Tata Cara Sholat Istikharah
Cari Berita

Advertisement

Pendidikan

Tata Cara Sholat Istikharah

situs islami
Wednesday, August 22, 2018


Situsislami.net - Setiap orang pernah dihadapkan pada 2 pilihan yang sulit. Pilihan A maupun pilihan B semuanya sama baiknya. Di tengah kebingungan ini, anda dapat memohon kepada Allah untuk diberikan pilihan terbaik melalui Sholat Istikharah. Sholat ini sebenarnya dapat dikerjakan kapan saja, namun yang paling utama yaitu ketika sepertiga malam terakhir. Dengan melaksanakan sholat istikharah, maka Tuhan memberikan anda kemantapan hati untuk memilih. 
Tata Cara Sholat Istikharah
sholat istikhoroh
Tata Cara Sholat Istikharah
Sholat istikharah dilakukan sebanyak 2 rakaat hingga maksimal 12 rakaat (6 salam). Namun 2 rakaat yang paling umum dilakukan. Berikut ini tata cara melakukan sholat istikharah
1. Niat. Niat sejatinya tidak diucapkan melalui lisan tetapi melalui hati. Bacaan niat sholat istikharah yaitu Ushollii sunnatal istikhooroti rok’ataini lillaahi ta’aalaa
2. Selanjutnya takbiratul ihram dan dilanjutkan membaca doa iftitah
3. Membaca Surah Al-Fatihah dan Surat-surat Pendek. Disunnahkan membaca Surah Al Kafirun pada rakaat pertama dan Surah Al Ikhlas pada rakaat kedua.
4. Rukuk hingga salam dilakukan sama ketika kta melakukan sholat biasa
5. Setelah salam, membaca doa istikharah yang berbunyi :
Alloohumma innii astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudrotik, wa as-aluka min fadhlikal adhiim, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa a’lamu wa anta ‘alaamul ghuyuub. Alloohumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro khoirun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii faqdurhu lii wayassirhu lii tsumma baariklii fiih. Wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii fashrifhu ‘annii washrifnii ‘anhu waqdur lil khoiro haitsu kaana tsumma ardlinii.

Artinya :
Ya Allah, sesungguhnya aku memohon pilihan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuasaan-Mu (untuk menyelesaikan urusanku) dengan kodrat-Mu, dan aku memohon kepada-Mu sebagian karunia-Mu yang agung, karena sesungguhnya Engkau Maha Kuasa sedangkan aku tidak berkuasa, Engkau Maha Tahu sedangkan aku tidak tahu, dan Engkau Maha Mengetahui perkara yang gaib.

Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini untukku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka takdirkanlah dan mudahkanlah perkara  ini bagiku, kemudian berkahilah aku dalam perkara ini. Dan jika Engkau mengetahui bahwa perkara  ini buruk untuk diriku, dalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya bagiku, maka jauhkanlah perkara ini dariku, dan jauhkanlah aku dari perkara  ini, dan takdirkanlah kebaikan untukku di mana pun, kemudian jadikanlah aku ridha menerimanya.

Jadi bagi anda yang bingung menentukan pilihan jodoh, bingung menentukan 2 pilihan pekerjaan yang sama bagusnya, ataupun menetapkan pilihan lainnya sangat dianjurkan untuk mengerjakan sholat istikharah. Setelah melakukannya, insyaallah Allah SWT akan memberikan anda petunjuk pilihan mana yang terbaik buat anda. Hati yang ragu akan dimantapkan oleh Allah SWT. Demikian pembahasan mengenai tata cara sholat istikharah, semoga bermanfaat bagi pembaca.