Keistimewaan Al Qur’an Serta Kehujjahannya ~ Kajian Islami
Cari Berita

Advertisement

Pendidikan

Keistimewaan Al Qur’an Serta Kehujjahannya ~ Kajian Islami

situs islami
Sunday, May 6, 2018


Keistimewaan Al Qur’an Serta Kehujjahannya, Menurut  bahasa  Al Qur’an berarti bacaan. Kata Al Qur’an adalah bentuk  masdar dari  fiil madhi “Qaraa”  yang artinya Bacaan
Sedangkan secara terminologi menurut  ulama’ ulumul Qur’an dalam kitab “Ulumul Wathon” yaitu :
كلم الله المنزل عل محمد صل الله عليه و سلم المتعبد بتلا وته

Keistimewaan Al Qur’an Serta Kehujjahannya, Al Qur’an satu-satunya sumber yang sangat Agung dan istimewa, karna hanya Al Qur’anlah sumber landasan yang lansung dari Allah Swt. Diantara keistimewaan Al Qur’an :
Al qur'an
·         Lafal dan  makna al Qur’an datangnya dari Alloh swt. Berbeda dengan hadits  Nabi yang maknanya dari Alloh sedangkan lafadnya dari  Nabi Muhammad saw.
·         Penulisan al Qur’an bersifat  mutawwatir. Artinya tidak ada keraguan  dan kesangsian bahwa al Qur’an benar-benar diturunkan  kepada Nabi Muhammad saw kemudian diteruskan kepada sahabatnya dan kemudian dilanjutkan kepada generasi-generasi selanjutnya.
·         Kehadiran al  Qur’an adalah sebagai satu Mukjizat  terbesar ,yang mana Mukjizat ini dimiliki oleh Nabi Muhammad saw .

Dan Al Qur’an adalah Hujja (pedoman) dimana didalamnya telah dijelaskan berbagai macam ketentuan, Hukum dan perintah. Baik yang terjadi pada zaman nabi dlu hingga yang akan datang. Sebagian Kehujjahan Al Qur’an antara lain :

·         Al Qur’an adalah firman Alloh swt yang wajib dijadikan Garis pedoman hidup ummat manusia dan wajib diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, namun kenapa al Qur’an dijadikan  hujjah ? Karna “al Qur’an adalah wahyu Alloh swt” yang mana tidak ada yang  maknanya seindah dan sekaya al Qur’an . Artinya , tidak seorangpun yang mampu membuat dan menandingi al Qur’an. Dan ini menjadi bukti nyata bahawa al Qur’an adalah wahyu Alloh swt.

·         Al Qur’an pernah,sedang dan akan terus menantang manusia untuk membuat teks  yang semisal al Qur’an dan segala aspek yang dimilikinya.  Jika mereka tidak percaya bahwa al Qur’an  benar-benar datang dari Alloh swt dan masih menyakini bahwa al Qur’an adalah buatan manusia.

Dan maka dari itu Al Qur’an adalah sumber hukum pertama dan utama dalam syariat islam. artinya al Qur’an  menduduki posisi yang pertama sebagai sumber hukum yang harus didahulukan dari dalil-dalil lainnya. Jika  didalam al Qur’an secara langsung tidak ditemukan ketentuan hukum, maka wajib menoleh kepada sumber yang kedua yaitu Al-Sunnah dst.

Demikian sedikit penjelasan dari saya, semoga artikel tentang : Keistimewaan Al Qur’an Serta Kehujjahannya.bisa bermanfaat untuk kita semua, amin amin yaa rabbal alamin