Tata Cara Berwudhu’ Yang Benar
Cari Berita

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Pendidikan

Tata Cara Berwudhu’ Yang Benar

situs islami
Sunday, April 29, 2018


Berwudhu’ adalah salah satu syarat wajib sebelum melaksanakan sholat. karna dengan berwudhu’maka dianggap sah lah sholat kita. Tahapan dalam berwudhu’ diantaranya :
 Pertama : Membaca niat نَوَيْتُ الْوُضُوءَ لِرَفْعِ الْحَدَ ثِ الأَصْغَرِ فَرْضًا لله تَعَلى
Artinya “ saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Alloh ta’alaa”
tata cara berwudhu' dengan benar
Kedua : Mencuci kedua telapak tangan sebanyak tiga kali kemudian berkumur, membersikan lubang hidung  (sunnah). Dilanjut membasuh seluruh permukaan wajah dengan merata, sebanyak tiga kali. membaca do’a : اللهُمَّ بَيَّضْ وَجْهِى يَوْمَ تَبْيَضَّ وُجُوْهُ وَتَسْوَدُّ وُجُوْهُ  

Ketiga : Membasuh kedua tangan hingga mencapai siku, sebanyak tiga kali. membaca do’a 
:أَعْطِنِى كِتَا بِى بِيَمِيْنِناَ وَحَا سِبْنِى حِسَا بًا يَسِيْرًا  اللهُمّ

 Keempat : Membasuh kening mulai dari ubun-ubun sampai kesebagian kepala, sebanyak tiga kali. Kemudian membaca : اللهُمَّ حَرِّمْ شَعْرِى وَبَشِرِىْ عَلىَ النَّا رْ

Kelima : Membasuh kedua telingah baik bangian dalam maupun luar (daun teliga), sebanyak 3 kali.  membaca do’a : اللهُمَّ اجْعَلْنىِ مِنَ الّدِيْنَ يَسْتَمِعُوْنَ اْلقَوْلِ فَيَتَّبِعُوْنَ أَحْسَنَهْ .

Yang keenam : Membasuh kedua kaki secara menyeluruh, hingga mata kaki. membaca berdo’a : 
اللهم ثبت قد مى على الصر اط يوم تزل فيها لاقدام
kemudian membaca do'a      
أَشْهَدُ أَن لااله الاالله وَحْدَهُ لاَ شَريْكَ لَه وَأَشْهَدُ أَن مُحَمدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُه. اللهُم اجْعَلْنى من التَوَابيْنَ وَجْعَلْنى منَ المُتَطَهرين.
Artinya : Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa. Tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bersuci (shalih).