Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban Menurut Syariat Islam
Cari Berita

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Pendidikan

Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban Menurut Syariat Islam

situs islami
Wednesday, August 1, 2018


Sebagai umat islam yang akan melaksanakan kurban, tentu harus mengetahui bagaimana tata cara menyembelih hewan kurban sesuai dengan syariat Islam. Selama ini banyak sekali ditemukan kesalahan baik disengaja ataupun tidak mengenai cara seseorang menyembelih/memotong hewan kurban. Mereka terkesan asal melakukannya, padahal hal tersebut membuat kurban menjadi tidak sah karena disembelih dengan cara yang tidak benar.
Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban Menurut Syariat Islam

Saat menyembelih seorang penyembelih haruslah melenyapkan ruh/nyawa bintang dengan cara memotong pada bagian kerongkongan, tenggorokan, dan juga dua urat nadi menggunakan alat yang tajam seperti pisau menurut cara yang dibenarkan okeh syariat. Dilarang membunuh tanpa disembelih karena dianggap sama dengan bangkai. Sebelum admin sampaikan cara penyembelihannya, anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja rukun yang harus dipenuhi

Rukun Menyembelih Hewan Kurban
1. Yang menyembelih haruslah seseorang yang beragama Islam, bisa dilakukan sendiri ataupun diwakilkan asal anda benar-benar hadir di tempat tersebut
2. Hewan bukan didapatkan dengan cara yang tidak halal seperti mencuri atau menipu tetapi harus didapatkan dengan cara yang halal.
3. Alat yang digunakan untuk menyembelih heewan tersebut harus tajam. Tujuannya agar hewan tersebut cepat kehilangan nyawanya, tidak sempat tersiksa sewaktu disembelih. Tidak lupa diawali dengan menyebut asma Allah.
4. Tujuan berkurban hanya mengharap ridho Allah bukan untuk tujuan tumbal ataupun hal-hal musyrik lainnya.

Tata Cara Penyembelihan Hewan Kurban
1. Siapkan alat pemotong yang tajam seperti pisau. Semakin tajam tentu semakin baik. Hal ini sesuai apa yang telah ada pada hadist Syaddad Bin Aus ra, bahwa Nabi SAW bersada. ” Sesungguhnya Allah SWT mewajibkan melakukan ihsan dalam segala hal. Apabila kalian membunuh, maka bunuhlah secara ihsan, dan jika kalian menyembelih, maka sembelihlah secara ihsan. Hendaknya kalian mempertajam pisau dan menyenangkan sembelihnya.” (Hadist Riwayat Muslim).

2. Sebaiknya tidak mengasah pisau di depan hewan yang hendak disembelih. Pasalnya tajamnya pisau tersebut membuat hewan merasa syok dan takut. Jika sudah begitu maka binatang bisa saja merasa tersiksa sehingga memperlambat pembunuhan.
3. Langkah berikutnya yakni menghadapkan hewan ke arah kiblat
4. Baringkan hewan yang akan dikurbankan diatas lambung pada bagian sisi kiri
5. Injakkan kaki hewan pada bagian lehernya
6. Sebelum memulai jangan lupa membaca basmalah terlebih dahulu
7. Selanjutnya membaca bacaan takbir
8. Saat menyembelih, sebutkan nama orang yang akan diberikan hewan kurban oleh anda
9. Sembelih hewan dengan cepat sehingga tidak menunda kematiannya (tidak merasa tersiksa. Bagian kerongkongan,  tenggorokan, dan urat leher pastikan telah benar-benar terpotong
10. Jangan memotong leher sebelum hewan benar-benar hilang nyawa.

Itulah langkah-langkah/tata cara yang dapat anda lakukan ketika melakukan penyembelihan hewan kurban semoga bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkan.
Baca juga : Manfaat Berkurban bagi Umat Muslim - Situs Islami