Apa Itu Agama ? Dan Fitrah Manusia Beragama~Situs Islami
Cari Berita

Advertisement

Pendidikan

Apa Itu Agama ? Dan Fitrah Manusia Beragama~Situs Islami

situs islami
Sunday, May 6, 2018


APA ITU AGAMA ? DAN FITRAH MANUSIA BERAGAMA ,Setiap Manusia di lahirkan secara fitroh (suci) tampa memiliki ikatan dengan apapun, termasuk agama yang mereka yakini ketika besar, semua itu tergantung kedua orang tuanya yang akan membuatnya menganut agama apa. Rasulullahbersabda :
كُل مَوْلُوْ دُ يُوْلَدُ عَلَى الفطْرَة,
Artinya “Setiapanakdilahirkandalamkeadaansuci”

Agama adalah suatu yang selalu hadir dalam hati dan pikiran manusia, menjadi renungan dan penghayatan oleh setiap individu, serta akan menimbulkan ketentraman bagi mereka yang bisa terikat dengannya. Hal demikian dikarnakan manusia percaya akan kekuatan diluar mereka, ada kekuatan yang maha agung. Kepercayaan manusia akan kekuatan yang maha agung merupakan fenomena universal dalam kehidupan.
Ilusi Agama Islam
Sedang fitrah manusia untuk bertuhan (beragama) sebenarnya telah ada sejak lahir, karna ketika ruh pertama kali diciptakan manusia sudah ditanyakan tentang keberadaan tuhannya. Agama sendiri berperan menjadi barometer menuju kebenaran dan kebahagiaan hakiki, karana dalam agama bukan hanya tentang hubungan manusia dengan yang maha kuasa, tapi juga kesucian hidup, akhlaq, ketenangan dan kedaiaman.
Allah Swt berfirman Q.S Al A’raf : 172
وَ اذْ أَخَذَ رَبكَ من بَنى ءَادَمَ من ظُهُوْرهم ذُريَتهمْ وَاَشْهَدَ هُمْ عَلَى أَنْفُسهمْ أَلَسْتُ برَبكُم, قَالُوْ بَلَى, شَهدْنَا
Artinya“ Dan (ingatlah), ketikaTuhanmumengeluarkanketurunananak-anak Adam darisulbimerekadan Allah mengambilkesaksianterhadapjiwamereka (serayaberfirman) :”BukankahakuiniTuhanmu?” merekamenjawab : “Betul (engkaulahTuhan kami), kami menjadisaksi”.

Dari ayat diatas dijelaskan bahwa manusia diberi potensi khusus oleh Tuhan untuk mengenal suatu dzat yang maha agung (Tuhan). Dan mengenai fitrah sendiri, manusia sebenarnya bukan hanya memiliki fitrah untuk menyakini keberadaan Tuhannya saja, akan tetapi juga memiliki fitrah untuk mengenal Tuhan, beribadah, mendekatkan diri kepada-Nya dan meng-EsakanTuhan.