5 Fakta Mengenai Masjidil Haram yang Luar Biasa | Situs Islami
Cari Berita

Advertisement

Masukkan script iklan 970x90px

Pendidikan

5 Fakta Mengenai Masjidil Haram yang Luar Biasa | Situs Islami

situs islami
Monday, September 17, 2018


Masjidil Haram merupakan sebuah masjid yang terletak di pusat kota Mekkah, Arab Saudi. Masjid yang juga menjadi tujuan umat Islam ketika melaksanakan ibadah haji ini memiliki luas mencapai 356.800 m2 (3.841.000 sq ft) dengan daya tampung sebanyak 800 ribu jamaah. Imam besar masjid ini yakni Abdurrahman As-Sudais. Tak hanya itu saja, masjid megah yang satu ini memiliki beberapa fakta unik diantaranya sebagai berikut : 
5 Fakta Mengenai Masjidil Haram yang Luar Biasa
masjidil harom
1. Ada 129 Pintu
Di Masjidil Haram memiliki total 129 pintu. Dimana untuk memasuki pintu Masjidil Haram anda bisa melewati 4 pintu utama dan 45 pintu biasa yang buka 24 jam sehari. Masing-masing pintu tersebut memiliki namanya masing masing yang berada di sekeliling masjid tersebut. Ada lampu penunjuk berwarna merah dan hijau, jika lampu berwarna merah berarti di dalam tempat sudah penuh. Selain itu, ada pintu masuk khusus kepada para penyandang cacat sehingga tidak harus berdesakan dengan orang lain.

2. Letak Air Zam-zam
Di Masjidil Haram terdapat sumur Zamzam yang terletak 11 meter dari Ka'bah. Sumur tersebut mampu menyedot air hingga sebanyak 11 liter per detik sehingga mampu menghasilkan cairan 660 liter permenitnya. Dari mata air zam-zam tersebut terdapat beberapa cerah ke arah Hajat Aswad dengan panjang 75 cm dan tinggi 30 cm.

3. Agama Bukanlah Komoditas
Di Masjid yang indah nan megah tersebut jemaah haji dapat memperoleh buku agama tanpa dipungut biaya sepeserpun. Buku tersebut berisi kumpulan-kumpulan doa dengan berbagai macam Bahasa. Jika anda menginginkan buku dengan bahasa Indonesia, katakan saja kepada petugas maka mereka akan memberikannya. Lokasi pembagiannya berada di sekitar gate 74.

4. Khutbah dengan Bahasa Isyarat
Melaksanakan Sholat Jumat di Masjidil Haram tentunya merupakan hal yang terbaik dan sulit untuk dilupakan oleh umat muslim. Khutbah di sana sudah barang tentu menggunakan bahasa Arab. Sudah tentu tidak semua orang memahami materi khutbah yang disampaikan. Maka dari itu pihak petugas Masjidil Haram menyiapkan sebuah aplikasi yang berfungsi menerjemahkan bahasa arab ke berbagai bahasa di dunia. Selain itu ada fasilitas yang disediakan untuk jemaah haji dengan kebutuhan khusus.

5. Tempat Wudhu di Masjidil Haram
Tempat wudhu di Masjidil Haram banyak diketahui oleh para jamaah berada di area luar sehingga mereka harus berdesakan dengan jemaah lain untuk mengambil wudhu di sana. Namun tak banyak yang tau jika ada lokasi tempat pengambilan wudhu yang tidak terlalu jauh dari Ka'bah. Tepatnya berada dibalik tangga lebar dari lantai satu yang digunakan untuk turun menuju pelataran Ka'bah.


Bagaimana, sudah tau bukan? Semoga suatu saat kelak anda mendapatkan kesempatan berkunjung ke sana guna melaksanakan Haji yang mabrur. Demikian pembahasan fakta mengenai Masjidil Haram, semoga bermanfaat.