Sholat Tahajjud Yang Belum Banyak Kita Ketahui
Cari Berita

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Pendidikan

Sholat Tahajjud Yang Belum Banyak Kita Ketahui

situs islami
Thursday, April 26, 2018


Sholat tahajjud, adalah ibadah sholat yang dikerjakan ditengah malam, tepatnya disepertiga malam. Alloh Swt berfirman Q.S Al-Isra’ 17/79
وَ مِنَ الَّيْلِ فَتَهَجُّدْ بِهِ
Artinya : “Dan pada sebagian Malam hari sholat Tahajjud-lah kamu”
Keutamaan Sholat Tahajjud
Dari ayat diatas bisa kita ambil pemahaman bahwa, pada sepertiga malam kita diajurkan untuk bangun dan mengingat Alloh Swt. Sholat atau beribada ditengah malam mengandung banyak fadhilah dan keistimewaan tersendiri. Karna pada malam hari, kebanyakan orang sedang terlelap ataupun sulit untuk beribada. Pada sebagian riwayat hadits mengatakan “Sholat malam mendekatkan diri kepada Alloh Swt, serta menghalangi dari dosa, menghapus kesalahan dan menolak penyakit”.
Sholat Tahajjud pada dasarnya meninggikan derajat kita dihadapan Alloh Swt. Menambah keimanan dan menjadikan pribadi muslim yang shaleh. Dari sahl bin sa’d berkata :

فَقَالَ : يَا مُحَمّدْ , عِشْ مَا شِئْتَ فَأ نَّكَ مَيْتُ وَأَ حْبِبْ مَنْ أَحْبَبْتَ فَأنَّكَ مُفَا رِ قُهُ, وَا عْمَلْ مَا شِئْتَ فَأنَّكَ مَجْزِ ئُ بِهْ ثُمَّ قَالَ : ياَ مُحَمَّدْ شَرَ فُ الْمُؤْ مِنِ قِيَامُ  اللَّيْلِ وَ عِزُّ هُ اِ سْتِغْنَا ؤُ هُ عَنِ النَّا سْ
 “Jibril pernah datang kepada Nabi Muhammad Saw lalu berkata: Hai Muhammad, hiduplah engkau semaumu sebab kau akan mati. Cintailah siapapun yang kau cintai karena kau akan meninggalkannya. Kerjakanlah apapun yang kau mau sebab kau akan dibalas dengannya” kemudian dia berpetuah, “Hai Muhammad, Kemuliaan orang Mu’min adalah dengan Qiyamullail dan Izzahnya adalah jika ia menahan diri dari meminta kepada orang lain”. HR Hakim 7921, Shahih.

Dengan berqiyyamul laili menjadikan hati kita lebih tentram, damai dan aman. Karna seakan kita dekat dengan sang pencipta.
عَنْ أَيِي هُرَيْرَة رَ ضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : سئل رسو ل الله صل الله عليه وسلم : أي الصَّلاَ ةُ أَفْضَلُ بَعْدَ المَكْتُوْ بَةُ ؟ قال : (الصَّلاَ ةُ فِي جَوْفِ الَّيْلُ .
Dari Abu Huraira R.A, Ia berkata : Rasululloh Saw pernah ditanya: “Sholat apakah yang paling utama setelah sholat fardhu?”. Beliau menjawab : “Sholat Sunnah di tengah malam (Sholat Tahajjud)” H.R Imam Bukhori dan Muslim.

Dan masih banyak diantara fadhilah ibadah sholat malam, ada yang mengatakan “pada sepertiga malam itu, Alloh Swt turun ke langit pertama, untuk mendengarkan lansung do’a-do’a hambanya”. Maka do’a orang yang sholat malam dikatakan waktu yang diistijabah oleh Alloh Swt.
Cukup sekian penjelasan dari saya tentang :tentang sholat tahajjud, semoga bermanfaat dan bisa di amalkan oleh kita semua