5 Fakta Tentang Puasa yang Harus Anda Ketahui | Situs Islami
Cari Berita

Advertisement

Pendidikan

5 Fakta Tentang Puasa yang Harus Anda Ketahui | Situs Islami

situs islami
Friday, September 21, 2018


Fakta tentang puasa sangat perlu diketahui terutama bagi anda yang beragama Islam. Puasa merupakan ibadah yang dilakukan dengan menahan makan, minum, dan segala hal lain yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Puasa merupakan salah satu rukun Islam yang harus anda penuhi. Masih banyak orang yang salah kaprah memahami puasa, karena hal itulah kali ini penulis akan menyampaikan beberapa fakta yang berkaitan dengan puasa :
5 Fakta Tentang Puasa yang Harus Anda Ketahui
puasa
Fakta Tentang Puasa

1. Orang yang Berpenyakit Maag Tetap Dianjurkan Berpuasa
Banyak yang menganggap jika seseorang terkena penyakit maag tidak diperbolehkan melakukan puasa. Memang menurut Al Qur'an, seseorang yang mengalami sakit diberi keringanan diperbolehkan untuk tidak berpuasa. Tetapi jika kita melihat dari sisi kesehatan, sebenarnya puasa merupakan salah satu cara untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Puasa membuat tubuh akan mengontrol jam makan dan makanan yang dikonsumsi, sehingga kerja lambung semakin ringan dan maag pun bisa disembuhkan.

2. Tidak Dianjurkan Tidur Setelah Sahur
Setelah melakukan sahur, mungkin banyak dari anda yang langsung tidur karena merasa kekenyangan atau ingin merasa segar ketika bangun nantinya. Padahal hal tersebut sangat tidak disarankan. Selain dikhawatirkan tidak sempat melaksanakan sholat subuh, tidur setelah sahur membuat lambung anda menjadi bermasalah. Karena hal itulah lebih baik sholat subuh terlebih dahulu, baru kemudian silahkan tidur hingga matahari mulai menampakkan sinarnya.

3. Dapat Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Saat berpuasa, sistem pencernaan kita benar-benar istirahat. Hal ini  membuat metabolisme bekerja lebih baik di dalam tubuh. Kalori di dalam tubuh akan terbakar secara efisien. Selain itu puasa membuat pencernaan terutama pada bagian usus dan lambung  menjadi lebih sehat. Untuk itu lah, bagi anda yang ingin menginginkan kondisi tubuh yang sehat sangat dianjurkan untuk berpuasa.

4. Puasa Tetap Bisa Berolahraga
Siapa bilang lagi puasa enggak boleh olahraga? Saat berpuasa, justru kamu harus aktif bergerak, Quipperian. Bahkan para ahli pun menganjurkan supaya kita tetap berolahraga saat berpuasa. Ketentuannya yaitu dilakukan 30 menit sebelum berbuka (bisa dengan jogging di sore hari) atau 30 menit setelah berbuka puasa. Meskipun berpuasa, jangan pernah malas untuk berolahraga ya.

5. Sikat Gigi Tidak Haram Dilakukan Saat Berpuasa
Menggosok gigi tidak haram hukumnya dan juga tidak membuat puasa anda batal. Tetapi tetap saja harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian agar air yang digunakan untuk berkumur tidak tertelan ke dalam tubuh. Sebagai alternatif, anda bisa mencoba bersiwak seperti yang telah dianjurkan oleh Rasulullah.

Itulah beberapa fakta tentang puasa yang harus anda ketahui, jadi jangan sampai salah kaprah lagi ya.