Latar Belakang Terjadinya Perang Dingin
Cari Berita

Advertisement

Pendidikan

Latar Belakang Terjadinya Perang Dingin

situs islami
Friday, August 10, 2018


Situsislami.net Terjadinya perang dingin dilatarbelakangi oleh timbulnya negara-negara baru yang merdeka pasca terjadinya perang dunia kedua diluar wilayah Eropa. Dampak dari perang besar tersebut yaitu timbulnya dua kelompok negara, yaitu negara maju dan juga negara berkembang. Hal ini tentu berpengaruh dari bidang politik dan ekonomi berbagai negara di dunia. Kali ini admin akan sedikit memberikan penjelasan tentang apa saja latar belakang yang melatar belakangi perang dingin secara lebih rinci. Apa saja itu? 
terjadinya perang dingin
ilusi perang dingin
Perlombaan Senjata
Hal pertama yang membuat perang dingin bisa terjadinya karena adanya perlombaan senjata. Dengan adanya perlombaan senjata ini berpengaruh terhadap ketegangan diantara negara-negara yang menciptakan berbagai senjata. Dengan banyaknya senjata ini banyak negara menciptakan senjata yang paling berbahaya seperti bom. Bom dapat mematikan siapa pun yang ada didekatnya.

Salah satu contoh peristiwa dimana mampu menghancurkan kehidupan manusia adalah peristiwa jatuhnya bom di Hiroshima dan Nagasaki pada tanggal 8 Agustus dan 9 Agustus 1945. Dampak dari kejadian tersebut Jepang menyerah tanpa syarat dan menandakan berakhirnya perang dunia kedua. Sejak saat itu kota Hiroshima dan Nagasaki mengalami keruguan yang besar. Banyak manusia yang tewas, semua kehidupan menjadi lumpuh karena dampak dari bom tersebut.

Perbedaan Ideologi
Setiap negara memiliki ideologi yang berbeda-beda. Namun yang menyebabkan terjadinya perang dingin yaitu  ideologi milik Amerika Serikat dengan demokrasi-kapitalisnya dan juga Uni Soviet dengan sosialis-komunisnya. Perbedaan paham ini membuat kedua negara tersebut merasa sebagai negara yang paling berkuasa. Amerika Serikat merasa jika kaum buruh tidak boleh diperlakukan sewenang-wenang seperti apa yang dilakukan di negara Eropa yang menganut ideologi sosialis-komunis. Berbeda dengan Amerika Serikat yang mengagungkan kebebasan individu.

Sementara itu, disisi lain Uni Soviet merasa jika paham tersebut justru mampu mensejahterakan buruh karena negara-negara akan mengontrol perusahaan dan memanfaatkannya demi keuntungan rakyat. Hal tersebut dibuktikan dengan program Rencana Lima Tahun yang dilakukan pemerintah Uni Soviet. Program ini sangat tertutup membuat negara-negara barat menyebut program tersebut sebagai "negara di balik tirai besi."

Keinginan Untuk Berkuasa
Penyebab terakhir mengapa perang dingin bisa terjadi karena keegoisan dari 2 negara besar yang ingin menguasai dunia. Kedua negara tersebut sudah pasti adalah Amerika Serikat dan Uni Soviet. Kedua negara ini melakukan segala cara untuk bisa menjadi penguasa dunia. Dengan adanya pengaruh dua negara ini membuat dunia terbagi menjadi dua blok yaitu blok barat dan blok timur.  Banyak negara-negara yang akhirnya menjadi pengikut kedua negara ini, sebagian ada berpihak ke blok barat dan sebagian lagi berpihak ke blok timur.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya perang dingin. Walaupun perang ini sejatinya bukanlah perang yang menimbulkan gencatan senjata tetapi tetap saja akan menjadi sesuatu yang berbahaya. Akan lebih baik lagi jika semua negara dunia ini bersatu dan benar-benar menjaga keamanan dunia. Sekian postingan ini admin berikan, semoga bermanfaat.
Baca Juga : Mengenal Anak-anak (Keturunan) Nabi Ibrahim a.s