Anjuran Serta Kesunnahan Ketika Berbuka Puasa | Situs Islami
Cari Berita

Advertisement

Pendidikan

Anjuran Serta Kesunnahan Ketika Berbuka Puasa | Situs Islami

situs islami
Wednesday, May 9, 2018


Dalam berbuka puasa terdapat beberapa amalan yang dianjurkan serta mendapat kesunnahannya. Akan tetapi terkadang kita melalaikannya dan lebih memilih untuk tidak mengerjakannya. Diantara anjuran dan kesunnahan ketika berbuka puasa adalah :
Keutamaan Berbuka Puasa Dengan Kurma
Dalamsebuah riwayat disebutkan :اَ يَزَلُ الناسُ بِخَيْرِ مَا عَجَلُوْا الفِظْرَ
Artinya “Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka” 
(H.R Bukhori Muslim)
·         Berbuka dengan kurma atau seteguh air
Diriwayat kandari Anas bin Malik bahwa Nabi shallallah hu’alaihi wasallam sangat menyukai berbuka dengan rothb (kurma basah) atau tamr (kurma kering).


Dalam setiap pekerjaan apapun, kita dianjurkan agar senantiasa membaca do’a dengan diawali ucapan “Bismillah”  dariAisyah R.A, Rasullullah SAW bersabda :
اذا أكل أحد كم فليذكر اسم الله تعالى .
Artinya “apabila salah seorang diantara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala (yaitu membaca ‘Bismillah’).

·         Membaca atau berdo’a secara umum ketika berbuka
Ketika berbuka adalah waktu yang mustajab untuk berdo’a dan memohon kepada Allah Swt. Jadi janganlah kita melewatkannya. Nabi shallallahu ‘alaihiwasallam bersabda :

ثَلَاثَةُ لَا تُرَدُ دَعْوَ تُهُمْ الامَامُ اْلعَادِلُ وَ الصا ىْم حِيْنَ يُفْطِرُ وَدَعْوَ ةُ المَظْلُوْمِ
Artinya “Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa, (3) Do’a orang yang terzholimi.” (H.R AtTirmidzi)


·         Memberi atau membagi makanan berbuka
Ketika kita mendapat rizki yang lebih oleh Allah Swt, hendaknya kita memanfaatkan rizki itu untuk dibagikan kepada yang membutukan, terlebih terhadap orang yang berpuasa. Dari zaid bin Khalid Al Juhani R.A Rasulallah Saw bersabda :

مَنْ فَطر صَا ىْمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرِ أَنهُ لَا يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصا ىْمِ شَيْىْاً
“Barang siapa yang memberikan makanan untuk berbuka bagi orang yang berpuasa maka dia akan mendapatkan pahala sebagaimana orang tersebut, tampa mengurangi sedikitpun pahala orang itu” (H.R AtTirmidzi)

Demikian artikel mengenaiAnjuran serta kesunnahanketika berbuka Puasaterlebih padabulan Ramadhan. Untuk lebih jelas dan detailnya bisa di cek di artikel yang lain. Semoga bermanfaat. Wallahua’lambish-shawabi.