Cara Mempercepat Loading Situs Anda (100% Work)
Cari Berita

Advertisement

Pendidikan

Cara Mempercepat Loading Situs Anda (100% Work)

situs islami
Monday, July 16, 2018


Cara Mempercepat Loading Situs Anda (100% Work), Masalah kecepatan situs tidak boleh anda sepelekan sedikitpun. Semakin lambat kecepatan sebuah situs membuat pengunjung enggan untuk berlama-lama berkunjung ke situs tersebut. Sebuah survei menyebutkan 3 detik website tidak selesai terload maka pengunjung akan pergi dan beralih ke website lainnya. Tentu hal ini sangat merugikan bagi anda yang bisa-bisa kehilangan banyak  pengunjung.
cara blog agar tidak loading,Cara Mempercepat Loading Situs Anda (100% Work), Pagespeed Insights
cara mempercepat loading blog
Kecepatan juga memilih pengaruh terhadap peringkat situs di mesin pencari. Google lebih mengutamakan situs yang memiliki kualitas artikel tinggi dan didukung dengan kecepatan yang sangat cepat. Untuk mengetahui seberapa cepat situs anda, gunakan dua tools berikut :
·         Pagespeed Insights
Tools ini milik raksasa mesin pencari yang menilai kecepatan sebuah situs berdasarkan nilai 1-100. Website anda dikatakan cepat jika mendapatkan skor diatas 80.
«  GTMetrix
Tools ini memiliki server di Kanada. Menggunakan prosentase (%) serta huruf A,B,C,D,E,F  sebagai dasar penilaiannya. Situs dikatakan memiliki kecepatan tinggi jika skor yang diperoleh diatas 80%

Bagaimana Cara Mempercepat Loading Situs?
1. Kurangi Widget Tidak Penting
Cara ini merupakan cara paling mudah untuk mempercepat loading situs anda. Terlalu banyak widget membuat loading menjadi lebih berat dan lambat. Salah satu widget yang sebaiknya tidak dipasang yaitu HTML/Javascript. Cukup gunakan beberapa widget seperti popular post, arsip, follow by email, penelusuran, dan profil

2. Mengurangi Jumlah Postingan di Homepage
Berapakah jumlah postingan yang diletakkan di halaman depan blog anda? Dibawah lima, diatas lima ataukah justru diatas delapan? Perlu anda ketahui terlalu banyak menampilkan postingan di homepage begitu berpengaruh terhadap kecepatan loading suatu situs. Cukup pasang 3-5 postingan saja yang dipasang pada halaman homepage.

3. Compress Gambar
Jangan memasang gambar dengan ukuran resolusi yang terlalu besar, karena hal tersebut dapat memperlambat loading blog anda. Sebelum mengupload gambar, pastikan resolusi gambar tidak terlalu besar namun tetap nyaman untuk dilihat. Jangan lupa compress gambar tersebut untuk memperkecil ukurannya serta gunakan format png karena tidak membuat kualitas gambar menjadi turun setelah dilakukan pengompressan.

4. Compress HTML, CSS, dan Javasricpt
Struktur template juga menjadi penyebab mengapa blog atau situs anda lambat ketika diakses. Terlalu banyak kode-kode seperti HTML, CSS ataupun javascript membuat semakin beratnya kinerja blog dalam melakukan sebuah loading. Jika anda menggunakan template fast loading biasanya kode tersebut sudah di compress atau diperkecil ukurannya dengan menggunakan tools htmlcompressor.com

5. Kurangi Iklan
Jika anda mengikuti program periklanan seperti Google Adsense ataupun jaringan periklanan lainnya, pasang iklan dengan jumlah yang tidak terlalu banyak. Hal ini bertujuan untuk mengurangi beban loading situs tersebut. Selain itu iklan dengan jumlah yang berlebihan menbuat pengunjung merasa terganggu sehingga malas untuk kembali ke blog anda. Jika memang harus memasang, cukup pasang 3 unit iklan saja. Jika kurang dari itu maka lebih baik.

Cukup sederhana, kelima cara mempercepat loading situs diatas bisa anda lakukan baik melalui smartphone maupun layar komputer/laptop. Jika anda merasa kesulitan bisa bertanya di kolom komentar.
Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengatasi Sitemap Error pada Google Search Console