Bacaan Doa Qunut Subuh dan Artinya-situs islami
Cari Berita

Advertisement

Pendidikan

Bacaan Doa Qunut Subuh dan Artinya-situs islami

situs islami
Wednesday, August 15, 2018


Situsislami.net - Doa qunut tidak bisa dipisahkan dari ibadah sholat subuh. Pasalnya doa ini hanya diucapkan pada saat pelaksanaan sholat subuh setelah iktidal untuk rokaat kedua. Bagi sebagian orang membaca doa ini dianggap sunnah, namun tidak sedikit juga yang selalu membacanya sekali pun mereka menganggap bacaan ini juga tidak wajib. Qunut sendiri memiliki banyak arti secara etimologi yang berasal dari bahasa Arab yakni berdiri lama, selalu taat, diam, doa, tunduk, dan khusu'. Menurut istilah, qunut diartikan sebagai doa yang dipanjatkan seorang muslim ketika melakukan sholat.
Bacaan Doa Qunut Subuh dan Artinya
bacaan doa qunut subuh
Bagaimana Hukum Membaca Doa Qunut?
Ada beberapa perbedaan pandangan mengenai hukum membacanya, namun secara garis besar terbagi atas tiga pendapat yakni :

Pendapat Imam Syafi'i, Malik, Ibnu Abi Laila, dan Al-Hasan bin Sholih : Menurut mereka, qunut subuh sunnah dibaca secara terus menerus.
Pendapat Sufyan Ats-Tsaury, Abu Hanifah, dan ulama Kufah : Menurut mereka, doa qunut subuh tidak disyariatkan karena telah terhapus hukum-hukumnya.

Pendapat Imam Ahmad, Yahya bin Yahya Al-Laitsy, dan Al-Laits bin Sa'id : Mereka berpendapat jika sholat subuh tidak ada syariat membaca doa qunut, terkecuali qunut nazilah yang diperbolehkan dibaca saat sholat subuh dan juga sholat lainnya.

Bacaan Doa Qunut Subuh
“Allahummah dinii fii man hadait.
Wa’aafinii fii man ‘aafaiit.
Wa tawallanii fii man tawallaiit.
Wa baarik lii fiimaa a’thaiit.
Wa qinii syarramaa qadthaiit.
Fa innaka taqdthii walaa yuqthdaa ‘alaiik.
Wa innahu laa yadzillu man wãlaiit.
Walaa ya’izzu man ‘aadaiit.
Tabaa rakta rabbanaa wata ’aalait
Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit
Astaghfiruka wa atuubu ilaiik,
wa shallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadinin-nabiyyil ummiyyi wa’alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.”

Keterangan : jika anda menjadi seorang imam maka ganti bacaan wa'aafinii menjadi wa'aafinaa, watawallanii menjadi watawallanaa, wabarikli menjadi wabariklana, wa qinii menjadi wa qinaa.

Arti bacaan tersebut yakni :
Ya Allah tunjukkanlah aku sebagaimana mereka yang sudah Engkau berikan petunjuk. Dan kasihkanlah kesehatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau sudah beri kesehatan. Dan peliharalah aku sebagaimana orang yang sudah  Engkau pelihara. Dan berilah keberkahan bagiku pada segala apa yang Engkau telah karuniakan. Dan lindungi aku dari segala mara bahaya kejahatan yang Engkau sudah pastikan. Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum. Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang mana Engkau memusuhinya. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau. Maha bagi Engkau seluruh pujian di atas yang Engkau hukumkan. Aku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau. (Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi kami Muhammad, keluarga dan sahabatnya.

Itulah sedikit informasi mengenai bacaan qunut dan artinya. Apa anda ingin menerapkannya atau tidak itu semua tetap bergantung kepada anda. Namun admin menyarankan untuk membacanya, karena membaca doa pasti membawa anda ke dalam hal yang positif.
Baca Juga : Niat Bacaan Puasa Ayyamul Bidh