Mengenal Anak-anak (Keturunan) Nabi Ibrahim a.s
Cari Berita

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Pendidikan

Mengenal Anak-anak (Keturunan) Nabi Ibrahim a.s

situs islami
Thursday, August 9, 2018


Situsislami.net Nabi Ibrahim merupakan salah satu Rasul Allah yang mendapatkan gelar Ulul Azmi karena ketabahannya. Namun bukanlah Nabi Ibrahim yang akan dibahas pada artikel ini, melainkan mengenai anak-anaknya yang sebagian juga menjadi seorang Rasul. Siapa saja anak Ibrahim? Simak penjelasannya berikut ini :
susunan anak nabi ibrahim
anak nabi ibrahim
Mengenal Anak-anak (Keturunan) Nabi Ibrahim a.s.
Nabi Ibrahim a.s. memiliki istri lebih dari 1. Banyak orang yang mengira jika beliau hanya memiliki 2 orang istri saja yaitu Siti Hajar dan Siti Sarah. Padahal Ibrahim juga memiliki istri lain yang juga memiliki keturunan. Istri-istri Nabi Ibrahim berjumlah empat yakni Siti Hajar (Hajar al-Qibthiyah al Misriyah, Siti Sarah, Qantura  binti Yaqtan al-Ka'aniyah, serta Hajun binti Amin. Diantara keempatnya hanya Siti Hajar dan Siti Sarah yang memiliki keturunan seorang Rasul penerus Nabi Ibrahim a.s.

Siti Hajar memiliki anak yang bernama Ismail a.s. yang lahir di kota Kan'an. Sebelum kelahiran Ismail, istri Nabi Ibrahim yang berusia lebih tua merasa cemburu karena belum juga diberikan keturunan oleh Allah SWT. Ismail ketika sudah menjadi Rasul juga diberi gelar ulul azmi oleh Alah SWT. Sementara itu Siti Sarah terus dan terus memohon kepada Allah supaaya memberikannya keturunan.

Mengenal Anak-anak (Keturunan) Nabi Ibrahim a.s. Alllah pun menjawab doa Siti Sarah, Malaikat meniupkan roh ke perut Sarah sehingga ia mengandung seorang anak laki-laki. Putra dari Siti Sarah ia beri nama  Ishaq, ketika dewasa Ishaq juga menjadi seorang Rasul sama dengan Ismail sekaligus menjadi cikal bakal dari bangasa Yahudi. Lalu bagaimana keturunan Ibrahim a.s. dari istri yang lain?

Pasca menikah dengan Siti Sarah, Nabi Ibrahim a.s. menikah lagi dengan istri ketiganya yaitu Qantura binti Yaqtan al-Kan'aniyah. Dari istri ini Ibrahim dikaruniai enam orang anak yakni Madyan, Siraj, Zamran, Nasq, Yaqsan, dan yang satu lagi belum diketahui namanya. Sementara itu dari istri keempat Nabi Ibrahim a.s. mendapatkan 5 orang keturunan yang bernama Kaisan, Sauraj, Umaim, Luthan, dan juga Nafis.

Jadi secara total jumlah keturunan Nabi Ibrahim a.s. berjumlah tiga belas dari empat orang istri. Jadi, anggapan banyak orang yang menganggap bahwa Nabi Ibrahim hanya memiliki anak Ismail dan Ishaq itu tidak sepenuhnya benar. Semoga dengan adanya postingan singkat ini bisa menambah pengetahuan dan wawasan bagi anda semua. Mengenal Anak-anak (Keturunan) Nabi Ibrahim a.s.
Baca Juga : Kisah Rasulullah Tentang Seorang Dajjal