Fakta Tentang Adzan yang Luar Biasa | Situs Islami
Cari Berita

Advertisement

Pendidikan

Fakta Tentang Adzan yang Luar Biasa | Situs Islami

situs islami
Thursday, September 20, 2018


Membahas fakta tentang adzan memang menjadi sesuatu yang menarik untuk kita kupas. Adzan merupakan panggilan yang ditujukan kepada umat Islam saat tiba waktunya melaksanakan ibadah shalat. Seseorang yang melakukan adzan disebut sebagai muadzin dimana siapa pun yang mendengar suara adzan harus menjawabnya (terutama yang beragama Islam). Selain itu ada beberapa fakta menarik tentang adzan yang mungkin belum anda ketahui. Apakah itu?
beberapa fakta menarik tentang adzan
fakta Adzan
Fakta Tentang Adzan

1. Adzan Tidak Hanya Untuk Sholat
Selain berfungsi sebagai panggilan sholat, Adzan juga dikumandangkan pada saat-saat tertentu misalnya ketika bayi lahir, maka seorang ayam sebaiknya mengumandangkan adzan di telinga bayi tersebut. Selain itu adzan juga bisa dikumandangkan saat ada keluarga atau teman kita mengalami sakaratul maut, maka siapapun yang ada didekatnya juga sebaiknya melantunkan adzan. Tujuannya tentu agar dia bisa menirukannya sehingga bisa meninggal dalam keadaan khusnul khotimah.


2. Perintah Adzan Mulanya Datang Melalui Mimpi
Asal mula panggilan sholat berawal ketika Rasulullah SAW kebingungan menentukan cara bagaimana untuk mengingatkan umatnya untuk sholat ketika waktunya tiba. Para sahabat ada yang mengusulkan meniup terompet, membunyikan lonceng, dan juga mengibarkan bendera. Tetapi semua saran tersebut dirasa kurang cocok.

Abdullah bin Zaid, salah satu sahabat Rasulullah akhirnya bercerita bahwa ia bermimpi bertemu dengan seseorang yang mengumandangkan adzan. Hal itu senada dengan apa yang dialami oleh Umar bin Khattab yang juga mengalami mimpi yang sama. Akhirnya, adzan pun disetujui oleh Rasulullah SAW sebagai panggilan untuk mengerjakan sholat 5 waktu.

3. Adzan Telah Dikumandangkan Milliaran Kali
Dalam 1 hari, adzan dikumandangkan sebanyak 5 kali. Itu berarti dalam waktu sebulan sudah dikumandangkan setidaknya 150 kali. Lalu bagaimana hitungannya sejak 14 abad yang lalu? Tentu telah miliaran kali telah bersuara dengan rincian sebagai berikut :

Anggap saja 1 tahun 360 hari, jika 14 abad sama dengan 1400 tahun maka 1400 x 360 = 504.000. Dengan 5 kali suara adzan dalam sehari maka setidaknya muadzin telah bersuara sebanyak 2.520.000. Itu untuk 1 muadzin, bagaimana jika 1 juta orang adzan? Tentu semakin banyak yaitu sekitar 2 miliar kali, subhanallah.

4. Adzan Tidak Pernah Berhenti Berkumandang
Jika melihat dari tempat tinggal kita di Indonesia, memang adzan hanya dikumandangkan sebanyak 5 kali sesuai dengan jumlah waktu sholat. Namun jika digabungkan dengan waktu shalat di seluruh negara di dunia ini, sejatinya adzan tidak pernah berhenti berkumandang. Hal ini berhubungan dengan rotasi bumi, saat satu tempat selesai adzan maka waktu akan berputar dan kemudian adzan akan dikumandangkan di tempat lainnya yang berbeda secara zona waktu.

5. Pahala Seorang Muadzin Sangat Besar
Seseorang yang memiliki mengumandangkan adzan atau yang disebut sebagai muadzin dianggap sebagai orang yang paling beruntung di sisi Allah SWT. Dosa-dosanya juga mudah diampuni oleh Allah yang didasarkan pada sabda Rasulullah, “Seorang muadzin akan diampuni sejauh suara adzan yang ia kumandangkan.” Tak peduli bagus atau tidak suaranya, yang jelas para muadzin mendapatkan keistimewaan di sisi Allah SWT.

Sungguh luar biasa fakta tentang adzan yang sudah penulis sebutkan diatas, semoga kita menjadi hamba yang tidak pernah lupa mengerjakan sholat 5 waktu dan tidak pernah mengabaikan apa yang sudah dilakukan oleh seorang muadzin.