Inilah 4 Tips Membuat Pengunjung Betah Berkunjung ke Blog Anda
Cari Berita

Advertisement

Pendidikan

Inilah 4 Tips Membuat Pengunjung Betah Berkunjung ke Blog Anda

situs islami
Friday, July 20, 2018


Membuat pengunjung betah ketika mengunjungi blog - bukanlah suatu perkara yang mudah. Bisa saja mereka membuka dan membaca salah satu artikel anda, tetapi tidak yang lain. Blog ibarat rumah anda yang harus anda perhatikan dan rawat sebaik mungkin supaya tamu tidak segan bertamu dan tidak buru-buru meninggalkan tempat karena merasa tidak nyaman. Mungkin kita bisa saja mendapatkan pengunjung setiap harinya, tetapi belum tentu pengunjung setia bisa didapatkan. Beberapa tips berikut perlu diterapkan agar pengunjung menjadi betah berkunjung ke blog anda. Apa saja?
Inilah 4 Tips Membuat Pengunjung Betah Berkunjung ke Blog Anda
Tips membuat pengunjung nyaman di blog
Bagaimana Membuat Pengunjung Nyaman

1. Artikel yang Unik dan Menarik
Artikel menjadi faktor apakah blog anda bakal disukai pengunjung ataukah tidak. Jika artikel tersebut memiliki kulalitas yang kurang bagus maka bukan tidak mungkin blog tersebut kehilangan banyak pengunjung. Membuat pengunjung betah bisa dilakukan dengan memberikan artikel yang berkualitas, selain itu  akan lebih baik jika artikel yang anda buat unik dan juga menarik. Hal ini bertujuan untuk membedakannya dengan yang lain. Konten anda tidak terkesan plagiat karena menampilkan sesuatu yang berbeda. Inilah yang membuat pengunjung suka dan bisa lama mengunjungi web anda.

2. Template yang Rapih
Selain artikel, template juga memiliki pengaruh apakah visitor merasa nyaman ketika melakukan kunjungan ke blog anda. Template laksana sebuah rumah, dimana anda harus buat serapi mungkin untuk membuat pembaca merasa nyaman. Memilih template yang baik disarankan mobile friendly,  responsive, dan berwarna cerah (terutama putih).

Mengapa mobile friendly? Hal ini didasarkan pada jumlah pengguna smartphone yang semakin meningkat membuat template harus memiliki desain yang ramah terhadap pengguna mobile. Selain itu template responsive juga dibutuhkn yang menyesuaikan ukuran perangkat ketika situs dibuka. Soal warna sebenarnya setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda. Namun template berwarna putih lebih disukai pengunjung karena memiliki kesan yang bersih dan enak dipandang

3. Loading yang Cepat
Terdapat sebuah survei yang menyatakan jika situs belum terload sepenuhnya selama lebih dari 3 detik maka pengunjung tersebut bakal berpindah ke situs lain. Bagaimana jika hal ini terjadi pada blog anda? Tentu sangat merugikan. Untuk itu perlu adanya tindakan untuk membuat blog menjadi lebih cepat di akses.
Salah satu caranya sederhana yang bisa anda lakukan yaitu dengan menghapus widget-widget yang tidak penting yang sekiranya menjadi penyebab lambatnya loading situs anda. Selengkapnya tentang cara mempercepat loading blog akan dibahas di artikel berikutnya. Sebagai tolak ukur, anda bisa mengecek kecepatan situs menggunakan tools pagespeed insights dan GTMetrix.

4. Membuat Internal Link
Internal link diartikan sebagai link yang tertuju menuju postingan lagi pada blog tersebut. Tujuannya jelas, yaitu membuat pengunjung tidak hanya mengunjungi satu artikel saja, tetapi banyak artikel. Tak hanya itu, internal link dibuat dengan tujuan menurunkan bounce rate situs anda sehingga situs tersebut dikunjungi dalam durasi waktu yang cukup lama.

Cukup mudah bukan? Membuat pengunjung betah dan nyaman bisa anda lakukan dengan menerapkan 4 tips diatas. Jika Anda merasa artikel "Membuat Pengunjung Betah Berkunjung ke Blog" bermanfaat, dipersilahkan untuk membagikannya kepada orang lain.
Baca Juga : Tips Mengamankan Akun Blogger Anda dari Orang-orang Jahat