situs islami Media Informasi Seputar Islami Dan Informasi Seputar Tutorial Blogging, Tata Cara Sholat Tahajud Dan Witir Lengkap beserta niatnya - Situs Islami

Biografi Singkat Habib Rizieiq Shihab

Biografi Singkat Habib Rizieiq Shihab- Siapa Sih Yang Tidak Kenal Habib Rizieq Yang Satu Ini, Pastinya Sudah Tidak Asing Lagi Di Telinga ...

Tata Cara Sholat Tahajud Dan Witir Lengkap beserta niatnya

Tata Cara Sholat Tahajud Dan Witir Lengkap


Situsislami.Net - Assalamualaikum.Wr.Wb Sobat Semua, Sebelumnya Saya Ucapkan Ribuan Terima Kasih Kepada Sobat Semua Karena Telah Berkunjung Ke Blog Yang Sangat Sederhana Ini, Semoga Sobat Semua Bisa Mendapatkan Apa Yang Di Cari.
Tata Cara Sholat Tahajud Dan Witir Lengkapniat
niat sholat tahajjud
Sholat Tahajjud Merupakan Sholat Sunnah Yang Di Kerjakan Pada Sepertiga Malan/Malam Hari. Tata Cara Sholat Tahajjud Ini Sebenarnya Sama Seperti Sholat Sunnah Pada Umumnya, Hanya Saja Sholat Tahajjud Ini Di Kerjakan Setelah Kita Tidur.

Perlu Sobat Situs Islami Ketahui Bahwa Sholat Tahajjud Ini Di Anggap Sebagai Ibadah Sholat Sunnah Yang Sangat Istimewa Sekali, Penjelasan Ini Di Sebutkan Di Dalam Al Qur'an Dapat Membuat Yang Mengerjakannya Di Angkat Ke Tempat Yang Sangat Terpuji Serta Doanya Sangat Manjur.

Sholat Tahajjud Juga Bisa Di Kerjakan Kapanpun Dalam Kurun Waktu Setelah Sholat Wajib Isya' Hingga Masuknya Sholat Wajib Subuh. Meskipun Begitu Ada Waktu Yang Sangat Di Anjurkan Oleh Rosululloh Untuk Melaksanakan Sholat Tahajjud, Yakni Di Sepertiga Malam Terakhir.

Yang Di Maksud Sepertiga Malam Terakhir Adalah Lepas Tengah Malam Sampai Masuknya Sholat Subuh, Dan Jika Mengerjakan Sholat Tahajjud Ini, Insya Allah Dengan Penuh Keyakinan Doa Yang Kita Panjatkan Kepada Allah Swt Akan Di Ijabah.

Apakah Sholat Tahajjud Dikerjakan Sendirian Atau Berjamaah..?

Di Kutip Dari Pendapat Syekh Al-Batini Bahwa Sholat Tahajjud Ini Di Kerjakan Secara Berjamaah Menurut Kajian Fiqih Klasik Di Sebutkan Ta'qib Yang Mempunyai Arti Mengerjakan Sholat Sunnah Berjamaah.

Sedangkan Pendapat Menurut Mazhab Hanafi, Bahwa Hukum Ta'qib Seperti Sholat Tahajjud Berjemaah Adalah Makruh. Seperti Yang Telah Di Sampaikan Oleh Ibnu Muflih, Bahwa Sholat Sunnah Hendaknya Di Lakukan Secara Berjemaah Sekali Saja.

Tata Cara Sholat Tahajjud Lengkap Beserta Niat Dan Bacaanya

Untuk Tata Cara Sholat Tahajjud, Ketahuilah Bahwa Sholat Sunnah Ini Di Kerjakan 2 Rakaat, 2 Rakaat Dengan Jumlah Rakaat Yang Tiada Batasnya.

Namun Jika Kita Lihat Dari Hadist HR Bukhori Dan Muslim, Bahwasannya Rosululloh Tidak Pernah Mengerjakan Sholat Tahajjud Lebih Dari 11 Hingga 13 Rokaat + Dengan Witnya 1 Rakaat. Jadi Mari Kita Ikuti Jejak Rosululloh Saja.

