Pengertian Doa Menurut Bahasa dan Istilah Agama Islam Adalah
Cari Berita

Advertisement

Pendidikan

Pengertian Doa Menurut Bahasa dan Istilah Agama Islam Adalah

Emin Mia
Wednesday, February 15, 2017

Pengertian Doa Menurut Bahasa dan Istilah Agama Islam Adalah– Doa adalah cara kita unutuk memohon pertolongan kepada Allah SWT, dengan adanya doa pasti kita tidak hanya memohonnya saja tetapi harus di sertai dengan ikhtiyarnya.

Secara bahasa, mengandung arti doa adalah "seruan",Sedangkan secara istilah adalah suatu permohonan atau permintaan dan ucapan dalam hati kepada Allah SWT sebagai tuhan semesta alam.


Berdoa itu di perintah oleh Allah SWT, sebgaiamana dalil menjelaskan,yang Artinya"Berdoalah kepadaku(Allah SWT) niscaya aku akan mengijabah Doa kamu semua" dan pastinya setiap orang juga pasti kalau dalam masalh doa pernah melakukannya, bahkan ada yang khusus di dawamkan dalam perdoanya.

Baiklah sahabat supaya apa yang di tuju oleh kita dalam berdoa kepada allah syarat di qobulnya atau di ijabahnya doa itu, harus karena Allah SWT, dan yang harus di harapkan pahalnya, jika doa kita di ijabah maka jangan meliat atau berpikiran bahwa doa itu yang mengijabah.

Sahabat kaum muslimin yang di rahmati Allah syarat berdoa itu harus di awali dengan membaca sholawat kepada baginda Rasulullah SAW, karena antara doa dan maqoh ijabah itu, di bentengi atau di hiajab oleh 7000 benteng, jadi harus memakai sholawat.

Jika kita berdoa memakai sholawat insyaallah doa yang di laksankan oleh kita akan di ijabah. Masalah Doa di dalam islam banyak doa yang harus di amalkan, dari mulai doa meminta keselamatan dunia akhirat, doa setelah sholat wajib, doa berbuka puasa, doa memakai pakain, dan masih ribuan doa dalam islam.

Yang dimaksud berdoa menurut imam Attirmidzi adalah memperlihatkan sikap berserah diri dan membutuhkan Allah SWT, karena tidak dianjurkan ibadah melainkan untuk berserah diri dan tunduk kepada Pencipta serta merasa butuh kepada Allah. Jadi doa adalah sebuah permohonan kepada Allah dan bentuk rasa membutuhkan-Nya.

Bacaan doa selamat

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ


ALLOOHUMMA INNAA NAS-ALUKA SALAAMATAN FID DIINI WA 'AAFIYATAN FIL JASADI WA ZIYAADATAN FIL 'ILMI WA BAROKATAN FIR RIZQI WA TAUBATAN QOBLAL MAUTI WA ROHMATAN 'INDAL MAUTI WA MAGHFIROTAN BA'DAL MAUTI

Artinya :Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.


Demikianlah dari Pengertian Doa menurut Bahasa dan Isltilah dalam agama islam, kesimpulan, berdoan Dalam Islam, adalah salah satu ibadah yang di anjurkan oleh Allah SWT.
Baca juga: Pengertian Agama Islam Secara Umum
Nra pembaca seputarpengetahuan.com. Terimakasih