Masa kecil Umar hingga Dewasa
Cari Berita

Advertisement

Pendidikan

Masa kecil Umar hingga Dewasa

situs islami
Wednesday, April 4, 2018


Masa kecil Umar hingga Dewasa,Masa kecil sosok umar tidak jauh dari anak kecil pada umumnya. Bermain dengan teman sebayanya itu sering kali dilakukan oleh Umar kecil. Tapi ada suatu perbedaan di diri Umar dari pada anak anak kecil pada umumnya, dia suka membaca dan menulis yang membuat dia salah satu anak kecil yang istimewa, padahal waktu itu membaca dan menulis acap kali di anggap remeh dan dianggap tidak begitu penting dikalangan bani Quraiys. Dari keistimewaan itulah umar termasuk salah satu dari 17 orang istimewa yang bisa baca tulis pada waktu nabi muhammad SAW di utus menjadi rasul.
Masa kecil Umar hingga Dewasa
Masa kecil Umar hingga Dewasa, Setelah umar beranjak remaja, iya pernah mengembala kambing dan unta ayahnya di daerah pinggiran mekkah, dan juga pernah mengembala kambing dan unta bibinya dari bani makhzum, hal ini pernah disampaikan ketika berceramah di atas mimbar, beliau menceritakan masa lalunya.

Wahai hadirin yang dirahmati alloh, bukankankah saya pernah mengembala kambing dan unta punya bibi bibiku dari bani makhzum. Aku di upah dengan segenggam kurma atau kismi. Itulah aku hanya seorang pengembala, kata umar dihadapan para hadirin.

Setelah khotba itu selesai ada seorang sahabat umar yang menanyakan, wahai amirul mukminin mengapa isi dari khotbahmu mencelah diri sendiri??

Umar menjelaskan bahwa pernah dalam kesendiriannya ada suatu kesombongan  dalam dirinya. Maka dari itu dia ingin mengingatkan kembali bahwa dulu dia hanya seorang pengembala kambing milik ayah dan bibik bibiknya. Hasil dari mengembala kambing umar mewariskan banyak sifat positif pada diri umar, dia memiliki sifat tegar dan pemberani.

Selain mengembala, pada masa mudanya umar gemar berolah raga dia gemar bergulat dan berkuda, bukan hanya berolah raga dia juga mempunyai keahlian untuk berdagan yang bisa membuat umar menjadi kaya di mekkah.

Maka dari itu banyak sekali hikmah atau pelajaran yang bisa kita ambil dari sosok umar. dia bisa membaca dan menulis padahal di waktu itu yang namanya membaca menulis di anggap remeh oleh masyarakat sekitar, berbeda dengan sekarang dimana zaman modern yang mengharuskan kita membaca dan menulis malah jarang di jamah oleh sebagian kaum terpelajar, Dan bukan hanya itu saja, umar suka berolah raga, saya sekilas langsung teringat dengan quotesnya aktifis mapala “ Soe Hok Gie” untuk mempunyai jiwa yang sehat harus mempunya tubuh yang sehat, maka dari itu betapa pentingnya kesehatan buat diri kita.