Oke Sobat Semua Yang Sedang Berbahagia, Sebelum Sobat Mengerjakan Sholat Tahajjud, Sobat Semua Wajib Harus Tau Niatnya Dulu Donk. Dan Niatnya Seperti Berikut:



Ushallii Sunnatat-Tahajjudi Rak'ataini (Mustaqbilal Qiblati) Lillaahi Ta'aalaa.

Artinya:


"Aku Niat Sholat Sunnah Tahajud Dua Rakaat (Dengan Menghadap Kiblat) Karena Allah Taala."

Dan Setelah Shobat Semua Membaca Niat Sholat Tahajjud Tersebut, Silahkan Selanjutnya Melakukan Sholat 2 Rakaat Dengan 2x Sujud Serta 1 Salam. Dan Seterusnya


Untuk Bacaan Sholat Tahajjud Sendiri, Sebenarnya Tidak Ada Kewajiban Untuk Membaca Doa Ini, Hanya Saja Jika Sobat Semua Kembali Merujuk Dengan Kebiasaan Sang Nabi Besar Kita Yaitu Rosululloh Saw Beliau Selalu Membaca Doa Seperti Di Bawah Ini :



Begitulah Sekiranya Untuk Tata Cara Sholat Tahajjud Berikut Beserta Niat Dan Bacaannya Yang Bisa Kita Amalkan.

Tata Cara Sholat Tahajjud Untuk 11 Rakaat

Tata Cara Sholat Tahajjud Untuk 11 Rakaat Yang Paling Lazimnya Di Kerjakan 2 Rakaat,2 Rakaat (2 Rakaat Sebanyak 4x) Dan Terakhir Di Tutup Dengan Sholat Witir Sebanyak 3 Rakaat.

Tata Cara Sholat Tahajjud Beserta Witirnya

Perlu Sobat Ketahui Bahwa Sholat Witir Adalah Sholat Sunnah Dengan Jumlah Yang Ganjil Yang Di Kerjakan Untuk Menutup Atau Mengakhiri Ibadah Sholat Sunnah Yang Di Lakukan Pada Hari Itu Sendiri.Dengan Catatan Sobat Sudah Selesai Menjalankan Sholat Sunnah Tahajjud Dan Tidak Ada Niat Lagi Untuk Mengerjakan Sholat Sunnah Lainnya, Sholat Witir Di Sarankan Untuk Menutup Dari Ibadah Sholat Sunnah Tahajjud Dan Yang Lainnya )(Sunnah).

Pada Umumnya Bahwa Sholat Witir Di Kerjakan 3 Rakaat, Namun Jika Sobat Ada Kepentingan Lain Dan Di Khawatirkan Takut Akan Terlambat, Silahkan Sobat Kerjakan Sholat Witir 1 Rakaat Saja.

Berikut Situs Islami Berikan Niat Yang Bisa Sobat Baca Sebelum Melaksanakan Sholat Witir.


Artinya :
" Saya Niat Sholat Witir Satu Rakaat (Menghadap Qiblat) Karena Allah Ta'alaa."

Niat Sholat Witir 3 Rakaat Dan 1 Kali Salam

Berikut Niatnya:


Ushallii Sunnatal Witri Tsalaasa Roka'aatin (Mustaqbilal Qiblati) Lillaahi Ta'alaa.

Artinya :
"Saya Berniat Shalat Witir Tiga Rakaat (Menghadap Kiblat) Karena Allah Ta'alaa".


Demikianlah Mengenai Tata Cara Sholat Tahajud Dan Witir Lengkap. Mudah-Mudahan Tata Cara Di Atas Diatas Bisa Bermanfaat Dan Kita Lebih Semangat Lagi Untuk Bangun Malam Dan Mengerjakan Sholat Tahajud,Akan Tetapi Jangan Lupa Untuk Mengerjakan Sholat Fardhu 5 Waktu Yang Merupakan Tiang Agama.
Baca Juga : Kumpulan Doa Tobat,Lengkap Dengan Caranya

0 Response to "Tata Cara Sholat Tahajud Dan Witir Lengkap beserta niatnya"

Post a Comment

Silakan berkomentar sesuai topik diatas yah

iklan bawah judul

iklan tengah artikel 1

iklan tengah artikel 2

iklan bawah postingan