hurairah berkata, saat kamu berada di samping Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda :
"Sewaktu tidur, aku bermimpi seolah-olah aku berada di dalam surga. Lalu aku melihat seorang wanita berwudhu di samping suatu istana, maka aku bertanya, 'Milik siapakah istana ini?' Mereka menjawab, 'Istana ini milik Umar'. Maka aku teringat dengan kecemburuan Umar sehingga aku menjauhi istana itu". Umar pun meneteskan air mata dan berkata, "Demi Allah, mana mungkin aku cemburu kepadamu wahai Rasulullah". (HR. Bukhari).

4. Beliau Membuat Islam Semakin Tangguh
Islam semakin tangguh semenjak Umar bin Khattab mengambil alih tapuk kepemimpinan dari Rasulullah SAW yang telah wafat. Beliau terkenal ahli dalam strategi perang membuat Islam bisa menyebar luas pada saat itu.

Umar berhasil menguasai wilayah Samarkand sampai Libya Barat. Tak hanya itu, wilayah Syam juga ia kuasai hingga ke wilayah selatan. Tentu kondisi ini sangat berbeda jauh ketika Umar belum memeluk agama Islam, dimana ia sangat membenci umat muslim.

5. Umar Adalah Seseorang yang Mendapat Ilham
Allah SWT memberikan Umar bin Khattab kemampuan kecerdasan yang luar biasa dan bisa memperkirakan hal-hal yang terjadi di masa mendatang. Selain itu ia memiliki ilmu pengetahuan yang luas dan rasa ingin tahu yang tinggi.

Umar juga mendapatkan Ilham, dimana perkataanya sering sesuai dengan Wahyu. Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya orang-orang sebelum kalian dari kaum Bani Israil ada yang diberikan ilham walaupun mereka bukanlah seorang Nabi, jika salah seorang dari umatku mendapatkannya, maka Umar lah orangnya ”. (HR. Bukhari).

Itulah kelima fakta tentang Khalifah Umar Bin Khattab, semoga kita kelak juga bisa jadi pemimpin bangsa yang baik seperti beliau.

0 Response to "5 Fakta Tentang Umar Bin Khattab | Situs Islami"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah

iklan bawah judul

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah postingan