Perbedaan Mendasar Antara Ibadah Haji dan Umrah
Cari Berita

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Pendidikan

Perbedaan Mendasar Antara Ibadah Haji dan Umrah

situs islami
Sunday, July 29, 2018


Pembahasan hari ini yaitu mengenai perbedaan mendasar antara ibadah haji dan umrah. Banyak yang mengira jika haji dan umrah antara 2 hal yang sama, tetapi kenyataannya berbeda. Ada hal-hal mendasar yang membuat adanya perbedaan diantara keduanya. Hal-hal tersebut berkenaan dengan pengertian, hukum,  waktu, tempat, tata pelaksanaan, dan banyaknya jemaah. Untuk menghindari kesalahpahaman anda, berikut admin akan sampaikan beberapa perbedaan antara haji dan umrah berikut ini :
Perbedaan Mendasar Antara Ibadah Haji dan Umrah
perbedaan haji dan umroh
Perbedaan Haji dan Umrah

1. Berdasarkan Pengertian
Haji diartikan sebagai kegiatan mengunjungi baitullah dengan tujuan melakukan ibadah dengan syarat dan ketentuan tertentu jika mampu melakukannya setidaknya sekali dalam seumur hidup. Sementara umrah memiliki pengertian sebagai haji kecil dimana seseorang mengunjungi baitullah dengan syarat dan ketentuan yang sedikit lebih ringan daripada haji.

2. Berdasarkan Hukum
Secara hukum, haji memiliki hukum fardhu 'ain jikalau orang tersebut mampu untuk melakukannya. Sementara umroh hukumnya sunnah, artinya boleh dilaksanakan dan juga boleh tidak dilakukan.

3. Berdasarkan Waktu
Haji yang dilaksanakan 1 kali dalam setahun, dalam artian dalam musim haji saja. Berbeda dengan umrah yang bisa dilakukan kapan saja dan bisa berulang kali kecuali pada saat hari-hari pelaksanaan haji

4. Berdasarkan Tempat
Perbedaan selanjutnya terletak pada tempat pelaksanaannya. Memang mayoritas kegiatan haji dan umrah sama-sama dilakukan di Masjidil Haram. Namun beberapa tempat yang dikunjungi saat pelaksanaan haji tidak semuanya juga dikunjungi saat umrah. Contohnya yaitu wukuf di arofah dan lempar jumrah di mina yang tidak dilakukan saat menunaikan ibadah umrah.

5. Berdasarkan tata pelaksanaan
Ibadah haji dimulai dengan memakai kain ihram dan diakhiri dengan mencukur rambut hingga gundul yang disebut dengan tahallul. Sebenarnya tata pelaksanaannya hampir sama dengan umroh, hanya saja kegiatan wukuf di padang arofah dan lempar jumroh di mina tidak dilakukan saat pelaksanaan ibadah haji.

6. Jumlah Jamaah
Sudah pasti jumlah jamaah haji lebih banyak daripada umrah. Hal ini mengingat pelaksanaannya yang hanya setahun sekali, selain itu keutamaan ibadah haji yang membuat banyak orang rela menunggu bertahun-tahun untuk pergi ke kota Mekkah.

Jadi jangan salah lagi ya, itulah keenam perbedaan antara haji dan umrah semoga bermanfaat bagi anda.
Baca Juga : Pengertian Haji dan Syarat-syaratnya yang Harus Dipenuhi