Penyebab dan Cara Mengatasi Sitemap Error pada Google Search Console
Cari Berita

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Pendidikan

Penyebab dan Cara Mengatasi Sitemap Error pada Google Search Console

situs islami
Sunday, July 15, 2018


Penyebab dan Cara Mengatasi Sitemap Error - Sitemap atau yang juga sering disebut sebagai peta situs merupakan salah satu fitur yang berguna untuk mempermudah Google untuk menjelajahi dan mengcrawal situs anda. Sitemap tidak hanya bekerja pada artikel saja, tetapi juga keseluruhan halaman pada situs tersebut. Banyak keuntungan yang akan didapat jika halaman blog bisa terindeks secara keseluruhan, salah satunya yaitu mudahnya artikel tampil di serp google.

Peta situs bekerja ketika pemilik blog melakukan submit sitemap pada google webmaster/search console. Tentu dengan syarat blog tersebut harus terintegrasi dengan akun google search console. Namun terkadang saat melakukannya, terjadi kesalahan/error yang membuat kita merasa kesal. Benar bukan? Kesalahan tersebut bukanlah tanpa sebab musabab. Setidaknya beberapa faktor ini berpengaruh terhadap errornya sitemap situs anda.
Penyebab dan Cara Mengatasi Sitemap Error pada Google Search Console
cara mengatasi sitemap yang error
Kesalahan Sitemap dan Cara Mengatasinya
1. Kesalahan Robots.txt
Apa itu robots.txt? Robots.txt merupakan file pada sebuah situs yang menunjukkan bagian mana yang mengizinkan dan atau tidak mengizinkan mesin pencari untuk mengakses situs tersebut. Robots.txt memiliki Script yang begitu sensitif, salah sedikit maka bersiaplah untuk hal yang buruk, blog menjadi sulit terindeks oleh mesin pencari. Jika sudah terlanjur terjadi, apa yang harus dilakukan?
Cara mengatasi : kembalikan robots.txt ke setelan awal yaitu dengan format seperti berikut ini :  
User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: url-blog/sitemap.xml

2.  Terlalu Banyaknya Format Sitemap yang Dimasukkan
Sebagian blogger menganggap jika memasukkan banyak sitemap akan berdampak baik untuk pengindeksan blog tersebut, padahal tidak. Justru spider google merasa kesulitan dalam menjelajahi setiap laman pada situs anda. Segala sesuatu yang berlebihan memang bukanlah hal yang baik.
Jika anda sudah terlanjur maka lakukan submit ulang cukup dengan menggunakan format sitemap.xml saja. Dan tunggu hingga selesai.

3. Ada Masalah Pada Struktur Template
Selalu rutin untuk mengecek ada atau tidak kesalahan struktur data pada sebuah template. Hal ini penting untuk mempermudah crawl google mengindeks setiap halaman pada sebuah situs. Bagaimana saya mengetahui kesalahan struktur data? Silahkan lakukan pengecekan di struktur data testing tools (https://search.google.com/structured-data/testing-tool?hl=id)
Perhatikan apa saja yang harus diperbaiki dan segera lakukankah untuk mengatasi masalah tersebut.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi sitemap error pada google search console, semoga membantu dan menjadi solusi bagi yang membutuhkan.
Baca Juga : Cara Agar Artikel Cepat Terindeks Tanpa Melalui Ping