Pengertian Kurban dan Keutamaannya bagi Umat Muslim
Cari Berita

Advertisement

Pendidikan

Pengertian Kurban dan Keutamaannya bagi Umat Muslim

situs islami
Thursday, July 26, 2018


Pengertian Kurban dan Keutamaannya bagi Umat Muslim, Ditengah musim haji ada suatu hal yang harus dilakukan bagi seseorang yang tidak melaksanakan ibadah haji, tepatnya pada tanggal 10 Zulhijjah. Pada saat itu umat Islam di seluruh dunia merayakan salah satu hari raya besar yang dinamakan Hari Raya Idul Adha. Berbeda dengan perayaan Idul Fitri, Idul Adha juga memiliki sebutan lain yang dinamakan Hari Raya Qurban. Hal ini dikarenakan pada saat itu umat muslim juga dianjurkan untuk menyembelih hewan kurban untuk dibagikan kepada orang lain.
Pengertian Kurban dan Keutamaannya bagi Umat Muslim
sapi kurban
Hukum memberikan hewan kurban adalah Sunnah Muakkad. Artinya, jika seseorang melaksanakannya maka ia akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Namun apabila orang tersebut tidak melakukannya maka hukumnya yaitu menjadi makruh. Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Dari Ummuh Salamah ra. Nabi saw bersabda :
 “Dan jika kalian telah melihat hilal (tanggal) masuknya bulan Dzulhijjah, dan salah seorang di antara kamu ingin berkurban, maka hendaklah ia membiarkan rambut dan kukunya.” (Hadist Riwayat Muslim)

Pengertian Kurban
Allah telah memerintahkan manusia untuk melaksanakan penyembelihan hewan kurban melalui dalilnya dalam Surah Al Kautsar ayat 2 yang artinya : "Dan dirikanlah sholat karena Tuhanmu dan berkubanlah." Dalam bahasa arab, kurban atau "Qurban” memiliki arti secara bahasa yaitu "dekat". Sementara menurut istilah kurban berarti  hewan tertentu yang disembelih bagi manusia khususnya umat Muslim untuk menjadi lebih dekat dengan Allah dan mendapatkan kasih sayang-Nya. Dalam ilmu fiqih qurban juga disebut “udhiyya” yang berarti hewan yang disembelih ketika perayaan Idul Adha tiba.

Keutamaan Kurban
1. Sebagai saran mendekatkan diri kepada Allah SWT
2. Sebagai pengingat atas kasih sayang Allah SWT kepada Nabi Ibrahim a.s.
3. Bisa sarana untuk bersedekah karena pada dasarnya, qurban itu membagikan daging hewan yang disembelih kepada orang-orang yang membutuhkan
4. Sebagai bentuk ketakwaan manusia kepada Allah SWT
5. Sebagai salah satu ciri keislaman seorang muslim
6. Setiap bulu hewan kurban mengandung satu kebaikan
7. Membuat manusia merasa bersyukur karena memiliki harta yang melimpah sehingga bisa menyumbangkan sebagian hartanya untuk berkurban.

Jika anda memang memiliki rejeki yang cukup untuk melaksanakannya, maka lakukanlah sebagaimana yang telah diperintahkan oleh Allah SWT. Dan pada artikel berikutnya admin akan menjelaskan apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk berkurban pada Hari Raya Idul Adha. Itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian kurban dan keutamaannya semoga bermanfaat bagi pembaca.
Baca Juga : Tata Cara Pelaksanaan (Rukun) Haji yang Harus Dilaksanakan Umat Muslim