Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Makan, Minum Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya
Cari Berita

Advertisement

Pendidikan

Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Makan, Minum Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Emin Mia
Wednesday, March 8, 2017

Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Makan, Minum Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya-Di dalam agama yang kita anut ini mempunyai syariat atau hukum, yang mana hukum di dalam islam menurut piqih terbagi kedalam 5 bagian, yang pertama wajib, sunnah, makruh, mubah, haram. Kita lewati saja tentang hukum tersebut, lanjut ke pambahasan yang akan kami paparkan yaitu tentang doa ketika kita mau makan dan minum, yang di lengkapi dengan arti terjemahnya.

Mengapa kami membahas doa tentang makan dan minum, karena ini sangatlah penting, jika kita mua makan kalau tidak membaca doa maka hukumnya mubah, karena makan itu mubah, lalu kita tidak berdoa, maka mubah+ mubah jadi apa? Supaya makanan yang dimakan oleh kita dari mubah menajdi sunnah dan mendapat pahala dari Allah SWT, maka kita harus berdoa.


Biasanya doa mau makan dan setelah makan dan minum ini suda biasa di pelajari di anak teka Al Quran usia dini, selalu di ajarkan setiap hari oleh guru-gurunya.Ada beberapa bacaan doa makan dan minum yang kaalian bisa pelajari dan amalkan setiap sebelum makan dan setelah makan minum.

Doa Sebelum Makan Lengkap Arab, Latin dan Artinya

اَللهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ


ALLOOHUMMA BAARIK LANAA FIIMAA RAZAQTANAA WAQINAA 'ADZAA BANNAAR

Artinya :
Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

Bacaan Doa Sesudah, Setelah Makan

 اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

ALHAMDU LILLAAHIL LADZII ATH'AMANAA WA SAQOONAA WA JA'ALANAA MUSLIMIIN

Artinya :
Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam.

Bacaan Doa Setelah Sesudah Minum

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا اُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا

ALHAMDU LILLAAHIL LADZII JA'ALAHUU 'ADZBAM FUROOTAM BIROHMATIHII WA LAMYAJ'ALHU MILHAN UJAAJAM BIDZUNUUBINAA

Artinya :
Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami.

Itulah Doa sebelum dan Sesudah Makan yang dapat kalian pelajari dan amalkan setiap makan, yang lengkap dalam tulisan arab dan latin serta terjemahnya, demikian mohon maaf bila ada salah kata dari kami semoga bermanfaat.